4 Saham Terkait Kripto Bitcoin dengan Potensi Kenaikan Terbesar di 2024, Mau Tahu?

Pada Senin kemarin, Bitcoin berada di level USD 62.815 per koin atau setara Rp 984,3 juta, tetapi sempat turun di bawah USD 60.000 sebelumnya.

oleh Elyza Binta Chabibillah diperbarui 08 Okt 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi Kripto (Foto: Traxer/unsplash)
Pada pekan lalu, harga Bitcoin turun selama enam hari berturut-turut di tengah krisis di Timur Tengah akibat konflik Iran-Israel. Ilustrasi Kripto (Foto: Traxer/unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kripto berusaha bangkit kembali setelah Federal Reserve (Fed) atau Bank Sentral Amerika Serikat (AS) mengumumkan pemotongan suku bunga pada September kemarin, kembali menghadapi hambatan. Bitcoin (BTC), yang melonjak melewati USD 63.000 atau Rp 986 juta setelah pengumuman tersebut, kembali mundur minggu ini dan jatuh di bawah USD 60.000 sekitar Rp 939 juta.

Beberapa faktor menyebabkan penurunan ini, tetapi Bitcoin masih memiliki potensi besar dan penurunan ini bersifat sementara. Dengan indikasi Fed untuk lebih banyak pemotongan suku bunga dalam waktu dekat, pasar kripto siap untuk mengambil posisi lagi.

Mengutip dari Yahoo Finance, Selasa (8/10/2024), dalam skenario ini, idealnya berinvestasi di saham-saham yang terkait dengan kripto dan Bitcoin seperti Robinhood Markets, Inc. (HOOD), BlackRock, Inc. (BLK), CME Group Inc. (CME), dan NVIDIA Corporation (NVDA), yang memiliki potensi pertumbuhan kuat dalam waktu dekat.

Pada Senin kemarin, Bitcoin berada di level USD 62.815 per koin atau setara Rp 984,3 juta, tetapi sempat turun di bawah USD 60.000 sebelumnya setelah penurunan aliran dana dari ETF Bitcoin AS selama dua hari berturut-turut, turun 4,5% dari minggu lalu.

Pada pekan lalu, harga Bitcoin turun selama enam hari berturut-turut di tengah krisis di Timur Tengah akibat konflik Iran-Israel. Harga Bitcoin sempat stagnan di bawah USD 57.000 atau Rp. 892 juta setelah peristiwa halving, meskipun sebelumnya mencapai puncak USD 73.750 atau Rp. 1 miliar lebih pada 14 Maret.

Bitcoin mencoba bangkit setelah Federal Reserve mengumumkan pemotongan suku bunga sebesar 50 basis poin, pertama kalinya sejak Maret 2020. Meskipun mengalami penurunan, Bitcoin telah mengembalikan keuntungan sebesar 44,6% sepanjang tahun ini.


Saham Kripto yang Siap Tumbuh

Ilustrasi perdagangan Kripto. (Foto By AI)
Ilustrasi perdagangan Kripto. (Foto By AI)

Pemulihan tajam Bitcoin dari di bawah USD 60.000 ke hampir USD 61.200 yang dimulai sejak Kamis  (3/10/2024) mengikuti pernyataan dovish Ketua Federal Reserve, Jerome Powell. Powell memberi isyarat adanya lebih banyak pemotongan suku bunga tahun ini, mencatat bahwa inflasi terus menurun.

Suku bunga yang lebih rendah umumnya menguntungkan aset pertumbuhan seperti cryptocurrency, karena mengurangi biaya peluang untuk memegang aset yang tidak menghasilkan imbal hasil. Dalam lingkungan suku bunga rendah, investor cenderung mencari aset dengan potensi pengembalian lebih tinggi, meskipun dengan risiko lebih besar.

Investor optimis terhadap total pemotongan suku bunga sebesar 50 basis poin tahun ini, yang merupakan tanda positif bagi pasar cryptocurrency.


4 Saham Terkait Kripto dengan Potensi Pertumbuhan

Ilustrasi Mata Uang Kripto atau Crypto. Foto: Freepik
Ilustrasi Mata Uang Kripto atau Crypto. Foto: Freepik

1. Robinhood Markets

Robinhood Markets mengoperasikan platform layanan keuangan di Amerika Serikat. Platform ini memungkinkan pengguna untuk berinvestasi dalam saham, dana yang diperdagangkan di bursa (ETF), opsi, emas, dan cryptocurrency. Robinhood Crypto memungkinkan pengguna membeli dan menjual Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, dan cryptocurrency lainnya.

2. BlackRock

BlackRock adalah salah satu manajer investasi terbesar di dunia dan dimiliki secara publik. BlackRock adalah salah satu perusahaan pertama dari pasar tradisional yang bergabung dalam perlombaan Bitcoin ETF pada Juni 2023. Dikutip melalui yahoo finance, Tingkat pertumbuhan laba BlackRock diperkirakan sebesar 9,6% untuk tahun ini. 

3. CME Group

Opsi CME Group Inc. memberi pembeli hak untuk membeli/menjual kontrak berjangka cryptocurrency pada harga tertentu di masa depan. CME menawarkan opsi Bitcoin dan ether berdasarkan kontrak berjangka Bitcoin dan Ethereum mikro yang diselesaikan secara tunai.Tingkat pertumbuhan laba CME Group diperkirakan sebesar 7,3% untuk tahun ini. Estimasi Konsensus Zacks untuk laba tahun ini telah meningkat 1,9% dalam 60 hari terakhir. 

4. NVIDIA

NVIDIA adalah pemimpin global dalam teknologi komputasi visual dan penemu unit pemrosesan grafis (GPU). Fokus NVIDIA telah berkembang dari grafik PC menjadi solusi berbasis kecerdasan buatan yang sekarang mendukung komputasi berkinerja tinggi, gaming, dan platform realitas virtual. Tingkat pertumbuhan laba NVIDIA diperkirakan lebih dari 100% untuk tahun ini.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya