BlackRock Akan Pangkas 3% Karyawan Jelang Tenggat Waktu Keputusan ETF Bitcoin

Manajer aset terbesar di dunia, BlackRock, dilaporkan berencana mengurangi tenaga kerja globalnya sekitar 3% di tengah penantian keputusan SEC terkait ETF Bitcoin spot.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 08 Jan 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 08 Jan 2024, 06:00 WIB
BlackRock Akan Pangkas 3% Karyawan Jelang Tenggat Waktu Keputusan ETF Bitcoin
BlackRock dilaporkan akan menyampaikan berita pengurangan karyawan kepada 600 karyawannya dalam beberapa hari mendatang, di tengah harapan persetujuan ETF Bitcoin Spot. (Foto: Visual Stories/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - BlackRock dilaporkan akan menyampaikan berita pengurangan karyawan kepada 600 karyawannya dalam beberapa hari mendatang, di tengah harapan persetujuan ETF Bitcoin Spot.

Melansir Cointelegraph, ditulis Senin (8/1/2024), manajer aset terbesar di dunia, BlackRock, dilaporkan berencana mengurangi tenaga kerja globalnya sekitar 3% pada minggu ini.

Hal ini terjadi di tengah ekspektasi BlackRock untuk menerima berita baik dari Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) mengenai ETF Bitcoin Spot. 

Menurut laporan dari Fox Business pada 6 Januari,  sekitar 600 karyawan akan diberhentikan sebagai bagian dari penyesuaian internal rutin, dan akan ditentukan oleh kinerja karyawan selama dua belas bulan terakhir.

Selain itu, BlackRock dilaporkan mengantisipasi persetujuan permohonan ETF Bitcoin pada 10 Januari, yakni hari yang sama ketika SEC memiliki tenggat waktu untuk menyetujui atau menolak ETF Bitcoin spot ARK 21 Shares.

Namun, batas waktu SEC untuk aplikasi ETF Bitcoin BlackRock adalah 15 Januari. Hal ini terjadi setelah banyaknya formulir amandemen yang diajukan oleh pemohon ETF Bitcoin ke SEC minggu ini.

Pada 5 Januari, BlackRock mengajukan amandemen 19b-4 untuk aplikasi spot BTC ETF-nya. Pengajuan dilakukan pada hari yang sama dengan manajer aset lainnya termasuk Valkyrie, Grayscale, Bitwise, Hashdex, ARK 21Shares, Invesco Galaxy, Fidelity, Franklin Templeton, VanEck, dan WisdomTree.

Pengajuan ini adalah salah satu langkah terakhir dalam proses persetujuan SEC, namun, penyelesaian dokumen S-1 diperlukan bagi bursa AS untuk mencatatkan saham sekuritas investasi yang memiliki paparan langsung terhadap kripto.

Sementara itu, pada Desember 2023, Cointelegraph melaporkan, BlackRock telah membuat perubahan pada aplikasi ETF Bitcoinnya dalam upaya membuatnya lebih mudah diakses oleh bank-bank Wall Street untuk berpartisipasi dengan membuat saham baru dalam dana tersebut dengan uang tunai, bukan hanya kripto.

Model penebusan dalam bentuk barang akan memungkinkan bank-bank besar untuk menjadi peserta resmi dana tersebut.  Ini akan memungkinkan mereka untuk melewati batasan yang mencegah kepemilikan langsung Bitcoin atau kripto di neraca mereka.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kekhawatiran Meningkat Atas Potensi Penolakan SEC Terhadap ETF Bitcoin Spot, Ini Kata Analis

Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin (Liputan6.com/Sangaji)

Sebelumnya diberitakan, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) kemungkinan menolak ETF Bitcoin Spot menjadi kekhawatiran setelah kelompok pengawas keuangan Better Markets meminta regulator sekuritas untuk menolak ETF Bitcoin Spot, memperingatkan bahwa persetujuan akan mengarah pada pembantaian finansial dan kerugian investor secara  besar-besaran.

Melansir Bitcoin, Minggu (7/1/2024), SEC diperkirakan akan membuat keputusan mengenai ETF Bitcoin Spot awal pekan depan, dan perdagangan dapat dimulai segera pada 11 Januari 2024. 

Kekhawatiran mencengkeram komunitas kripto setelah surat yang dikeluarkan Jumat dari Better Markets, sebuah kelompok pengawas keuangan, yang mendesak Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk menolak ETF Bitcoin Spot. 

Kelompok tersebut berpendapat bahwa SEC memiliki kewajiban hukum untuk menolak permohonan ini, memperingatkan potensi pembantaian finansial dan kerugian investor besar-besaran jika ETF bitcoin disetujui. Grup ini menampilkan Senator Elizabeth Warren (D-MA) sebagai testimoni teratas di situs webnya dan CEO-nya dilaporkan dekat dengan Ketua SEC Gary Gensler.

Menyusul laporan Bloomberg pada Jumat bahwa SEC belum memberikan surat dan beberapa orang menafsirkan hal ini sebagai kemungkinan gulung tikar. Analis Bloomberg Eric Balchunas menjelaskan mengapa gulung tikar tidak mungkin terjadi.  

Dia menunjukkan, SEC tidak pernah memberikan suara pada ETF bitcoin apa pun, baik untuk penolakan ETF bitcoin spot maupun persetujuan bitcoin berjangka.  

 


Keputusan SEC Awal Pekan Depan

Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Aleksi Raisa)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Aleksi Raisa)

“Perjanjian tersebut ditolak atau disetujui melalui otoritas yang didelegasikan,” jelasnya. Ia menambahkan bahwa metode yang sama akan masuk akal juga di sini karena ini telah menjadi inisiatif yang didorong oleh ‘10th floor’ sejak kemenangan Grayscale.

"Jika mereka memilih, mereka harus menjadwalkan pertemuan secara publik. Pertemuan berikutnya akan diadakan pada tanggal 11, tapi itu akan terlambat untuk peluncuran 11 Januari, jadi mungkin tidak relevan,” katanya. 

Batas waktu bagi SEC untuk membuat keputusan tentang ETF Bitcoin Spot tahun ini adalah 10 Januari untuk proposal bersama dari Ark Invest dan 21 saham Cathie Wood.

Selain itu, dia mengatakan, jika ada pemungutan suara, sulit untuk membayangkan bahwa Ketua SEC Gary Gensler akan memilih tidak karena tidak ada dasar untuk menyangkal dan dialah yang mengarahkan staf (SEC) untuk mengerahkan ribuan orang untuk bekerja. 

Meskipun demikian, ia menekankan, pihaknya masih tidak akan mencapai peluang 100% (persetujuan) sampai SEC meresmikannya (sama seperti ESPN tidak akan mencapai peluang menang 100% sampai permainan benar-benar berakhir, berapa pun skornya). 

SEC diperkirakan akan membuat keputusan mengenai ETF Bitcoin Spot awal minggu depan.  Mengutip berbagai sumber, Balchunas menyatakan pada Jumat bahwa pengajuan S-1 terakhir akan jatuh tempo pada Senin pukul 8 pagi, mencatat bahwa SEC sedang mencoba untuk menyiapkan ETF Bitcoin Spot untuk diluncurkan pada 11 Januari.


Survei: 39% Penasihat Keuangan Optimistis ETF Bitcoin Disetujui pada 2024

Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Thought Catalog)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Thought Catalog)

Sebelumnya diberitakan, menurut survei dari penerbit ETF Bitwise yang diterbitkan pada 4 Januari, hanya 39% penasihat keuangan yang berbasis di Amerika Serikat (AS) percaya ETF Bitcoin akan disetujui tahun ini. 

Dilansir dari Cointelegraph, Jumat (5/1/2024), survei tersebut menanyakan beberapa pertanyaan kepada penasihat keuangan di seluruh negeri, dengan peserta mulai dari penasihat investasi terdaftar (RIA), perencana keuangan, investor institusi, dan perwakilan wirehouse. 

Ketika peserta diminta untuk memilih jangka waktu kapan mereka mengharapkan ETF Bitcoin spot disetujui, hanya 39% yang menjawab 2024. Hal ini berbeda dengan beberapa ahli yang memperkirakan ETF akan disetujui pada 10 Januari.

Terlepas dari pesimisme ini, sebagian besar penasihat yang disurvei mengharapkan ETF Bitcoin pada akhirnya akan disetujui.22 persen menyatakan persetujuan akan diberikan pada 2025, dan 24% menjawab setelah 2025. 

Sebanyak 2% lainnya menyatakan persetujuan akan dilakukan pada 2023, meskipun prediksi tersebut tidak menjadi kenyataan. Jika dijumlahkan, ini berarti 87% percaya ETF pada akhirnya akan disetujui. Dua belas persen menjawab “tidak pernah” ketika ditanya pertanyaan ini.

Survei tersebut juga menunjukkan banyak penasihat yang sangat ingin melihat ETF disetujui, meskipun menurut mereka hal itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Beberapa peserta mengatakan mereka ingin membeli Bitcoin untuk diri mereka sendiri atau klien mereka untuk pertama kalinya. 

Ketika para penasihat khusus ini ditanya apakah mereka lebih memilih untuk membeli sebelum atau setelah ETF disetujui, 88% dari mereka menjawab setelah ETF bitcoin spot disetujui di AS.

 

 

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya