Investor Ini Sebut Bakal Ada Penjualan Terbesar untuk Bitcoin

Menurut cuitan Robert Kiyosaki, pasar aset, terutama untuk Bitcoin dan real estat, akan meledak dan jatuh.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 21 Jul 2022, 18:00 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2022, 18:00 WIB
Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Investor sekaligus penulis buku keuangan “Rich Dad, Poor Dad”, Robert Kiyosaki kembali memberikan prediksinya untuk pasar aset salah satunya Bitcoin. Kiyosaki percaya ada ruang untuk koreksi pasar lebih lanjut. 

Menurut cuitan Robert Kiyosaki, pasar aset, terutama untuk Bitcoin dan real estat, akan meledak, dan harga akan jatuh lebih jauh. Kiyosaki mencatat dia bersiap-siap untuk menghasilkan keuntungan dengan gelembung yang diproyeksikan sambil meminta investor untuk mempersiapkan apa yang dia sebut "penjualan terbesar di Bumi."

"4 huruf favorit adalah SALE, harga aset jatuh. Dalam posisi tunai menunggu untuk mengambil barang murah terutama di real estat dan Bitcoin. Jangan lewatkan PENJUALAN TERBESAR DI BUMI. Hati-hati," tulis cuitan Kiyosaki dikutip dari Finbold, Kamis (21/7/2022). 

Meskipun begitu, Kiyosaki tetap memiliki pandangan bullish pada Bitcoin dan telah lama memperkirakan soal ledakan gelembung pasar. Dia sebelumnya telah mendesak investor untuk bersiap menghadapi kehancuran terbesar di dunia sambil mempromosikan akumulasi aset tertentu, termasuk Bitcoin, real estate, perak dan emas, dengan harga murah.

Beberapa bulan lalu, Kiyosaki juga memperingatkan potensi Perang Dunia sambil menasihati investor untuk menyimpan emas, perak, Bitcoin, makanan, senjata, dan peluru.

Peringatan Kiyosaki saat ini berkorelasi dengan gejolak pasar umum untuk ekuitas dan cryptocurrency di tengah lingkungan inflasi yang tinggi. 

Selain Kiyosaki, analis lain percaya koreksi pasar sudah dekat, dan kripto akan kembali muncul di puncak. Menurut ahli strategi komoditas senior di Bloomberg Intelligence, Mike McGlone, jika pasar saham terus berjuang, Bitcoin dan emas mungkin menonjol sebagai aset berkinerja terbaik di semester kedua 2022.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tesla Jual 75 Persen Kepemilikan Bitcoin

Bitcoin - Image by Allan Lau from Pixabay
Bitcoin - Image by Allan Lau from Pixabay

Sebelumnya, Perusahaan produsen kendaraan listrik milik Elon Musk, Tesla telah menjual sekitar 75 persen kepemilikan Bitcoin pada akhir kuartal 2 2022. Hal itu disampaikan Tesla dalam pernyataan pendapatan kuartal kedua pada Rabu (20/7/2022). 

Perusahaan mengatakan penjualan tersebut menambahkan USD 936 juta atau sekitar Rp 14 triliun tunai ke neraca.

“Pada akhir kuartal II, kami telah mengonversi sekitar 75 persen dari pembelian Bitcoin kami menjadi mata uang fiat,” kata pihak perusahaan, dikutip dari CNBC, Kamis (21/7/2022). 

CEO Tesla, Elon Musk menjelaskan alasan perusahaan menjual banyak kepemilikan bitcoin adalah karena tidak yakin kapan penguncian Covid di China akan berkurang. 

"Jadi penting bagi kami untuk memaksimalkan posisi kas kami. Ini tidak boleh dianggap sebagai vonis pada bitcoin. Hanya saja kami khawatir tentang likuiditas perusahaan secara keseluruhan, mengingat penutupan Covid di China, dan kami belum menjual dogecoin kami," ujar Musk. 

Namun, ketika ditanya tentang potensi bitcoin sebagai lindung nilai inflasi pada panggilan pendapatan, Musk mengatakan tujuan utama Tesla adalah untuk mempercepat transisi ke energi berkelanjutan, dan menyebut bitcoin sebagai "pertunjukan untuk tontonan”.

Ini adalah kemunduran yang cepat bagi Tesla dan Elon Musk, yang merupakan pendukung kripto berat selama kenaikan tahun lalu. Musk sendiri sering membuat cuitan tentang berbagai mata uang digital.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Harga Bitcoin Tertekan

Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)

Harga bitcoin telah kehilangan setengah nilainya dalam empat bulan terakhir selama apa yang disebut sebagai "musim dingin kripto”. Untuk Tesla, nilai pasar wajar dari kepemilikan bitcoinnya mencapai USD 2,48 miliar pada kuartal pertama 2021 dan mengakhiri tahun ini sekitar USD 2 miliar. 

Perusahaan tidak mengatakan berapa harga yang dijual atau memberikan ukuran penurunannya, tetapi bitcoin memulai kuartal kedua mendekati USD 46.000 dan berakhir di bawah USD 19.000.

Pada Mei tahun lalu, Musk mengatakan Tesla berhenti menerima bitcoin untuk pembelian mobil karena dampak lingkungan dari penambangan kripto, tetapi dia menambahkan perusahaan “tidak akan menjual bitcoin apa pun.” 

Seminggu kemudian tahun itu, dia membuat cuitan emoji yang menunjukkan perusahaan memiliki "tangan berlian" dalam hal investasi bitcoin, dan dia memuji "master koin kami”. 


Pasar Kripto Pulih, Ethereum Naik 50 Persen dalam Sepekan

Ilustrasi bitcoin dan ethereum (Foto: Unsplash/Thought Catalog)
Ilustrasi bitcoin dan ethereum (Foto: Unsplash/Thought Catalog)

Sebelumnya, harga kripto terus melonjak pada perdagangan Rabu (20/7/2022) di tengah meningkatnya kepercayaan investor tentang masa depan ekonomi. 

Bitcoin berhasil meledak melewati USD 23.000 di awal hari, naik lebih dari USD 23.700 pada satu titik. Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar baru-baru ini diperdagangkan mendekati USD 23.600 atau sekitar Rp 353 juta, naik lebih dari 6 persen selama 24 jam sebelumnya dan naik sekitar 20 persen dari seminggu yang lalu.

Namun, kinerja bitcoin tidak ada artinya jika dibandingkan dengan Ether, token blockchain Ethereum, yang telah meroket sekitar 50 persen selama tujuh hari terakhir karena pembaruan mengalir tentang penggabungan. 

Penggabungan akan mengubah protokol dari model proof-of-work saat ini ke model proof-of-stake yang lebih ramah lingkungan. Kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar setelah bitcoin melaju dengan nyaman di atas USD 1.500, meningkat lebih dari 1,5 persen dibandingkan hari sebelumnya. 

CEO manajer aset AdvisorShares, Noah Hammond mengungkapkan, kemungkinan pasar kripto telah menemukan dasar harganya. 

"Rasanya seperti kita berada di palung harga, memantul dari bawah dan kemudian naik ke atas, dan selama sebulan terakhir, Ether telah bergerak naik secara signifikan,” ujar Hammond dikutip dari CoinDesk, Rabu, 20 Juli 2022.

"Momentum positif, yang bagus untuk dilihat," lanjut Hammond.

Kenaikan pasar kripto sesuai dengan kenaikan tajam pasar ekuitas pada Selasa karena pasar terus terlihat menguntungkan pada sejumlah pendapatan baru-baru ini, terutama di sektor jasa keuangan. Goldman Sachs (GS) dan Bank of America (BAC), antara lain, telah melaporkan kuartal yang lebih baik dari perkiraan dalam beberapa hari terakhir. 

Investor bahkan telah menemukan dorongan dalam kemungkinan keputusan bank sentral AS untuk meningkatkan suku bunga 75 basis poin daripada 100 poin yang lebih kuat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya