Gelombang Serangan Rudal Rusia Hantam Kiev Ukraina pada Malam Tahun Baru

Gelombang rudal Rusia telah menghantam kota-kota di seluruh Ukraina, kata para pejabat.

oleh Hariz Barak diperbarui 01 Jan 2023, 12:01 WIB
Diterbitkan 01 Jan 2023, 12:01 WIB
Perang Ukraina Rusia
Petugas pemadam kebakaran bekerja setelah sebuah pesawat tak berawak menghantam gedung-gedung di Kyiv, Ukraina, Senin (17/10/2022). Pesawat tak berawak menghantam sejumlah gedung ibu kota Ukraina pada Senin pagi ledakan tesebut menggema di seluruh Kyiv dan menimbulkan kepanikan sehingga orang-orang berlarian ke lokasi yang aman. (AP Photo/Roman Hrytsyna)

Liputan6.com, Jakarta - Gelombang rudal Rusia telah menghantam kota-kota di seluruh Ukraina, kata para pejabat.

Wali Kota Kyiv Vitaly Klitschko mengatakan telah terjadi beberapa ledakan di ibu kota, menyebabkan setidaknya satu kematian. Sebuah hotel juga mengalami kerusakan.

Serangan itu terjadi dua hari setelah Rusia melakukan salah satu serangan udara terbesar sejak dimulainya perang, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (1/1/2023).

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah memperingatkan Rusia dapat melancarkan lebih banyak serangan untuk membuat Ukraina "merayakan Tahun Baru dalam kegelapan".

Rusia telah menargetkan sektor energi Ukraina dalam beberapa bulan terakhir, menghancurkan pembangkit listrik dan menjerumuskan jutaan orang ke dalam kegelapan selama musim dingin yang membekukan di negara itu.

Beberapa pejabat senior Ukraina telah menyinggung pemogokan dalam posting media sosial, mengatakan bahwa Rusia tidak akan berhasil merusak perayaan mereka.

"Para penjajah telah memutuskan untuk mencoba merusak hari bagi kami," kata Gubernur Mykolaiv Vitaly Kim di Facebook.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pertahanan Udara Ukraina Tembak Jatuh Rudal Rusia

Sukacita Natal dari Berbagai Negara di Dunia
Sekelompok seniman tampil untuk tentara Garda Nasional Ukraina saat memperingati Natal dekat perbatasan Rusia di Kharkiv, Ukraina, 24 Desember 2022. (AP Photo/Andrii Marienko)

Kepala angkatan bersenjata Ukraina, Valerii Zaluzhny, mengatakan pertahanan udara telah menembak jatuh 12 dari 20 rudal jelajah Rusia.

Di Kyiv, orang-orang bergegas ke tempat penampungan saat sirene serangan udara berbunyi.

Pekerja darurat dikirim ke beberapa distrik yang dilanda ledakan.

Sekitar 20 orang terluka di Kyiv, termasuk seorang jurnalis Jepang, kata Klitschko.

Wakil kepala staf kepresidenan Kyrylo Tymoshenko mengatakan di Telegram bahwa sebuah hotel telah rusak.

Pertahanan udara telah diaktifkan di wilayah di seluruh negeri.

Di kota barat Khmelnytskyi, serangan drone melukai dua orang, tambah Tymoshenko.

 


Rusia Coba Kumpulkan Kekuatan Baru untuk Serang Ukraina

Perang Ukraina Rusia
Petugas pemadam kebakaran bekerja setelah sebuah serangan pesawat tak berawak di gedung-gedung di Kyiv, Ukraina, Senin (17/10/2022). Pesawat tak berawak menghantam sejumlah gedung ibu kota Ukraina pada Senin pagi ledakan tesebut menggema di seluruh Kyiv dan menimbulkan kepanikan sehingga orang-orang berlarian ke lokasi yang aman. (AP Photo/Roman Hrytsyna)

Serangan itu terjadi ketika Presiden Rusia Vladimir Putin mencoba mengumpulkan orang-orang di belakang pasukan Rusia yang bertempur di Ukraina, dengan mengatakan masa depan negara itu dipertaruhkan.

Dalam pidato Tahun Baru yang agresif dikelilingi oleh orang-orang berseragam militer, Putin mengatakan: "Kami selalu tahu, dan hari ini dikonfirmasi kepada kami lagi, bahwa masa depan yang berdaulat, merdeka, dan aman bagi Rusia hanya bergantung pada kami, pada kekuatan dan kemauan kami."

Dia mempresentasikan invasi wilayah kedaulatan Ukraina sebagai "membela rakyat kami dan tanah bersejarah kami".

Tetapi Presiden Zelensky menanggapi dengan pesannya sendiri kepada orang Rusia dalam bahasa Rusia.

"Pemimpin Anda ingin menunjukkan kepada Anda bahwa dia memimpin dari depan, dan militernya ada di belakangnya," katanya.

"Tapi nyatanya dia bersembunyi ... Dia bersembunyi di belakangmu, dan dia membakar negaramu dan masa depanmu. Tidak ada yang akan memaafkanmu atas teror."

Pemerintah Ukraina telah memohon kepada para pemimpin Barat untuk memberinya pertahanan udara tambahan, dan Presiden AS Joe Biden baru-baru ini setuju untuk memasok sistem Patriot-nya.

Kremlin menolak saran Ukraina bahwa pembicaraan damai dapat dimulai pada 2023.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya