Rusia Bakal Mulai Uji Coba CBDC Dengan 13 Bank

Langkah ini memfasilitasi pemeriksaan fungsionalitas platform rubel digital dalam konteks industri hingga penyempurnaan

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 23 Agu 2023, 18:56 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Bank sentral Russia (BoR) telah mengungkapkan mereka akan mulai menguji operasi proyek mata uang digital bank sentral Rusia (CBDC) dengan rubel digital. 

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Bank Rusia menunjukkan uji coba akan melibatkan partisipasi dari 13 bank dan kelompok terbatas dari klien mereka. 

Menurut wakil gubernur pertama Bank Rusia, Olga Skorobogatova operasi percontohan menggunakan rubel digital asli merupakan fase penting dalam proyek tersebut. 

Langkah ini memfasilitasi pemeriksaan fungsionalitas platform rubel digital dalam konteks industri, penyempurnaan prosedur penting dalam kolaborasi dengan klien, potensi penyesuaian proses, dan jaminan pengalaman klien yang ramah pengguna dan dapat dipahami.

Skorobogatova menambahkan strategi bank melibatkan penggunaan rubel digital secara luas, bergantung pada hasil pengujian bertahap dan bergantung pada keberhasilan pelaksanaan uji coba komprehensif yang mencakup semua kemungkinan operasional yang melibatkan rubel digital. 

“Diharapkan mulai 2025 masyarakat dan dunia usaha dapat secara aktif menggunakan mata uang digital nasional atas permintaan sendiri,” kata Skorobogatova, dikutip dari Cointelegraph, Rabu (16/8/2023). 

Sesuai pengumuman, fase awal program percontohan akan fokus pada penyempurnaan proses fundamental, termasuk pembentukan dan pendanaan akun rubel digital (dompet digital), transaksi rubel digital di antara individu, pembayaran otomatis yang tidak rumit, dan penggunaan kode QR untuk transaksi yang melibatkan pembelian dan layanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rubel Digital

Rusia Terbitkan Uang Kertas Piala Dunia 2018
Sebuah gambar pada 22 Mei 2018 menunjukkan uang kertas pecahan 100 rubel baru yang dirancang khusus untuk Piala Dunia 2018 di Moskow. Uang kertas sebesar 100 rubel (setara dengan Rp 23.000) ini secara resmi telah beredar di Rusia. (AFP/Kirill KUDRYAVTSEV)

Mereka yang mengambil bagian dalam inisiatif percontohan akan memiliki kesempatan untuk menggunakan rubel digital untuk pembayaran di 30 perusahaan ritel yang berlokasi di 11 kota di Rusia. 

Tujuannya adalah untuk memperluas daftar peserta percontohan pada akhir 2023, yang mencakup baik individu maupun bisnis.

Pada 2024, rangkaian transaksi akan ditingkatkan, menampilkan skenario pembayaran tambahan yang menggunakan kode QR dinamis dan memfasilitasi transfer antar badan hukum. Selain itu, cakupan template untuk pembayaran otomatis yang tidak rumit akan diperluas.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya