Pangeran William Jawab Tuduhan Rasisme dari Meghan Markle

Meghan Markle mengungkit rasisme di keluarga Kerajaan Inggris. Ini respons Pangeran William.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 12 Mar 2021, 16:02 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2021, 08:00 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle dalam Wawancara Oprah. (Joe Pugliese/Harpo Productions via AP, File)
Pangeran Harry dan Meghan Markle dalam Wawancara Oprah. (Joe Pugliese/Harpo Productions via AP, File)

Liputan6.com, London - Meghan Markle, istri dari Pangeran Harry, menuding ada rasisme dalam Keluarga kerajaan Inggris. Ia mengungkap hal itu saat wawancara khusus bersama Oprah Winfrey. Sang kakak ipar, Pangeran William, akhirnya angkat bicara. 

"Kami betul-betul bukan keluarga yang rasis," ujar Pangeran William seperti dilaporkan AP, Jumat (12/3/2021).

Komentar itu diberikan oleh Pangeran William ketika berkunjung ke sekolah di London. Istrinya, Kate Middleton, turut mendampingi.

Meghan Markle dan Pangeran Harry sudah tidak melakukan tugas kerajaan. Mereka pindah ke California karena ingin menghindari media Inggris dan hidup dengan normal.

LA Times melaporkan wawancara Meghan dengan Oprah ditonton hingga 17,1 juta orang di CBS.

Oprah kaget ketika Meghan berkata ada yang mengomentari warna kulit bayi mereka, Archie, yang baru lahir. Meghan mengaku mendengar komentar itu dari Pangeran Harry. 

Pasangan itu menolak menyebut nama si pembuat komentar. Alhasil spekulasi menyebar di Twitter. Ada netizen yang menuduh Pangeran William hingga Pangeran Philip (kakek Harry). Namun, Oprah berkata pembuat komentar bukanlah Ratu Elizabeth II atau Pangeran Philip.

Saat wawancara disiarkan, Pangeran Philip sedang dirawat di rumah sakit karena operasi jantung dan infeksi.

Pada wawancara tersebut, Pangeran Harry sempat curhat tidak mendapat uang lagi dari keluarganya. Pasutri itu juga menyayangkan karena Harry tak mendapat pengamanan lagi.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Tanggapan Ratu Elizabeth II

Bayi Meghan Markle
Pangeran Harry dan Meghan Markle telah menamai putra mereka Archie Harrison Mountbatten-Windsor. Terlihat Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip bertemu dengan cicit mereka, bersama dengan ibu Meghan, Doria Ragland. ( Chris Allerton, Sussex Royal)

Ratu Elizabeth II telah lebih dahulu merilis pernyataan resmi lewat Istana Buckingham untuk merespons wawancara ini.

"Seluruh keluarga merasa sedih mengetahui seberapa besar tantangan yang dihadapi Harry dan Meghan selama beberapa tahun ini," ujar Ratu Inggris.

Selain itu, ia juga menanggapi pengakuan Meghan Markle dan Pangeran Harry, soal pernyataan rasial mengenai Archie, saat bocah lelaki itu belum dilahirkan. 

Ratu Elizabeth II secara halus berkata bahwa mungkin ada pandangan berbeda terkait kejadian tersebut. 

"Isu yang diungkap, terutama mengenai ras, sangat mengkhawatirkan. Walau mungkin ada ingatan yang berbeda, hal ini ditanggapi dengan serius dan akan disampaikan dalam keluarga secara privat," tutur Sang Ratu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya