Harga Kripto Hari Ini 12 November 2023: Mayoritas Bitcoin Cs Lesu

Harga kripto jajaran teratas mendominasi melaju di zona merah termasuk bitcoin dan ethereum pada Minggu, 12 November 2023.

oleh Agustina Melani diperbarui 12 Nov 2023, 07:01 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2023, 07:01 WIB
Ilustrasi Kripto atau Penambangan kripto. Foto: Freepik
Sebagian besar harga kripto jajaran teratas bergerak di zona merah pada perdagangan Minggu pagi (12/11/2023). (Foto: Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar harga kripto jajaran teratas bergerak di zona merah pada perdagangan Minggu pagi (12/11/2023). Harga bitcoin dan Ethereum kompak bergerak di zona merah.

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) merosot 1,21 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga bitcoin melonjak 5,26 persen. Kini, harga bitcoin berada di posisi USD 36.912,13 atau sekitar Rp 578,89 juta (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.683).

Harga Ethereum (ETH) merosot 1,64 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga Ethereum melonjak 9,97 persen. Harga kripto Ethereum saat ini berada di posisi USD 2.044,27 atau sekitar Rp 32,05 juta.

Harga binance coin (BNB) melemah tipis 0,27 persen dalam 24 jam terakhir. Harga BNB menguat 5,42 persen dalam sepekan terakhir. Kini, harga BNB berada di posisi USD 250,6.

Demikian juga harga XRP berada di posisi zona merah meski turun tipis dalam 24 jam terakhir. Harga XRP melemah 0,02 persen ke posisi USD 0,6604. Namun, selama sepekan terakhir, harga XRP melambung 7,03 persen.

Harga solana (SOL) terpangkas 0,89 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga solana terbang 32,48 persen.Saat ini, harga solana berada di posisi USD 56,16.

Harga cardano (ADA) turun 0,69 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga cardano meroket 16,49 persen. Saat ini, harga cardano berada di posisi USD 0,3834.

Sementara itu, harga dogecoin (DOGE) menguat 3,41 persen selama 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga dogecoin melesat 12,83 persen. Kini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,078.

Demikian juga harga tron (TRX) bergerak menghijau selama 24 jam terakhir. Harga tron naik 1,52 persen. Demikian selama sepekan terakhir, harga tron meroket 10,31 persen. Saat ini, harga tron berada di posisi USD 0,1079.

Harga kripto hari ini seperti tether USDT (USDT) melemah 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDT terpangkas 0,08 persen. Kini, harga tether berada di posisi USD 0,9999.

Harga USDC naik 0,02 persen dalam 24 jam terakhir.Akan tetapi, harga USDC merosot 0,04 persen selama sepekan terakhir. Saat ini, harga USDC berada di posisi USD 0,9998.

Kapitalisasi pasar kripto global melemah 0,89 persen dalam satu hari menjadi USD 1,41 triliun.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Robinhood Siap Luncurkan Perdagangan Kripto di Eropa

Kripto
Kemampuan industri kripto bertahan, bahkan secara perlahan kembali tumbuh setelah mengalami kejatuhan beberapa waktu lalu telah menimbulkan optimisme bagi para investor dan menganggap investasi kripto masih cukup menjanjikan.

Sebelumnya diberitakan, pertukaran kripto Robinhood baru-baru ini mengumumkan kinerja perusahaan yang menunjukkan hasil kinerja perusahaan yang tidak cukup baik. Jumlah kripto yang disimpan atas nama pelanggan menurun sekitar 11 persen sejak kuartal terakhir, angka saat ini sebesar USD 10,2 miliar atau setara RP 160,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.710 per dolar AS).

Meskipun kinerja perusahaan tidak cukup baik, CEO Robinhood Vlad Tenev terus mempersiapkan ekspansi lebih lanjut. Salah satu ekspansi ini adalah rencana Robinhood untuk mengaktifkan perdagangan kripto di Uni Eropa, yang akan dilakukan dalam beberapa minggu ke depan.

“Ke depan, kami tetap fokus untuk menyediakan produk-produk terdepan di industri yang melayani lebih banyak kebutuhan finansial nasabah, memperoleh pangsa pasar, berekspansi secara internasional, dan terus mengubah industri menjadi lebih baik,” kata Tenev, dikutip dari Crypto Potato, Jumat (10/11/2023).

Lingkungan Peraturan yang Lebih Baik

Hingga saat ini, perdagangan kripto di Robinhood hanya dapat dilakukan di AS. Namun, hanya beberapa bulan setelah perusahaan tersebut mengumumkan rencana untuk mengakuisisi perusahaan di Inggris sebelum jadwal ekspansi ke luar negeri, Robinhood akan membawa kemampuan perdagangan kripto ke Eropa.

Menurut Tenev, lingkungan peraturan di Eropa mengizinkan serangkaian aset yang berbeda dari yang tersedia di AS kemungkinan merujuk pada keputusan untuk menghapus ADA, SOL, dan MATIC setelah SEC menggugat Binance dan Coinbase karena mengizinkan token tersebut menjadi diperdagangkan.

“Kejelasan peraturan (di UE) akan memungkinkan Robinhood menawarkan serangkaian aset yang berbeda dibandingkan dengan AS. Akan sangat disayangkan jika inovasi di pasar mata uang kripto dikooptasi di luar negeri,” jelas Tenev.

Ark Invest, eToro, dan Galaxy Digital juga mengumumkan rencana untuk beralih ke Eropa dalam beberapa bulan terakhir, karena SEC terus menuntut perusahaan yang dianggap melanggar hukum keuangan Amerika.

 


New York Bakal Perketat Proses Listing Koin Kripto Baru

Ilustrasi Mata Uang Kripto atau Crypto. Foto: Freepik
Ilustrasi Mata Uang Kripto atau Crypto. Foto: Freepik

Sebelumnya, proses listing kripto baru di New York menghadapi pembatasan yang lebih ketat dari Departemen Layanan Keuangan New York, terutama jika mereka menargetkan klien ritel, menurut usulan pedoman terbaru yang dikeluarkan oleh regulator pada Senin, 18 September 2023.

Penerima lisensi perlu menilai risiko hukum, reputasi, dan pasar dari setiap koin baru, dan mereka juga harus menetapkan bagaimana mereka akan membalikkan proses tersebut dengan membatalkan pencatatan token, menurut konsultasi, yang diusulkan oleh Inspektur Departemen Jasa Keuangan New York (DFS) Adrienne Harris.

"Sejak bergabung dengan DFS, saya menjadikannya prioritas untuk memastikan kemampuan re2023).

Harris menambahkan, mengutip tim yang terdiri lebih dari 60 staf dan lebih dari USD 132 juta atau setara Rp 2 triliun (asumsi kurs Rp 15.382 per dolar AS) di DFS. denda yang dikenakan pada perusahaan mata uang virtual.

Pada April, regulator yang sebelumnya telah memberikan sanksi kepada perusahaan seperti Coinbase dan Robinhood menetapkan bagaimana perusahaan kripto akan dianalisis ber gulasi dan operasional Departemen sejalan dengan perkembangan industri untuk melindungi konsumen dan pasar,” kata Harris, dikutip dari CoinDesk, Kamis (21/9/2023).

Berdasarkan norma pencucian uang dan keamanan siber. Sebagai bagian dari langkah pada September, regulator juga memperbarui daftar koin yang masuk daftar hijau yang dapat didaftarkan atau disimpan oleh pemegang lisensi tanpa hambatan peraturan lebih lanjut dan sekarang mencakup bitcoin (BTC), ether (ETH), dan stablecoin yang diterbitkan oleh PayPal dan Gemini.

New York telah menjadi pionir AS dalam mengatur kripto, meskipun beberapa pihak menyambut baik kejelasan peraturan tersebut, perusahaan seperti Kraken telah menarik diri sebagai bentuk protes. 

 


Regulator Inggris Peringatkan Masalah Umum saat Pemasaran Kripto

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Otoritas Perilaku Keuangan (FCA) Inggris telah mengidentifikasi beberapa masalah yang berulang dalam cara aset kripto dipasarkan sejak peraturan baru yang mengatur hal ini mulai berlaku pada 8 Oktober 2023. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (9/11/2023), dalam sebuah pernyataan, FCA menguraikan tiga bidang utama yang menjadi perhatian: klaim menyesatkan tentang keselamatan dan keamanan, peringatan risiko yang tidak memadai, dan kegagalan untuk menyoroti risiko spesifik produk.

Sejak peraturan baru ini berlaku, FCA telah mengeluarkan lebih dari 200 peringatan terhadap perusahaan yang mungkin mempromosikan aset kripto secara ilegal. Ini juga telah memberlakukan pembatasan pada satu perusahaan resmi yang menyetujui promosi kripto yang tidak memenuhi standar yang disyaratkan.

Selain perusahaan kripto, FCA juga bekerja sama dengan berbagai pihak ketiga seperti platform media sosial, toko aplikasi, dan penyedia pembayaran untuk mengekang promosi ilegal dan membatasi paparan konsumen. 

Mereka meminta perusahaan-perusahaan ini untuk mempertimbangkan peringatan yang telah mereka terbitkan dan memainkan peran mereka dalam melindungi konsumen Inggris.

FCA menekankan bahkan dengan peraturan baru, aset kriptotetap merupakan investasi berisiko tinggi dan tidak diatur. Konsumen kemungkinan besar tidak memiliki akses terhadap perlindungan jika terjadi kesalahan, sehingga mereka bisa kehilangan seluruh uangnya.

Aturan baru ini mengharuskan promosi aset kripto disetujui oleh FCA, disetujui oleh perusahaan resmi, atau dikecualikan berdasarkan perintah promosi keuangan. Promosi juga harus adil, jelas, tidak menyesatkan, dan mengandung peringatan risiko yang jelas.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya