Bandar Kripto Transfer 4 Triliun Token SHIB USD 29,8 Juta ke 8 Alamat

Colossal whale diyakini sebagai pemegang token Shiba Inu (SHIB) terbesar, telah melakukan langkah signifikan dengan mentransfer 4 triliun SHIB senilai USD 29,8 juta

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 14 Jul 2023, 05:54 WIB
Diterbitkan 14 Jul 2023, 05:54 WIB
Bandar Kripto Transfer 4 Triliun Token SHIB USD 29,8 Juta ke 8 Alamat
Menurut data dari platform analitik on-chain Lookonchain, whale yang sebelumnya memperoleh 103,33 triliun SHIB, membeli menggunakan 38 Ethereum (ETH) (Foto: Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Colossal whale, atau secara harfiah diartikan sebagai paus kolosal diyakini sebagai pemegang token Shiba Inu (SHIB) terbesar, telah melakukan langkah signifikan dengan mentransfer 4 triliun SHIB senilai USD 29,8 juta, ke delapan alamat yang baru dibuat.

Aktivitas ini telah menarik perhatian para penggemar crypto, karena menandai transaksi besar pertama yang dilakukan oleh whale dalam lebih dari 600 hari. Istilah paus atau Whale ini merujuk pada orang atau organisasi yang memiliki crypto dalam jumlah besar, yang juga bisa dikategorikan sebagai market maker atau bandar.

Menurut data dari platform analitik on-chain Lookonchain, whale yang sebelumnya memperoleh 103,33 triliun SHIB, membeli menggunakan 38 Ethereum (ETH) senilai sekitar USD 14.000.

Selanjutnya, whale menjual sekitar 603 miliar SHIB untuk sekitar 2.411 ETH, dengan nilai transaksi USD 9,6 juta. Keuntungan dari penjualan ini mencapai 62.447,37 persen.

Melansir Optimisus, Jumat (14/7/2023), Whale diketahui juga menyetorkan 1,25 triliun SHIB, setara dengan USD 8,77 juta ke dalam Coinbase awal tahun ini. Terlepas dari pergerakan tersebut, colossal whale masih memegang 101,47 triliun SHIB, dengan perkiraan nilai USD 756 juta.

Perlu dicatat paus telah mendistribusikan token di 23 dompet yang berbeda, sehingga sulit untuk melacak atau memprediksi tindakan tepat paus tersebut.

Dalam perkembangan terakhir, data dari Shibburn mengungkapkan penurunan signifikan lebih dari 100 persen dalam tingkat pembakaran token SHIB dalam 24 jam terakhir. Pengamatan ini menambah intrik lebih lanjut pada dinamika yang berkembang seputar pergerakan token SHIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Temasek Singapura Bakal Hentikan Investasi di Perusahaan Kripto, Ada Apa?

Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Traxer
Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Traxer

Sebelumnya, Dana kekayaan negara Singapura Temasek mengungkapkan saat ini tidak ingin berinvestasi di perusahaan kripto di tengah ketidakpastian peraturan di sektor ini.

“Ada banyak ketidakpastian peraturan di lingkungan ini. Saya pikir sangat sulit bagi kami untuk melakukan investasi dan pertukaran lagi di tengah semua ketidakpastian peraturan ini,” kata Chief Investment Officer Temasek, Rohit Sipahimalani, dikutip dari CNBC, Rabu (12/7/2023).

Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) menuntut Ripple pertukaran kripto AS teratas karena melanggar undang-undang sekuritas lokal dengan menjual token XRP aslinya tanpa terlebih dahulu mendaftarkannya ke regulator.

SEC secara terpisah membebankan Coinbase pertukaran kripto AS lainnya untuk beroperasi sebagai bursa efek yang tidak terdaftar, broker atau perusahaan kliring. Itu juga menuduh Coinbase gagal mendaftarkan penawaran dan penjualan program stakingnya.

“Jika Anda memiliki kerangka peraturan yang tepat, dan kami merasa nyaman dengannya, dan Anda memiliki peluang investasi yang tepat, tidak ada alasan bagi kami untuk tidak melihatnya,” ujar Sipahimalani.

Dia menambahkan Temasek tidak pernah berniat untuk berinvestasi dalam cryptocurrency. Pada Selasa, Temasek membukukan pengembalian terburuk sejak 2016, dibebani oleh tantangan ekonomi makro dan geopolitik.

Kerugian FTX

Temasek mengumumkan pada pertengahan November mereka akan menurunkan investasi USD 275 juta atau setara Rp 4,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.142 per dolar AS) di FTX menjadi nol.

Crypto exchange FTX yang berbasis di AS bangkrut pada November 2022. Perusahaan memiliki lebih dari 100.000 kreditur. Wakil Perdana Menteri Singapura dan Menteri Keuangan Lawrence Wong menyebut kerugian itu "mengecewakan" dan merusak reputasi Singapura.

Pada Mei, Temasek kemudian mengumumkan pemotongan gaji staf yang bertanggung jawab, setelah memulai tinjauan internal atas investasi FTX-nya yang digambarkan Sipahimalani sebagai strategi Temasek untuk menemukan pemenang berikutnya.

 


Peringatkan Negara G20, Bank International Settlements Tegaskan Kripto Tak Cocok Jadi Alat Moneter

Ilustrasi Kripto. Foto: Freepik/Rawf8.com
Ilustrasi Kripto. Foto: Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kripto, mulai dari membelinya hingga menambang. Tapi ada cara lain yaitu melalui Faucet Kripto.Freepik/Rawf8.com

Sebelumnya, Bank for International Settlements (BIS) dalam laporan terbaru yang dikirim ke menteri keuangan kelompok G20 mengungkapkan kelemahan struktural bawaan kripto membuatnya tidak cocok sebagai alat moneter. 

Laporan dari BIS, sebuah pengelompokan bank sentral utama dunia, mengutip masalah ketidakstabilan, inefisiensi, dan akuntabilitas yang melebihi potensi manfaat inovatif seperti pembayaran otomatis.

“Terlepas dari jutaan investor ritel dan institusional yang terlibat dalam sektor yang berkembang ini, kripto sejauh ini gagal memanfaatkan inovasi untuk kepentingan masyarakat. kata BIS laporan tersebut, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (12/7/2023).

Laporan ini disiapkan BIS untuk pertemuan menteri keuangan G20 dan gubernur bank sentral yang akan diambil tempat di Gandhinagar, India akhir pekan ini. 

Laporan itu muncul setelah tahun yang bergejolak untuk kripto. Laporan tersebut mengutip kerugian dari runtuhnya FTX dan ekosistem Terra, hingga risiko peretasan. 

Skeptisisme bank sentral tentang kripto bukanlah hal baru, mengingat kekhawatiran bahwa sistem pembayaran baru dapat mengganggu atau menggantikan mata uang fiat tradisional yang mereka keluarkan.

Anggota G20 tampaknya berhati-hati dalam mendorong stablecoin, mata uang kripto yang terkait dengan nilai mata uang fiat, karena pengaruhnya terhadap kebijakan moneter terpusat dapat lebih terasa di pasar negara berkembang.

 


Uni Eropa Sepakati Regulasi Aset Kripto di Perbankan

llustrasi Kripto atau Crypto. Foto: Freepik
llustrasi Kripto atau Crypto. Foto: Freepik

Sebelumnya, Uni Eropa (UE) telah mencapai kesepakatan politik tentang perubahan Peraturan dan Arahan Persyaratan Modal, termasuk peraturan baru untuk aset kripto. 

Dilansir dari Cointelegraph, Sabtu (1/7/2023), langkah ini dilakukan sebagai tanggapan atas seruan anggota parlemen untuk aturan ketat untuk mencegah "cryptocurrency yang tidak terdaftar" menyusup ke sistem keuangan tradisional.

Pengumuman kesepakatan ini diumumkan melalui cuitan di Twitter dari komite Urusan Ekonomi dan Moneter Parlemen Eropa. Tweet tersebut mengikuti pertemuan yang mempertemukan perwakilan dari Parlemen Eropa, pemerintah nasional, dan Komisi Eropa, badan yang awalnya mengusulkan peraturan ini pada 2021.

Menteri Keuangan Swedia Elisabeth Svantesson, yang memimpin pembicaraan atas nama negara-negara anggota UE, menyatakan aturan baru, yang juga mengkalibrasi ulang bobot risiko untuk aset perbankan seperti pinjaman korporasi, bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan bank yang beroperasi di Persatuan.

Aturan Bobot Risiko

Pernyataan Dewan lebih lanjut menegaskan kesepakatan itu mencakup rezim kehati-hatian transisi untuk aset kripto. Detail awal menyarankan sikap garis keras, dengan kemungkinan bobot risiko maksimum 1.250 persen yang ditetapkan untuk cryptocurrency mengambang bebas. 

Ini berarti bank harus mengeluarkan satu euro modal untuk setiap euro Bitcoin (BTC) atau Ether (ETH) yang mereka miliki, secara efektif mencegah mereka berinvestasi di pasar.

Namun, selama pembicaraan, Komisi Eropa mengusulkan sikap yang lebih lunak untuk stablecoin yang diatur. Proposal ini tampaknya mendapat dukungan dari pemerintah Uni Eropa.

 


Mengantisipasi Perubahan Aturan 2025

Kripto. Dok: Traxer/Unsplash
Kripto. Dok: Traxer/Unsplash

Perjanjian tersebut sekarang membutuhkan persetujuan dari negara-negara anggota di Dewan Uni Eropa dan anggota parlemen, yang bisa memakan waktu beberapa bulan.

Selanjutnya, teks final akan diterbitkan bertepatan dengan peraturan perbankan baru yang akan diperkenalkan oleh Komite Basel untuk Pengawasan Perbankan, penentu standar global utama untuk peraturan kehati-hatian bank. Buku peraturan ini rencananya akan diterapkan pada 1 Januari 2025.

Komite menyarankan agar eksposur bank terhadap aset kripto tertentu tidak boleh melebihi 2 persen dan umumnya harus lebih rendah dari 1 persen.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya