6 Khasiat Rutin Mengonsumsi Buah Semangka, Salah Satunya Menjaga Kecantikan Kulit Secara Alami

Buah semangka mampu memberikan kesehatan bagi tubuh. Salah satunya dipercaya mampu menghindrasi tubuh dari kekurangan cairan. Selain itu, buah ini juga dapat mengatasi sakit sembelit yang disebabkan oleh gangguan pada usus dan dapat menjaga kesehatan kulit.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 28 Sep 2024, 16:03 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2024, 16:03 WIB
semangka
ilustrasi semangka/Photo by Neha Deshmukh on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda mengonsumsi buah semangka, tubuh Akan terasa segar. Hal ini disebabkan oleh semangka yang memiliki banyak air di dalamnya. Saat Anda mengonsumsi buah semagka, tubuh akan terasa seperti memproduksi cairan.

Hal ini yang membuat buah semangka menjadi makanan yang sering disajikan dalam berbagai acara sebagai makanan penutup. Buah yang memiliki rasa manis dan memiliki banyak biji ini dapat memberikan kesehatan bagi tubuh.

Kandungan air, serat, vitamin, dan antioksidan di dalamnya mampu melindungi beberapa organ tubuh dari risiko terserang penyakit. Selain itu, dilansir dari Verywell Health, Jumat (27/09/2024) terdapat beberapa khasiat yang dapat Anda rasakan jika rutin mengonsumsi buah semangka sebagai berikut

1. Menghidrasi

Semangka mengandung 91% air. Sehingga, buah ini dapat dijadikan salah satu sumber cairan tumbuh yang baik untuk dikonsumsi. Agar tubuh tetap terhidrasi Anda dapat mengonsumsi buah ini secara rutin setiap hari.

Air dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat zat sisa, menjadi suhu tubuh, dan mencegah nyeri sendi. Ketika cairan tersebut digunakan maka lama-kelamaan akan terserap dan menyebabkan gejala kelelahan, pusing, dan mulut kering. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mengonsumsi buah semangka yang kaya akan air.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Menyehatkan Mata

Faktor Imun Tubuh
Ilustrasi Alis Mata Credit: unsplash.com/June

Tidak hanya kaya akan air, semangka juga mengandung vitamin C yang baik bagi tubuh. Berdasarkan studi observasional kandungan vitamin C dalam buah semangka mampu mengurangi risiko sakit mata. Salah satunya katarak yaitu penyakit pada mata yang membuat lensa mata menjadi keruh.

Selain itu, semangka juga mengandung vitamin A yang dapat memberikan kesehatan pada retina. Sehingga, Anda dapat melihat warna dengan jelas dan mampu melihat cahaya redup dengan baik. Jika Anda memiliki masalah pada mata, maka untuk meredakannya Anda dapat mengonsumsi buah ini.


3. Meredakan Nyeri Otot

Pegal Linu, Nyeri Otot
Ilustrasi pegal linu, nyeri otot, sakit. (Foto: Freepik/8photo)

Semangka mampu meredakan nyeri otot. Kandungan citrulline di dalamnya dipercaya meningkatkan produksi oksida nitrat dan mengurangi kadar amonia. Kadar amonia yang tinggi daah menimbulkan kelelahan otot dan penumpukan laktat sehingga otot menjadi nyeri. Sedangkan, oksida nitrat memiliki fungsi memperlancar aliran darah dan meningkatkan oksigen ke otot.

Ketika Anda mengonsumsi buah ini maka Anda telah mengurangi kadar amonia dan mencegah ngeri pada otot. Sehingga, membuat aliran darah dapat mengalirkan oksigen dengan baik ke otot. Selain itu, semangka juga dapat meningkatkan pemulihan detak jantung.


4. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Mengatasi Masalah Pada Sistem Pencernaan Tubuh
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/pixabay

Agar sistem pencernaan dapat berjalan dengan lancar Anda perlu mengonsumsi buah yang mengandung air dan serat. Salah satu buah yang memiliki dua kandungan tersebut adalah semangka. Kandungan air di dalam semangka memberi manfaat bagi usus untuk menjaga makanan yang tersimpan dan dipecahkan oleh tubuh.

Sehingga, tubuh Anda dapat menyerap nutrisi dengan baik. Selain air, serat di dalam semangka dapat mengatasi sembelit dan mengatur pembuangan tinja dengan teratur. Kandungan serat memiliki fungsi memberikan bakteri yang menumpuk di dalam saluran pencernaan. Ketika Anda rutin mengonsumsi buah semangka maka Anda telah menjaga kesehatan usus.


5. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengangkat Sel Kulit Mati
Ilustrasi Wajah Cerah Terawat Credit: pexels.com/Karolina

Tidak hanya memberikan khasiat untuk kesehatan organ tubuh bagian dalam, buah semangka juga dapat menjaga kesehatan kulit Anda. Beberapa kandungan di dalam buah semangka dipercaya mampu mendukung kesehatan kulit. Kandungan vitamin C di dalam buah ini memiliki peran penting dalam memproduksi kolagen.

Kemudian, protein pada buah semangka dapat meningkatkan kesehatan sendi dan kulit agar tetap kencang dan kenyal. Kandungan lainnya seperti likopen mampu melindungi kulit dari kerumah akibat paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari.


6. Menjaga Berat Badan

[Fimela] Ilustrasi Berat Badan
Berat badan | unsplash.com/@happyveganfit

Jika Anda ingin melakukan program diet secara alami, maka Anda dapat mengonsumsi buah semangka. Buah semangka mengandung banyak air dan sedikit kalori. Sehingga, cocok untuk mengecilkan lemak di tubuh Anda.

Selain itu, mengonsumsi buah semangka memberikan raya kenyang lebih lama. Sehingga, Anda dapat terjaga untuk memberikan jeda waktu makan selanjutnya. Menurut studi mengatakan bahwa buah semangka mampu meningkatkan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan mengonsumsi cemilan rendah yang lemak yaitu sekitar 90 menit.

Infografis Hidrasi Sehat
Infografis Hidrasi Sehat
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya