WHO Rekomendasikan Pemberian Dua Dosis Vaksin COVID-19 Pfizer Berjarak 21-28 Hari

WHO memberi rekomendasi tentang pemberian dosis vaksin COVID-19 Pfizer.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 06 Jan 2021, 07:33 WIB
Diterbitkan 06 Jan 2021, 07:33 WIB
FOTO: 6 Jenis Vaksin COVID-19 yang Ditetapkan Pemerintah Indonesia
Vaksin COVID-19 Pfizer Inc and BioNTech dipotret di Rumah Sakit Anak Rady, San Diego, California, Amerika Serikat, 15 Desember 2020. Vaksin COVID-19 buatan Pfizer telah mendapat otorisasi darurat di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Singapura, dan Meksiko. (ARIANA DREHSLER/AFP)

Liputan6.com, Jenewa - Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan bahwa orang-orang harus mendapatkan dua dosis vaksin COVID-19 produksi Pfizer dan BioNTech dalam 21-28 hari. Rekomendasi ini dirilis ketika banyak negara berjuang untuk memberikan suntikan yang dapat menangkal virus COVID-19.

Mengutip laman Channel News Asia, Rabu (6/1/2021), banyak yang mengalami tekanan yang semakin berat pada layanan kesehatan mereka karena melonjaknya kasus virus corona dan munculnya varian baru yang tampaknya lebih mudah menyebar.

Pemerintah memperkenalkan langkah - langkah penguncian baru untuk menghentikan penyebaran sambil menghadapi permintaan besar-besaran akan vaksin yang dipandang sebagai jalan keluar terbaik dari krisis kesehatan global.

Tetapi dengan vaksinasi dalam pasokan terbatas saat produksi meningkat, WHO telah memeriksa bagaimana vaksin dapat digunakan secara efektif.

"Kami berdiskusi dan mengeluarkan rekomendasi berikut: dua dosis vaksin (Pfizer) ini dalam 21-28 hari," kata Alejandro Cravioto, ketua Kelompok Penasihat Strategis Ahli Imunisasi WHO (SAGE), dalam sebuah jumpa pers online.

Panel tersebut mengatakan negara-negara harus memiliki kelonggaran untuk mendistribusikan vaksin selama enam minggu sehingga lebih banyak orang dengan risiko penyakit yang lebih tinggi bisa mendapatkannya.

"SAGE membuat ketentuan bagi negara-negara dalam keadaan luar biasa dari (Pfizer) kendala pasokan vaksin untuk menunda pemberian dosis kedua selama beberapa minggu untuk memaksimalkan jumlah orang yang mendapat manfaat dari dosis pertama," kata Cravioto.

Dia menambahkan: "Saya pikir kita harus sedikit terbuka terhadap jenis keputusan yang harus dibuat oleh negara sesuai dengan situasi epidemiologi mereka sendiri."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Ketentuan Pemberian Vaksin

Melihat Negara-Negara Uni Eropa Mulai Suntikan Vaksinasi COVID-19
Seorang perawat menyiapkan dosis vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech di Rumah Sakit Santa Maria di Lisbon, Portugal (27/12/2020). Peluncuran vaksin dilakukan ketika kasus strain baru COVID-19 yang lebih menular dikonfirmasi di beberapa negara Eropa serta Kanada dan Jepang. (Xinhua/Pedro Fiuza)

Eksekutif SAGE, Joachim Hombach, mengatakan bahwa memberi jarak antara dua inokulasi Pfizer dapat diterima bagi negara-negara yang tidak dapat menerapkan rekomendasi utama. 

"IHSG, badan pemberi rekomendasi Inggris, telah memberikan lebih banyak fleksibilitas hingga 12 minggu dengan mempertimbangkan keadaan khusus yang sedang dihadapi negara tersebut," katanya.

"Kami ... sepenuhnya mengakui bahwa negara-negara mungkin melihat kebutuhan untuk lebih fleksibel dalam hal pemberian dosis kedua. Tetapi penting untuk dicatat bahwa ada sangat sedikit ... data empiris dari uji coba yang mendukung jenis obat ini," tambahnya.

Mengingat terbatasnya pasokan vaksin saat ini, Cravioto mengatakan SAGE tidak merekomendasikan suntikan Pfizer untuk wisatawan internasional sebagai prioritas kecuali mereka berada dalam kelompok berisiko sangat tinggi, seperti orang tua dan mereka yang sudah memiliki penyakit sebelumnya.

Kate O'Brien, seorang ahli imunisasi WHO, mengatakan ada diskusi yang kuat di SAGE tentang trade-off antara mengikuti secara ketat dosis standar dalam uji klinis dan memungkinkan penggunaan vaksin yang lebih luas sebagai dosis pertama, sehingga berisiko penundaan dalam mendapatkan dosis dosis kedua untuk beberapa orang.

Menyinggung penundaan peluncuran inokulasi, dia berkata: "Tidak ada yang mengharapkan ini mudah dan kami mulai melihat adanya rintangan dan di mana kami perlu melakukan penyesuaian."

Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur jenderal WHO, mengatakan dia "sangat kecewa" karena China tidak mengizinkan masuknya misi internasional untuk memeriksa asal-usul pandemi virus corona global.

Infeksi telah dilaporkan di lebih dari 210 negara dan wilayah sejak kasus pertama diidentifikasi di China pada Desember 2019.


Infografis Vaksin COVID-19

Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya