Manfaat dan Tips Olahraga bagi Penyandang Disabilitas dengan Kursi Roda, Tak Harus Selalu ke Gym

Berolahraga dapat bermanfaat bagi semua orang, termasuk orang dengan disabilitas. Apa saja manfaat dan tips olahraga bagi penyandang disabilitas?

oleh Tiara Laninda diperbarui 30 Apr 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi penyandang disabilitas
Ilustrasi manfaat olahraga bagi penyandang disabilitas / Unsplash.com

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas fisik sangat penting bagi siapa saja. Olahraga dapat memberikan banyak manfaat, mulai dari mengontrol berat badan hingga menurunkan risiko kanker. 

Para ahli mengatakan bahwa manfaat-manfaat ini berlaku tanpa memandang kemampuan atau tingkat keahlian. Semua orang, termasuk orang dengan disabilitas, dapat mendapatkan manfaat berolahraga.

Tak hanya memberikan manfaat kesehatan fisik, berolahraga juga berdampak positif bagi kesehatan mental. 

Olahraga dapat membangkitkan semangat kompetitif dan mempercepat penyembuhan, baik secara fisik maupun mental. Hal ini disampaikan oleh Direktur Pusat Cedera Tulang Belakang VA Milwaukee dan Direktur medis dari Wheelchair Games, Kenneth Lee. 

"Berpartisipasi dalam olahraga adaptif memberi pasien perasaan inklusi. Mereka bersaing dengan cara yang baru dan Anda dapat melihat kepercayaan diri mereka hidup," kata Lee kepada Ameridisability.

Lantas, bagaimana tips olahraga, khususnya bagi penyandang disabilitas dengan kursi roda?

Tak selalu harus ke gym

Anda tidak perlu khawatir tentang preferensi atau tingkat kemampuan fisik Anda, karena pasti ada kegiatan atau olahraga yang cocok untuk Anda.

Olahraga tidak selalu berarti pergi ke gym atau berolahraga secara kompetitif, meskipun keduanya bisa menjadi pilihan yang baik. Ada banyak bentuk dan tempat untuk berolahraga.

Kegiatan yang meningkatkan kesehatan jantung dan kekuatan otot dapat menjadi pilihan yang baik, seperti latihan aerobik teratur dan latihan penguatan otot.

Bagi pengguna kursi roda, melakukan aktivitas fisik kardiovaskular yang membuat detak jantung meningkat bisa menjadi lebih sulit.

Mengayuh atau mendorong kursi roda juga bisa memberikan tekanan pada otot-otot tertentu di bagian atas tubuh, sehingga meningkatkan risiko cedera atau ketegangan.

Melakukan latihan penguatan otot dapat membantu Anda mengatasi tantangan dalam menggunakan kursi roda di kehidupan sehari-hari dan menghindari jenis cedera tersebut.


Perhatikan Durasi Olahraga

Mencoba Sepatu pada Pagi Hari
Ilustrasi Olahraga (Credit: pexels.com/Mart)

Untuk menjaga kesehatan secara umum, disarankan bagi semua orang dewasa berusia 19 hingga 64 tahun, termasuk pengguna kursi roda untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik per minggu, seperti melansir laman resmi Pelayanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris.

Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa langsung mencapai target-target tertentu. Yang terpenting adalah melakukan aktivitas fisik yang Anda sukai.

Aktivitas fisik yang rutin baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran, serta bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk bertemu orang baru.


Opsi Olahraga Bagi Penyandang Disabilitas dengan Kursi Roda

Ilustrasi disabilitas
Ilustrasi disabilitas (Foto oleh Marcus Aurelius dari Pexels)

Golf

Golf merupakan olahraga yang bisa dimainkan dalam posisi berdiri atau duduk, tergantung pada kondisi tubuh seseorang. Bagi yang kesulitan menyeimbangkan tubuh saat memukul bola, ada kereta golf yang bisa membantu menstabilkan tubuh.

Bagi penyandang disabilitas, terdapat klinik golf yang bisa membantu Anda belajar tentang peralatan adaptif yang bisa digunakan.

Mereka juga bisa mengajarkan cara bermain golf dengan baik meskipun Anda memiliki kekurangan anggota tubuh, masalah penglihatan atau pendengaran, serta masalah emosional atau kognitif.

Sitting Volleyball

Sitting volleyball adalah olahraga bola voli yang dimainkan saat duduk di atas lantai. Aturan mainnya hampir sama dengan bola voli berdiri, namun menggunakan net yang lebih pendek dan lapangan yang lebih kecil.

Yang membedakan adalah setiap pemain harus tetap duduk dan minimal satu bokong tetap bersentuhan dengan lantai ketika menyentuh bola, seperti melansir Choose PT.


Tennis dan Wheelchair Basketball

ilustrasi alat bantu disabilitas
ilustrasi disabilitas. Unsplash.

Tennis

Untuk bermain tenis, ada peralatan khusus yang dapat diadaptasi untuk mobilitas seperti kursi roda. Aturan permainan disesuaikan dengan jenis disabilitas yang dimiliki pemain.

Dengan begitu, pemain yang dapat berdiri bisa bermain melawan atau bersama dengan pemain yang menggunakan kursi roda.

Wheelchair Basketball

Sedangkan untuk bermain basketball kursi roda, olahraga ini dapat diikuti oleh orang-orang dengan berbagai jenis kecacatan fisik. Aturan mainnya sama seperti bola basket pada umumnya, namun ada beberapa variasi pada teknik dribbling dan kontak yang harus dilakukan dari kursi roda.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya