Pantai Pink, Keindahan Warna Pasirnya Memukau

Di Indonesia kita di karuniai banyak pantai yang indah. Salah satunya Pantai Pink di Kabupaten Lombok Timur.

oleh Liputan6 diperbarui 11 Des 2013, 10:20 WIB
Diterbitkan 11 Des 2013, 10:20 WIB
131210apantaipink1.jpg
Citizen6, Semarang: Pantai merupakan objek wisata favorit bagi wisatawan, baik lokal maupun internasional. Indonesia dikaruniai banyak pantai yang indah. Sebut saja Pulau Bali yang keindahan pantainya sudah tersohor di dunia Internasional. Siapa pula yang tidak mengenal Pulau Lombok? Keindahan pantai Pulau Lombok sebenarnya memiliki ciri khas yang bahkan tidak akan ditemukan di bagian dunia lain.

Salah satunya adalah Pantai Pink. Sebenarnya namanya adalah Pantai Tangsi, namun sesuai warna pasirnya yang berwarna merah muda, maka orang-orang sekitar sering menyebutnya Pantai Pink. Pantai ini berlokasi di desa kecil Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Daerah yang berjarak dua jam dari Ibu Kota Lombok ini merupakan bagian dari Pantai Tanjung Ringgit, namun karena lokasi dan jalanan yang kurang memadai, maka Pantai Pink ini menjadi tidak terekspos media dan wisatawan. Padahal, keindahan panoramanya sungguh memukau.

Pantai tersebut dikelilingi tebing yang di atasnya tersedia berugak, yaitu sebuah gubuk seperti pendopo untuk para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dengan nyaman. Aroma air laut yang khas, belaian hembusan angin dan suara ombak yang membentur karang membuat hati siapapun yang berkunjung kesini menjadi tenang dan selalu ingin kembali ke Pantai Pink.  Di pantai tersebut juga banyak dijumpai penjual songket lombok tradisional, yang harganya sudah bisa dipastikan jauh lebih murah dibandingkan songket yang ada di butik.

Kalau dilihat dengan cermat dan lebih dekat, sebenarnya warna asli dari pasir pantai ini sebenarnya adalah putih, namun karena bercampur dengan serpihan-serpihan terumbu karang yang berwarna merah, sekilas pasir tersebut memiliki pendar kemerahan. Apalagi saat terkena air laut dan terpapar sinar matahari, membuat warna merah muda-nya jelas sekali terlihat.

Pantai Pink memiliki arus yang cukup tenang dengan deburan ombak yang sangat kecil, sehingga aman untuk berenang atau sekedar bermain-main. Selain itu, di pantai ini menyediakan wisata snorkling. Tertarik untuk menikmati satu-satunya pantai dengan pasir merah muda di Indonesia? (mar)

Penulis
Laura Hapsoro
Semarang, laurahapxxxx@yahoo.com

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya