Wanita India Bersalin dengan Bantuan Video Tutorial, Lalu Ini yang Terjadi

Kepolisian Gorakhpur, India mengatakan, wanita tersebut memilih untuk melahirkan sendiri di rumah karena takut dijadikan bahan pembicaraan tetangga.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 13 Mar 2019, 19:40 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2019, 19:40 WIB
Jenazah
Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)

Liputan6.com, Bahraich - Seorang wanita asal India ditemukan meninggal dunia setelah berusaha melahirkan sendiri dengan panduan tutorial video persalinan. Bayinya yang baru lahir juga tak terselamatkan.

Dikutip dari laman The Independent, Rabu (13/3/2019), Kepolisian Gorakhpur, India mengatakan wanita tersebut memilih untuk melahirkan sendiri di rumah karena takut dijadikan bahan pembicaraan tetangga. Sebab, ia adalah ibu tunggal yang ditinggalkan oleh pasangannya.

Para tetangga baru mengetahui kondisi wanita tersebut setelah melihat ada darah mengalir dari dalam kamar wanita itu. Si tetangga pun langsung melapor ke pemilik rumah.

"Sang pemilik kamar lalu membuka paksa kamar. Mereka terkejut karena menemukan perempuan itu bersama bayinya yang baru lahir sudah tak bernyawa," kata polisi.

"Mereka langsung menelepon polisi untuk datang ke lokasi korban meninggal," tambahnya.

Perempuan yang tak disebutkan identitasnya itu adalah warga Kota Bahraic, India. Dia menyewa kamar tempatnya melahirkan sang jabang bayi empat hari sebelumnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kejadian Serupa

Jenazah
Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)

Sebelumnya, seorang wanita hamil di kota Nadu, India juga dilaporkan tewas usai mencoba melahirkan bayi sendirian hanya bermodalkan petunjuk dari video tutorial.

Dikutip dari laman Daily Mirror, wanita malang itu diketahui bernama Krithiga. Kala itu ia nekat melahirkan bayi yang dikandung di rumahnya sendiri.

Bukan memanggil bidan atau dokter, ia malah memutuskan untuk mengandalkan panduan kelahiran lewat situs pemutar video.

Padahal, ia dan suaminya sama sekali tidak punya latar belakang di bidang kesehatan. Pasangannya bekerja sebagai penjual pakaian.

Dalam keterangan polisi India menyebut, Krithiga mengikuti setiap langkah yang diinformasikan video berjudul "Bagaimana Cara Menolong Perempuan yang Melahirkan."

Karena sudah menonton beberapa kali, Krithiga pun yakin bahwa ia akan selamat dan bisa melahirkan dengan lancar. Apalagi, ini adalah ketiga kalinya ia melahirkan, sehingga tak ada rasa ketakutan yang melanda.

Manusia boleh merencanakan. Tetapi Tuhanlah yang menentukan. Krithiga mengalami pendarahan hingga tewas. Melihat perempuan itu dalam kondisi tak sadarkan diri, sang suami langsung melarikannya ke rumah sakit.

"Kontraksi dimulai siang hari. Namun, suaminya baru membawa korban ke rumah sakit setelah bayinya lahir," kata juru bicara kepolisian.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya