Kekayaan Bos Binance Anjlok Rp 189,5 Miliar Akibat Penurunan Pasar Kripto

Indeks menghitung pendapatan Binance menggunakan data perdagangan spot dan derivatif dari layanan pelacakan kripto Coingecko

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 31 Okt 2023, 06:05 WIB
Diterbitkan 31 Okt 2023, 06:05 WIB
CEO Binance, Changpeng Zhao. Dok: Binance
CEO Binance, Changpeng Zhao. Dok: Binance

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Miliarder Bloomberg memangkas perkiraan pendapatan di bursa kripto Binance sebesar 38 persen setelah data terbaru menunjukkan volume di perusahaan tersebut menurun tahun ini. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (30/10/2023), hal ini menghapus USD 11,9 miliar atau setara Rp 189,5 triliun dari kekayaan pendiri Binance, Changpeng Zhao, yang dikenal sebagai CZ, sehingga menurunkannya menjadi USD 17,2 miliar atau setara Rp 273,9 triliun.

Indeks menghitung pendapatan Binance menggunakan data perdagangan spot dan derivatif dari layanan pelacakan kripto Coingecko dan Coinpaprika.

Binance memperoleh pangsa pasar awal tahun ini, mencapai puncaknya pada 62 persen dari total perdagangan kripto di bursa pada kuartal pertama, berkat promosi tanpa biaya untuk pasangan perdagangan populer. 

Setelah penawaran berakhir, saham Binance turun menjadi 51 persen pada akhir kuartal ketiga, menurut firma riset CCData. Dalam beberapa bulan terakhir, pertukaran kripto semakin terisolasi dari sistem keuangan tradisional.

Komisi Sekuritas dan Bursa menggugat Binance pada bulan Juni, dan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi menggugatnya awal tahun ini karena mengabaikan aturan yang memungkinkan pengguna AS mengakses Binance. 

Pejabat regulasi mengklaim perusahaan tersebut tidak memiliki kontrol pencucian uang yang memadai, volume perdagangan yang meningkat, dan kesalahan penanganan aset klien. Binance membantah tuduhan tersebut dan melawannya di pengadilan.

Pada Juni, indeks kekayaan Bloomberg memangkas nilai bursa Binance AS menjadi nol setelah mengumumkan tidak akan lagi bertransaksi dalam dolar, sehingga mengurangi volume secara dramatis. 

Binance US bernilai USD 4,7 miliar atau setara Rp 74,8 triliun pada putaran pendanaan Maret 2022, sementara kekayaan bersih CZ mencapai puncaknya sebesar USD 96 miliar atau setara Rp 1.528 triliun pada Januari tahun itu.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengguna Binance Perdagangkan Cryptocurrency USD 90 Miliar di China

Dok: Binance
Dok: Binance

Sebelumnya diberitakan, pengguna Binance di China memperdagangkan aset terkait cryptocurrency senilai sekitar USS 90 miliar pada Mei 2023. Catatan itu menjadikan China sebagai pasar pertukaran kripto terbesar, meski pemerintah setempat melarang transaksi kripto.

Melansir Yahoo Finance, Rabu (2/8/2023), Wall Street Journal (WSJ) melaporkan bahwa transaksi senilai USD 90 miliar menyumbang 20 persen dari volume perdagangan kripto di seluruh dunia, tidak termasuk perdagangan oleh beberapa pedagang besar.

Faktanya, terlepas dari larangan yang berlaku di negara tersebut, tim investigasi pertukaran bekerja sama dengan penegak hukum China untuk mendeteksi potensi aktivitas kriminal di antara lebih dari 900.000 pengguna aktif di negara tersebut.

Pertukaran terbesar di dunia membantu pengguna di China menghindari pembatasan dengan mengarahkan pada situs web yang berbeda dengan alamat domain China sebelum mengalihkan mereka ke platform.

Pada tahun 2021, China melarang semua aktivitas terkait cryptocurrency, termasuk penambangan dan perdagangan token sambil mempromosikan penggunaan mata uang digital bank sentralnya, e-CNY.

Meskipun ada larangan, perlu dicatat bahwa China telah meraih rekor yang tidak terduga. Seperti yang dilaporkan pada Mei 2022, wilayah ini terus menjadi tujuan penambangan Bitcoin teratas, setelah AS. Selain itu, China tercatat sebagai pusat crypto utama kedua di Asia.

 


5,6 Juta Pengguna

Ilustrasi binance (Foto: Kanchanara/Unsplash)
Ilustrasi binance (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Dilaporkan bahwa ada 5,6 juta pengguna berbasis China yang terdaftar di Binance. Di antara mereka, 911.650 aktif, menurut Mission Control.

Selain itu, dokumen internal dan mantan karyawan mencatat bahwa sekitar 100.000 pengguna Binance di China per Januari dianggap sebagai orang yang terpapar secara politik.

Korea Selatan adalah runner-up dalam volume perdagangan crypto Binance, dengan pangsa 13 persen lebih dari USD 58 miliar.

Diikuti oleh Turki, Vietnam dan British Virgin Islands. Binance saat ini menghadapi pengawasan peraturan di A.S., di mana Komisi Sekuritas dan Bursa menggugat Binance dan chief executive officer Changpeng Zhao atas 13 tuduhan termasuk menjual sekuritas keuangan yang tidak terdaftar dan penyalahgunaan dana pelanggan.


Menjauh dari AS, Perusahaan Kripto Ripple Bakal Fokus ke Asia dan Eropa

Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Raphael Wild
Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Raphael Wild

Menyusul kemenangan sebagian pengadilan di Amerika Serikat, perusahaan kripto Ripple bermaksud untuk tetap fokus pada pasar di negara dengan peraturan yang jelas untuk industri kripto.

Dilansir dari Bitcoin.com, Sabtu (29/7/2023), Ripple berencana memasuki yurisdiksi di Asia seperti Singapura dan Hong Kong. Perusahaan blockchain yang berbasis di AS juga merencanakan ekspansi di Inggris dan Eropa, menurut laporan media yang mengutip eksekutif Ripple.

Pekan lalu, seorang hakim AS memutuskan token XRP Ripple bukan merupakan keamanan saat dijual di bursa pihak ketiga, membuka jalan bagi XRP untuk diperdagangkan oleh investor ritel. 

Namun, pengadilan mengatakan bahwa ketika dijual oleh perusahaan langsung ke investor institusional, itu memenuhi syarat sebagai sekuritas yang akan diadili lagi.

Peraturan Mendorong Ripple Menjauh dari AS

Ambiguitas peraturan mengenai status aset kripto di Amerika Serikat telah mengubah banyak sektor ke arah Asia. Pada Mei, Managing Director APAC untuk Ripple yang berkantor pusat di San Francisco, Brooks Entwistle, mengatakan karena gugatan SEC, sebagian besar perkembangan perusahaan terjadi di luar AS, dan khususnya di Asia.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya