Investor Kripto di Indonesia Sentuh 18,5 Juta

Hingga kini, Bappebti telah mengizinkan 501 aset kripto yang dapat diperdagangkan oleh exchanger.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 31 Jan 2024, 17:30 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2024, 17:30 WIB
Investor Kripto di Indonesia Sentuh 18,5 Juta
Tokocrypto Crypto Outlook 2024, Rabu (31/1/2024). (Foto: Liputan6.com/Gagas YP)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Tirta Karma Sanjaya mengungkapkan data terbaru investor kripto di Indonesia mencapai 18,5 juta per Desember 2023. 

Menurut Tirta, jumlah ini presentasinya cukup banyak jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di Indonesia sekitar 277 juta. Adapun saat ini Bappebti telah mengizinkan 501 aset kripto yang dapat diperdagangkan oleh exchanger. 

"Saat ini perdagangan masih kita batasi 501 aset kripto. Di coinmarketcap ada sekitar 11.000 aset kripto, tetapi tidak semua masyarakat mau bertransaksi dengan koin sebanyak itu,” kata Tirta dalam acara Tokocrypto Crypto Outlook 2024, Rabu (31/1/2024). 

Tirta menuturkan, Bappebti akan memilih aset kripto sesuai dengan permintaan masyarakat dan juga exchanger kripto. Sebagai regulator yang masih mengawasi aset kripto, Bappebti akan membuat regulasi yang mengikuti perkembangan produk aset kripto.

Seperti diketahui, hingga saat ini Indonesia hanya memperbolehkan perdagangan spot untuk aset kripto, sedangkan secara global sudah banyak perkembangan produk kripto salah satunya derivatif. 

Terkait peralihan pengawasan dari Bappebti ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Tirta mengungkapkan regulator akan berkolaborasi dalam membangun regulasi untuk aset kripto.

"Saat ini masih ada kesempatan memperbaiki regulasi dan memperkuat. Ketika beralih harusnya lebih diperkuat lagi. Mungkin ada beberapa regulasi dalam lingkup wewenang Bappebti belum bisa diakomodir semoga bisa diakomodir oleh OJK,” pungkas Tirta. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3 Sektor Kripto Ini Dapat Dicermati Investor Sepanjang 2024

Ilustrasi bitcoin dan ethereum (Foto: Unsplash/Thought Catalog)
Ilustrasi bitcoin dan ethereum (Foto: Unsplash/Thought Catalog)

Sebelumnya diberitakan, pasar kripto dan Bitcoin mengalami kinerja apik sepanjang 2023. Bitcoin yang pada awal 2023 diperdagangkan di kisaran harga USD 25.000 atau setara Rp 395,3 juta (asumsi kurs Rp 15.815 per dolar AS) berhasil melonjak hingga USD 42.000 atau setara Rp 664,2 juta pada akhir 2023.

Memasuki 2024, lantas aset kripto dari sektor mana saja yang perlu dicermati investor? Dilansir dari Cointelegraph, ada 3 sektor kripto yang dapat dicermati investor sepanjang 2024, berikut daftarnya:

Bitcoin

Karena efek gabungan dari persetujuan baru-baru ini atas dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin (ETF) dan halving yang akan segera terjadi, Bitcoin (BTC) akan memainkan peran utama pada 2024.

Prediksi tentang seberapa tinggi harga Bitcoin bervariasi dari USD 80.000 atau setara Rp 1,2 miliar, menurut Bitwise Invest, hingga perkiraan jutaan dolar yang berani dari pendukung setia BTC. 

Salah satu prediksi Anthony Scaramucci dari hedge fund SkyBridge prediksi Harga Bitcoin bisa menembus USD 170.000 atau setara Rp 2,6 miliar tahun depan, didorong permintaan ETF Bitcoin Spot dan halving Bitcoin pada April.

Tokenisasi Aset Dunia Nyata

Perpindahan aset dunia nyata ke dalam blockchain kemungkinan akan menjadi salah satu tren yang menentukan pada 2024. Tokenisasi memungkinkan kepemilikan fraksional, yang berarti memecah aset besar seperti real estat menjadi bagian-bagian kecil, sehingga membuatnya lebih mudah diakses oleh masyarakat luas.

Survei 2023 dari Ripple menunjukkan 72% pemimpin keuangan berencana untuk mengadopsi tokenisasi dalam bisnis mereka dalam tiga tahun ke depan.

GameFi

Banyak ahli memperkirakan game berbasis blockchain dapat mengatasi rintangan yang dihadapi sejauh ini khususnya, pengalaman pengguna yang buruk, yang memperlambat proses adopsi game-game ini.

Analis di VanEck mengantisipasi peluncuran beberapa game blockchain triple-A yang berpeluang menjangkau 1 juta pengguna. 

 

 


Peretas Curi Rp 26,9 Triliun Kripto Sepanjang 2023

Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Thought Catalog)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Thought Catalog)

Sebelumnya diberitakan, peretas platform cryptocurrency mencuri sekitar USD 1,7 miliar atau setara Rp 26,9 triliun (asumsi kurs Rp 15.853 per dolar AS) pada 2023, sekitar 54,3% lebih rendah dari tahun sebelumnya, menurut laporan Chainalysis pada Rabu, 24 Januari 2024.

Dilansir dari Yahoo Finance, ditulis Minggu (28/1/2024), serangan dunia maya telah menjadi tantangan yang terus-menerus bagi industri kripto, dan peretasan yang meluas adalah salah satu alasan mengapa sebagian besar regulator di seluruh dunia tidak menyukai kripto.

Meskipun dana curian berkurang lebih dari setengahnya, jumlah insiden peretasan individu meningkat menjadi 231 tahun lalu dari 219 pada 2022. 

Jumlah peretasan yang dilakukan oleh organisasi yang terkait dengan Korea Utara meningkat menjadi 20 pada tahun lalu, yang merupakan rekor tertinggi. Chainalysis memperkirakan, mereka mencuri sedikit lebih dari USD 1 miliar atau setara Rp 15,8 triliun, dibandingkan dengan USD 1,7 miliar pada 2022.

Chainalysis sebelumnya menemukan nilai yang diterima oleh alamat mata uang kripto ilegal hingga 2023 berjumlah USD 24,2 miliar atau setara Rp 378,5 triliun.Ini merupakan penurunan yang signifikan dibandingkan dengan nilai tertinggi sepanjang masa sebesar USD 39,6 miliar atau setara Rp 619,6 triliun pada 2022. 

Pemimpin Penelitian Kejahatan Dunia Maya di Chainalysis, Eric Jardine menjelaskan meningkatnya kematangan aset digital kelas ini dibuktikan lebih lanjut dengan fakta kejahatan kripto hanya menyumbang 0,34% dari total volume transaksi on-chain tahun lalu. 

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya