10 Manfaat Timun yang Mungkin Jarang Diketahui, Salah Satunya Penghilang Bau Mulut

Selain sebagai produk kecantikan, timun juga memiliki 10 manfaat lain yang mungkin jarang diketahui.

oleh Anissa Rizky Alfiyyah diperbarui 25 Agu 2022, 08:00 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi Timun
Ilustrasi timun (dok. Pixabay.com/stevepb/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Timun, buah yang selama ini identik dengan masker kecantikan penghilang mata panda ternyata memiliki segudang manfaat yang mungkin tak banyak diketahui.

Bukan hanya sebagai lalapan dan masker, ternyata timun juga dapat menyembuhkan sakit kepala, meringankan stress, menyembuhkan mabuk, serta bisa juga menghilangkan bau mulut.

Timun merupakan salah satu buah yang murah dan mudah didapatkan, bahkan jika Anda pergi ke restoran penyaji makanan berat. Potongan timun kerap disajikan sebagai hiasan.

Selain itu, timun juga konon bisa bermanfaat bagi tubuh manusia.

Apa sajakah fungsi timun untuk tubuh?

Berikut ini 10 manfaat timun yang mungkin belum Anda ketahui, seperti dikutip dari laman PA Eats, Rabu (24/8/2022):

1. Timun Sebagai "Pendingin"

TImun | via: destinationfemme.com

Istilah “cool as a Cucumber” ternyata bukan hanya sekadar istilah.

Timun memang memiliki kemampuan untuk mendinginkan suhu darah. Selain itu, ketika Anda mencoba mengoleskan timun ke kulit, Anda akan merasakan efek dinginnya.

Selain itu, timun akan membantu meredakan pembengkakan yang ada di kulit. Itulah sebabnya, timun sangat popular dan identik dengan perawatan dan kecantikan wajah.

2. Timun Dapat Menghilangkan Bau Mulut

ilustrai bau mulut saat puasa/pexels

Jika Anda sedang berkencan dan Anda lupa membawa permen mint atau bahkan permen karet untuk menyegarkan mulut, tidak usah khawatir, mintalah irisan mentimun.

Dengan menekankan potongan timun ke langit-langit mulut dan lidah selama 30 detik, bau mulut Anda bisa teratasi. Fotokimia yang ada di dalam mentimun akan membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.


3. Timun Sebagai Multivitamin

Manfaat Timun (Sumber: istockphoto)
Manfaat Timun (Sumber: istockphoto)

Seperti yang kita ketahui, multivitamin memiliki segudang manfaat salah satunya untuk mengatasi gangguan kesehatan yang kita alami.

Nah, mentimun mengandung Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, asam folat, Vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc. Siapa yang bisa mengelak bahwa timun merupakan salah satu super food?

4. Timun Dapat Menenangkan Stress

Ilustrasi Stress Ball (Gambar oleh Here and now, unfortunately, ends my journey on Pixabay dari Pixabay)

Dengan memotong seluruh timun dan memasukkannya ke dalam panci yang berisi air mendidih, bahan kimia dan nutrisi yang ada di dalam timun akan bereaksi dan dilepaskan dalam uap. Aroma yang dikeluarkan oleh uap tadi akan membantu menenangkan dan meredakan stress yang kita alami dengan cepat, mudah, dan murah.

5. Timun Bisa Membantu Membersihkan Cermin

Dalam waktu kurang dari 10 tahun akan ada cermin cerdas yang bisa melakukan pemeriksaan kesehatan

Jika Anda memiliki masalah dengan cermin kamar mandi yang mudah berembun dan beruap, Anda bisa menggosokkan irisan mentimun di sepanjang cermin, dan lihat perubahannya. Timun dapat menghilangkan kabut dan memberikan aroma yang menenangkan di kamar mandi Anda.


6. Timun Membantu Memenuhi Kebutuhan Air di dalam Tubuh

Jus Timun
Ilustrasi Jus Timun Credit: pexels.com/Alex

Jika Anda kesulitan meminum delapan gelas air per hari, atau tidak menyuka air mineral, cobalah untuk mengonsumsi timun untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Timun terdiri dari 95% air yang dapat menghilangkan dahaga dan memenuhi kebutuhan air yang kita butuhkan sehari-hari, jika kita mengonsumsinya sesuai dengan kebutuhan.

7. Timun Sebagai Penghapus Tulisan

Ilustrasi menulis, kalimat opini. (Foto oleh Ketut Subiyanto: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-kopi-cangkir-buku-catatan-4132326/)

Jika Anda menulis menggunakan pulpen dan tidak memiliki tipe-x, timun bisa menyelesaikannya. Anda dapat mengambil lapisan lilin di bagian terluat timun dan gunakan secara perlahan untuk menghapus tulisan Anda yang salah.

8. Timun Sebagai Pembersih Kamar Mandi

Membersihkan kamar mandi sebaiknya harus dilakukan minimal empat hari sekali, atau paling tidak seminggu sekali.

Jika Anda ingin membersihkan kamar mandi tanpa bahan kimia, Anda bisa mencoba timun sebagai bahan pembersih kamar mandi non-kimia. Potong timun lalu usapkan pada permukaan kamar mandi yang ingin Anda bersihkan.

Timun dapat menghilangkan noda dan residu yang menumpuk dan membuatnya berseih seperti yang bisa dilakukan oleh bahan kimia pembersih kamar mandi.


9. Timun Dapat Membantu Menghilangkan Sakit Kepala

Sakit Kepala
Ilustrasi sakit kepala/credit: pexels.com/andrea

Timun memiliki kandungan gula yang cukup, vitamin B, dan elektrolit yang dapat mengisi nutrisi penting di dalam tubuh yang hilang setelah aktivitas sehari-hari.

Timun juga dapat menjaga kandungan yang dibutuhkan tubuh tetap seimbang, dengan hanya memakan beberapa potong sebelum tidur. Cobalah dan Anda akan merasakan bangun tidur dengan kondisi yang lebih baik.

10. Timun Dapat Menjadi "Booster" Energi

Minuman berenergi (Foto: uhhospitals.org)

Jika Anda ingin melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak energi, tetapi tidak memiliki waktu tidur dan beristirahat terlebih dahulu, Anda bisa mencoba memakan timun. Jauhi minuman berenergi yang mengandung gula dan ganti dengan konsumsi timun atau meminum infused water.

Timun merupakan sumber vitamin B dan karbohidrat yang bagus yang dapat menjadi sumber energi bagi kita.

Melihat banyaknya fungsi timun di atas, kini Anda tidak perlu ragu untuk menambahkan timun sebagai salah satu menu wajib Anda di meja makan setiap hari. Selain mudah didapatkan, timun juga memiliki segudang manfaat yang menguntungkan. 

INFOGRAFIS: Deretan Vitamin yang Dianjurkan Saat Isolasi Mandiri (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Vitamin yang Dianjurkan Saat Isolasi Mandiri (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya