Pengadilan Federal Australia Dakwa Bursa Kripto Kraken Langgar Aturan

Juru bicara hukum Kraken mengutip putusan tersebut sebagai contoh bagaimana aturan penawaran kripto di Australia tidak jelas.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 25 Agu 2024, 08:35 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2024, 08:35 WIB
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Andre Francois M.)
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Andre Francois M.)

Liputan6.com, Jakarta - Pengadilan Federal Australia memutuskan pada Jumat, 23 Agustus 2024 bahwa operator bursa mata uang kripto Kraken di negara tersebut, Bit Trade Pty Ltd melanggar bagian dari Undang-Undang Korporasi di Negeri Kangguru. Kasus terhadap Bit Trade diajukan oleh Komisi Sekuritas dan Investasi Australia (ASIC).

Adapun Undang-Undang Korporasi mengharuskan penerbit produk keuangan untuk membuat penentuan pasar sasaran sebelum produk tersebut ditawarkan kepada konsumen.

"Sejak 5 Oktober 2021, produk perpanjangan margin Bit Trade telah tersedia bagi pelanggan yang berdagang di bursa Kraken tanpa penentuan pasar sasaran, sebagaimana diwajibkan oleh hukum," tegas ASIC dikutip dari laman Coindesk, Minggu (25/8/2024).

Pengumuman ASIC juga mengatakan, pihak hakim menemukan kewajiban untuk membayar kembali aset digital bukanlah kewajiban untuk membayar kembali uang dan karenanya bukan utang yang ditangguhkan. Meskipun di sisi lain, ASIC sepakat bahwa perpanjangan margin dalam mata uang nasional menciptakan utang yang ditangguhkan yang berarti bahwa produk tersebut adalah fasilitas kredit.

"Secara keseluruhan, kami kecewa dengan putusan ini, tapi kami siap dan bersedia untuk mematuhi keputusan pengadilan," ujar juru bicara Kraken.

Juru bicara hukum Kraken mengutip putusan tersebut sebagai contoh bagaimana aturan penawaran kripto di Australia tidak jelas. "Pengadilan menemukan bahwa penawaran Margin Kraken tunduk pada serangkaian peraturan ketika kami memperluas mata uang fiat kepada klien, tetapi tidak ketika kami memperluas mata uang kripto kepada klien," ungkapnya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menyetujui Deklarasi

Ilustrasi harga Kripto. (Foto By AI)
Ilustrasi harga Kripto. (Foto By AI)

"Ini adalah posisi yang tidak memuaskan bagi investor Australia. Meskipun kami lebih suka hal itu dilakukan melalui reformasi legislatif daripada uji kasus, setidaknya kami sekarang memiliki kejelasan dari Pengadilan sehubungan dengan penawaran Margin kami, dan akan bergerak cepat untuk mematuhi dan terus melayani pelanggan kami," tegasnya.

ASIC memutuskan bahwa kedua pihak telah diberi waktu 7 hari untuk menyetujui deklarasi dan putusan. Pihak yudikatif akan menuntut hukuman finansial terhadap Bit Trade.

"Ini adalah hasil yang signifikan bagi ASIC yang melibatkan perusahaan kripto global besar," kata Sarah Court, Wakil Ketua ASIC. "Kami memulai proses untuk mengirim pesan kepada industri kripto bahwa kami akan terus meneliti produk untuk memastikan mereka mematuhi kewajiban peraturan guna melindungi konsumen."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya