Vatikan: Mantan Paus Benediktus Akan Dimakamkan pada 5 Januari 2023

Paus Emeritus Benediktus XVI telah kembali ke Rumah Bapa.

oleh Hariz Barak diperbarui 01 Jan 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2023, 07:00 WIB
Paus Benediktus XVI Meninggal Dunia
Paus Benediktus XVI menyapa orang banyak dari balkon tengah Basilika Santo Petrus di Vatikan pada 19 April 2005, segera setelah pemilihannya. Dia memimpin Gereja Katolik Roma selama kurang dari delapan tahun hingga pada 2013 dirinya menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri sejak Gregorius XII pada 1415. (AP Photo/Andrew Medichini, File)

Liputan6.com, Jakarta Paus Benediktus XVI telah kembali ke Rumah Bapa.

Kantor Pers Tahta Suci mengumumkan bahwa Paus Emeritus meninggal pada pukul 9:34 pagi pada Sabtu pagi di kediamannya di Biara Mater Ecclesiae, yang telah dipilih Paus emeritus berusia 95 tahun sebagai kediamannya setelah mengundurkan diri dari pelayanan Petrine pada tahun 2013.

"Dengan kesedihan saya memberi tahu Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal hari ini pukul 9:34 pagi di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan. Informasi lebih lanjut akan diberikan sesegera mungkin. Pada Senin pagi, 2 Januari 2023, jenazah Paus Emeritus akan berada di Basilika Santo Petrus sehingga umat beriman dapat memberikan penghormatan."

Sudah selama beberapa hari, kondisi kesehatan Paus Emeritus telah memburuk karena bertambahnya usia, seperti yang dilaporkan Kantor Pers dalam pembaruannya tentang situasi yang berkembang, demikian seperti dikutip dari Vatican News, Sabtu (31/12/2022).

Paus Fransiskus sendiri secara terbuka membagikan berita tentang kesehatan pendahulunya yang memburuk pada akhir Audiensi Umum terakhir tahun ini, pada 28 Desember.

Paus telah mengundang orang-orang untuk berdoa bagi Paus Emeritus, yang "sangat sakit," sehingga Tuhan dapat menghiburnya dan mendukungnya "dalam kesaksian kasih bagi Gereja sampai akhir."

Setelah undangan ini, inisiatif doa bermunculan dan berlipat ganda di semua benua, bersama dengan curahan pesan solidaritas dan kedekatan dari para pemimpin sekuler.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rencana Pemakaman 5 Januari 2023

Paus Benediktus XVI Meninggal Dunia
Paus Benediktus XVI melambai selama audiensi umum terakhirnya di Lapangan Santo Petrus di Vatikan pada 27 Februari 2013. Mantan Paus Benediktus XVI telah meninggal dunia pada Sabtu (31/12/2022) di kediamannya di Vatikan, dalam usia 95 tahun, hampir satu dekade setelah ia mengundurkan diri karena sakit. (AP Photo/Gregorio Borgia, File)

Selama pengarahan di kantor Pers Tahta Suci pada tengah hari, direktur, Matteo Bruni, mengatakan kepada wartawan bahwa Paus Fransiskus akan memimpin pemakaman Paus Emeritus pada 5 Januari pukul 9.30 CET di Lapangan Santo Petrus.

Dia menambahkan bahwa mulai Senin, jenazah Benediktus XVI akan terbaring dalam keadaan di Basilika sehingga umat beriman yang ingin melakukannya dapat memberikan penghormatan terakhir mereka dengan doa dan perpisahan terakhir.

Bruni juga mengatakan Paus Emeritus pada Rabu, 28 sore, menerima Sakramen Pengurapan Orang Sakit di biara pada akhir Misa Kudus.

Dan berbicara kepada wartawan setelah pengarahan dia mengatakan Benediktus secara khusus meminta agar semuanya - termasuk pemakaman - ditandai dengan kesederhanaan, sama seperti dia menjalani hidupnya.

 


Meninggal pada Usia 95 Tahun

Paus Benediktus XVI Meninggal Dunia
Paus Benediktus XVI menyapa jemaat selama audiensi di Vatikan pada 30 Juni 2007. Lahir Joseph Ratzinger di Jerman, Benediktus berusia 78 tahun ketika pada tahun 2005 ia menjadi salah satu paus tertua yang pernah terpilih. (AP Photo/Andrew Medichini, File)

Mantan Paus Benediktus XVI telah meninggal dunia di kediamannya di Vatikan, dalam usia 95 tahun, hampir satu dekade setelah ia mengundurkan diri karena sakit.

Dilansir BBC, Sabtu (31/12/2022), ia memimpin Gereja Katolik selama kurang dari delapan tahun hingga, pada 2013, ia menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri sejak Gregorius XII pada 1415.

Benediktus menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di biara Mater Ecclesiae di dalam tembok Vatikan.Penggantinya, Paus Fransiskus, mengatakan dia sering mengunjunginya di sana.

Vatikan mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Dengan kesedihan saya memberi tahu Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 9:34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan.

"Informasi lebih lanjut akan diberikan sesegera mungkin."Meskipun mantan paus itu telah sakit selama beberapa waktu, Tahta Suci mengatakan kondisinya semakin memburuk karena usia lanjut.

Pada hari Rabu, Paus Fransiskus mengimbau audiensi terakhirnya tahun ini di Vatikan untuk "melakukan doa khusus bagi Paus Emeritus Benediktus", yang katanya sakit parah.

Lahir Joseph Ratzinger di Jerman, Benediktus berusia 78 tahun ketika pada tahun 2005 ia menjadi salah satu paus tertua yang pernah terpilih.

Untuk sebagian besar kepausannya, Gereja Katolik menghadapi tuduhan, tuntutan hukum, dan laporan resmi tentang pelecehan anak oleh para pendeta selama beberapa dekade.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya