Tak Hanya Nong Poy dari Thailand, Ini 9 Perempuan Transgender Cantik dan Populer di Asia

Nong Poy dari Thailand sedang hangat diperbincangkan karena pengumuman pernikahannya. Selain dia, masih ada perempuan transgender lainnya yang tersebar di seluruh Asia yang tak kalah tenar.

oleh Alycia Catelyn diperbarui 07 Feb 2023, 21:03 WIB
Diterbitkan 07 Feb 2023, 21:03 WIB
Nong Poy. (Instagram/poydtreechada)
Nong Poy. (Instagram/poydtreechada)

Liputan6.com, Jakarta - Treechada Petcharat alias Nong Poy, kerap dijuluki sebagai perempuan transgender tercantik, khususnya di Thailand.

Nong Poy pun menjadi pembicaraan warganet setelah ia dilamar oleh kekasihnya yang juga seorang anak konglomerat sekaligus pebisnis Thailand bernama Oak Pakhwa Hongyok.

Lewat Instagram pribadinya pada 2 Februari 2023, Nong Poy memamerkan fotonya dengan kekasihnya sembari memperlihatkan cincin berlian yang sudah disematkan di jari manisnya.

Nong Poy kini menjalani karier sebagai seorang aktris dan model.

Pada 2004, Nong Poy memenangkan Miss Tiffany's Universe dan Miss International Queen, keduanya adalah kontes kecantikan untuk transgender. Alhasil, ia menjadi terkenal dan meluncurkan karier hiburannya.

Thailand memang terkenal sebagai salah satu negara yang terbuka untuk menerima keberadaan perempuan transgender atau juga disebut ladyboy.  

Namun, tidak hanya di Thailand, ternyata beberapa negara Asia lainnya juga memiliki sosok perempuan transgender tersohor.

Berikut ini sembilan perempuan transgender cantik dan populer di berbagai negara Asia, sebagaimana dilansir dari Be Asia, Selasa (7/2/2023):

1. Ayana Tsubaki, Jepang

Ayana Tsubaki adalah seorang selebritas TV dan model fesyen yang populer di Jepang.

Setelah melakukan operasi penggantian kelaminnya di Thailand pada 2006, ia kembali ke Jepang dan memulai kariernya sebagai model untuk beberapa majalah mode Jepang, termasuk Koakuma Ageha.

Ayana juga beberapa kali telah muncul dan tampil di berbagai program TV Jepang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Harisu, Korea Selatan

Harisu, perempuan transgender asal Korea Selatan. (dok. Koreaboo)
Harisu, perempuan transgender asal Korea Selatan. (dok. Koreaboo)

Harisu adalah salah satu tokoh di dunia entertainment transgender terkenal di Asia, terutama di Korea Selatan.

Setelah melakukan operasi penggantian kelaminnya di Jepang, Harisu menandatangani kontrak dengan perusahaan manajemen TTM Entertainment yang membantunya memulai karier hiburannya sebagai penyanyi, model, dan aktris.

Melansir dari IBT, Harisu juga sudah pernah menikah dengan seorang rapper bernama Micky Jung. Namun, setelah 10 tahun menikah, mereka bercerai pada 2017.

3. Kevin Balot, Filipina

Kevin Balot berasal dari Filipina dan pernah dinobatkan sebagai Miss International Queen pada 2012.

Kevin kini menjadi model dan tokoh TV yang populer di Filipina. Ia juga pernah menjadi duta dari merek sampo terkenal, Pantene. 

Ketika ditanya bagaimana perasaannya mewakili merek global, Kevin mengatakan bahwa ia merasa terhormat bahwa perempuan seperti dirinya akhirnya diakui, terutama oleh merek besar seperti Pantene.

"Saya mewakili seluruh komunitas transgender, jadi saya merasa sangat, sangat diberkati," ucapnya, dikutip dari Preview.


4. Chen Lili, China

Chen Lili, transgender yang sering memenangkan kontes kecantikan.
Chen Lili, transgender yang sering memenangkan kontes kecantikan.

Seorang penyanyi, model dan aktris, Chen Lili menjadi dikenal luas pada 2004 setelah ia mencoba untuk berkompetisi dalam kontes kecantikan Miss Universe China, tetapi sayangnya ditolak.

Meski dilarang mengikuti kompetisi, Chen akhirnya mencoba untuk berkompetisi di kontes Miss Artificial Beauty pertama di China dan memenangkan posisi runner-up kedua.

5. Kayo Satoh, Jepang

Kayo Satoh menjadi salah satu model dan tokoh TV paling populer di Jepang.

Awalnya, pada 2008, Kayo memulai pekerjaan sebagai model dan menjadi model eksklusif untuk majalah mode Jepang, Spy Girl.

Kemudian, pada Agustus 2010, Kayo mengumumkan di sebuah program TV Jepang bahwa ia awalnya lahir sebagai laki-laki. Hal tersebut memicu kontroversi nasional.

Meski mendapatkan beberapa kritik dan diskriminasi, pengungkapan jujur oleh Kayo itu membuat dirinya mendapatkan penerimaan sekaligus ketenaran setelahnya.

6. Lee Si-yeon, Korea Selatan

Lee Si-yeon pernah dikenal luas sebagai model pria bernama Lee Dae-hak. Dengan penampilannya yang feminin dan sosoknya yang ramping, Si-yeon menjadi model pria pertama di Korea Selatan yang menjadi model untuk merek pakaian perempuan terkenal.

Setelah mengalami berbagai tekanan dalam bisnis pertunjukan, Si-yeon memutuskan untuk menjadi seorang perempuan pada 2007. Namanya juga semakin dikenal berkat penampilannya dalam serial film komedi Korea Selatan yang populer, "Sex Is Zero".


7. Sirapassorn Atthayakorn, Thailand

Sirapassorn Atthayakorn
Sirapassorn Atthayakorn, perempuan transgender yang dinobatkan sebagai Miss International 2011.

Sirapassorn Atthayakorn adalah perempuan transgender dari Thailand dan pernah dinobatkan sebagai Miss International Queen pada 2011.

Sirapassorn kini memfokuskan kariernya sebagai model dan tokoh TV, namanya pun cukup populer di Thailand.

8. Liu Shi Han, China

Liu Shi Han terkenal sebagai model untuk berbagai majalah dan situs web.

Setelah Liu mengumumkan pada Desember 2010 di blog miliknya bahwa ia telah menjalani operasi transeksual, terjadi kontroversi nasional di China.

Liu sekarang telah diterima secara luas dan ia dianggap sebagai model transgender teratas di China.

9. Alicia Liu, Taiwan

Alicia Liu adalah salah satu bintang populer di industri mode dan hiburan Taiwan.

Alicia mengungkap secara publik bahwa dirinya melakukan operasi penggantian kelaminnya di usia yang cukup muda yakni pada usia 18 tahun, dilansir dari Taipei Times.

Pada bulan Oktober 2006, Alicia berpartisipasi dalam kontes mode yang memulai karier hiburannya.

Pada September 2008, Alicia kemudian menjadi model profesional. Ia juga dapat dilihat di berbagai program TV Taiwan, termasuk "Guess Guess Guess", "100% Entertainment", dan "Kang Xi Lai Le".

Infografis Heboh Kabar China Klaim Natuna hingga Tuntut Setop Pengeboran Migas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Heboh Kabar China Klaim Natuna hingga Tuntut Setop Pengeboran Migas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya