Mengenal AXS Coin, Token Kripto Tata Kelola Game P2E Axie Infinity

Axie Infinity adalah permainan perdagangan dan pertarungan berbasis blockchain.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 09 Jun 2022, 12:23 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2022, 12:23 WIB
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Axie Infinity adalah permainan perdagangan dan pertarungan berbasis blockchain yang sebagian dimiliki dan dioperasikan oleh para pemainnya. 

Dilansir dari Coinmarketcap, terinspirasi oleh permainan populer seperti Pokemon dan Tamagotchi, Axie Infinity memungkinkan pemain untuk mengumpulkan, membiakkan, memelihara, bertarung, dan memperdagangkan makhluk berbasis token yang dikenal sebagai Axie.

Ekosistem Axie Infinity juga memiliki token tata kelola uniknya sendiri, yang dikenal sebagai Axie Infinity Shards (AXS) atau AXS Coin. Ini digunakan untuk berpartisipasi dalam pemungutan suara tata kelola utama dan akan memberikan hak suara kepada pemegangnya tentang bagaimana dana di Perbendaharaan Komunitas Axie dibelanjakan.

Setiap Axie dalam game Play to Earn (P2E) Axie Infinity merupakan Non Fungible Token (NFT) dengan atribut dan kekuatan yang berbeda dan dapat dimasukkan ke dalam pertempuran 3v3, dengan tim pemenang mendapatkan lebih banyak poin pengalaman (exp) yang digunakan untuk meningkatkan statistik Axie atau mengembangkan bagian tubuh mereka. 

Axie ini dapat dibiakkan bersama untuk menghasilkan keturunan baru dan unik, yang dapat digunakan atau dijual di lokapasar Axie.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pendiri Axie Infinity

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Axie Infinity dibuat pada 2018 oleh Sky Mavis pengembang game yang berfokus pada teknologi dengan tim yang berbasis di Vietnam. Itu didirikan bersama oleh Trung Nguyen dan Aleksander Larsen.

Trung Nguyen adalah CEO platform saat ini. Nguyen lulus dengan gelar Sarjana Sains di bidang rekayasa perangkat lunak komputer, dan bekerja sebagai insinyur perangkat lunak di Anduin Transactions sebelum mendirikan Axie Infinity.

Mantan pemain game kompetitif, Aleksander Larsen juga dikenal sebagai salah satu pendiri dan COO platform ini. Larsen telah bekerja di game blockchain sejak 2017. Dia sebelumnya bekerja sebagai petugas keamanan eksekutif untuk Organisasi Keamanan Pemerintah Norwegia dan masih duduk sebagai Sekretaris Dewan Direksi di Blockchain Game Alliance.

Harga AXS Coin

Berdasarkan data Coinmarketcap, Kamis (9/6/2022), harga AXS adalah Rp 283,075 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 1,5 triliun.

AXS melemah 1,77 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 48 dengan kapitalisasi pasar Rp 18 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 63  juta AXS dari maksimal 270 juta AXS Coin.


Harga Kripto Kamis Pagi 9 Juni 2022

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Sebelumnya harga bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau alami pergerakan harga yang beragam pada Kamis (9/6/2022) pagi. Mayoritas kripto jajaran teratas yang berhasil menguat tipis kemarin kini kembali melemah begitupun sebaliknya.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis (9/6/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 3,31 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat  2,73 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 30.376,13 per koin atau setara Rp 440.8 juta (asumsi kurs Rp 14.513 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga harus kembali melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH turun tipis 2,00 persen. Namun masih menguat 0,47 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.805,42 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin yang masih melemah sejak kemarin. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 0,95 persen dan 3,07 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 289,78 per koin. 

 

 

 


Harga Kripto Lainnya

Aset Kripto
Perkembangan pasar aset kripto di Indonesia. foto: istimewa

Kemudian Cardano (ADA) masih menguat sejak kemarin. Dalam satu hari terakhir ADA naik 4,54 persen dan 20,03 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,6525 per koin.

Adapun Solana (SOL) harus melemah pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 3,03 persen dan 3,87 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 39,24 per koin.

XRP yang sempat menguat beberapa hari, kini harus kembali melemah. XRP melemah 1,84 persen, tetapi masih menguat 1,94 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,4028 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9993. Sedangkan USDC  dihargai USD 1,00.

Binance USD (BUSD) melemah 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Meskipun begitu, harga BUSD masih berada di level USD 1,00.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya