Sepertiga Satwa Liar AS Terancam Punah, Termasuk Siput dan Amfibi

Sebuah laporan baru yang di terbitkan NatureServer.org, memberikan gambaran suram tentang masa depan satwa liar dan tumbuhan di AS

oleh Linda Sapira diperbarui 26 Feb 2023, 09:01 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2023, 09:01 WIB
Serigala merupakan salah satu contoh hewan predator.
Serigala merupakan salah satu contoh hewan predator. Unsplash.com/Michael LaRosa

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah laporan baru yang di terbitkan NatureServer.org, memberikan gambaran suram tentang masa depan satwa liar di AS. Dalam laporan itu dinyatakan sekitar 40% spesies hewan dan 34% spesies tumbuhan berisiko punah di negara tersebut, dan hingga 41% ekosistem AS berisiko terancam punah, artinya bisa hilang selamanya. 

NatureServe, sebuah kelompok konservasi yang berfokus pada keanekaragaman hayati di Amerika Utara, merilis laporan tersebut pada 6 Februari lalu. Laporan tersebut memeringkat semua spesies AS dalam risiko kemusnahan. 

Melansir dari livescience.com, Minggu (26/2/20023), kategori yang diperingkat adalah secure, apparently secure, vulnerable, imperiled, critically imperiled and possibly extinct (status aman, tampaknya aman, rentan, terancam, terancam kritis, dan mungkin punah). Setiap spesies dalam empat kelompok terakhir dianggap "berisiko punah".

Pemeringkatan didasarkan pada lebih dari 50 tahun data yang dikumpulkan oleh NatureServe, yang menggunakan jaringan lebih dari 1.000 ilmuwan. 

"Data yang dilaporkan oleh NatureServe suram," kata politikus AS Don Beyer, D-Va. kepada Reuters. "Ini adalah tanda mengerikan dari masalah yang sangat nyata yang dihadapi satwa liar dan ekosistem kita". 

Presiden NatureServe Sean O'Brien mengatakan kesimpulan laporan itu "mengerikan", tetapi dia berharap itu akan membantu anggota parlemen memahami urgensi untuk mengeluarkan perlindungan baru, lapor Reuters.

Hewan yang paling berisiko punah adalah siput, dengan 75% siput air tawar, dan 74% siput darat, diikuti kerang air tawar 65% berisiko mengalami kepunahan, udang karang 55% berisiko, udang 48% berisiko, dan lebah 37% berisiko.

Spesies air tawar tampaknya sangat rentan karena peningkatan polusi saluran air dan aktivitas bendungan, tulis penulis laporan tersebut.


Amfibi Adalah Hewan yang Paling Banyak Mengalami Kepunahan

FOTO: Ajolote, Amfibi Asal Meksiko yang Terancam Punah
Seseorang menunjukkan hewan sejenis amfibi Ajolote (Ambystoma mexicanum) di pusat konservasi saat Ajolote Preservation Event di mana tindakan pelestarian spesies endemik yang terancam punah ini dibahas di Xochimilco, Mexico City, Meksiko, 16 Februari 2022. (CLAUDIO CRUZ/AFP)

Di antara kelompok hewan utama yang mengalami kepunahan hebat adalah amfibi yang paling banyak dengan 42% berisiko, diikuti oleh ikan 35% berisiko, reptil 22% berisiko, mamalia 18% berisiko, dan burung 12% berisiko.

Beberapa spesies hewan paling terkenal yang terdaftar sebagai hewan dilindungi termasuk serigala merah (canis rufus), musang berkaki hitam yang baru saja dikloning (mustel nigripes), katak gopher Mississippi (lithobates sevosus), Devils Hole pupfish (cyprinodon diabolis), Kemp's Ridley sea turtle (lepidochelys kempii), North Atlantic right whale (eubalaena glacialis) dan Rice's whale (balaenoptera ricei), yang baru ditemukan pada tahun 2021.

Sedangkan di antara tanaman, ada kaktus kelompok tumbuhan yang paling terancam, dengan 48% berisiko, diikuti oleh anggrek 27% berisiko, pohon 20% berisiko, dan rerumputan 19% berisiko. 

Beberapa tanaman berisiko yang terkenal termasuk penangkap lalat Venus (dionaea muscipula), yang terancam punah, dan ek daun maple (quercus acerifolia), yang terancam kritis. Para ilmuwan menulis bahwa tumbuhan akan sangat rentan di masa depan karena mereka tidak menerima tingkat pendanaan konservasi yang sama seperti hewan.

Selain itu dibagian ekosistem ada hutan tropis, padang rumput tropis, dan tebing tropis, dengan 100% dari setiap kategori berisiko mengalami kepunahan yang luas, diikuti oleh sabana tropis 88% berisiko, padang rumput sedang, dan hutan sedang 40% berisiko).

Konsentrasi spesies dan ekosistem berisiko tertinggi terletak di California dan Texas, serta bagian Tenggara. 

Degradasi habitat, konversi lahan, polusi, perubahan iklim, dan spesies invasif adalah ancaman utama bagi satwa liar AS.

Laporan tersebut akan membantu para konservasionis melindungi satwa liar AS dengan memusatkan perhatian pada tempat yang paling membutuhkan bantuan, tulis para peneliti.

"Jika kita ingin mempertahankan keanekaragaman hayati yang kita nikmati saat ini, kita perlu menargetkan tempat-tempat di mana keanekaragaman hayati paling terancam," kata O'Brien. "Laporan ini memungkinkan kita melakukan hal itu" ucapnya kembali. 

 

 


Selain AS, Australia Juga Terancam Mengalami Kepunahan Hewan

Presiden Jokowi melihat perlintasan gajah di KM 12 ruas Tol Pekanbaru-Dumai
Presiden Jokowi melihat perlintasan gajah di KM 12 ruas Tol Pekanbaru-Dumai, Kamis (5/1/2023). Jokowi menekankan pentingnya memperhatikan lingkungan dan satwa liar dalam proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Selain di Amerika Serikat, ternyata di Australia juga banyak spesies hewan Australia terancam punah akibat perubahan iklim.

Pemerintah Australia berjanji untuk menghentikan kepunahan tumbuhan dan hewan pada Selasa (4 Oktober) saat memasukkan ular abu-abu dan walabi kecil di antara 15 spesies baru yang terancam.

Pemerintah Perdana Menteri Anthony Albanese mengumumkan skema 10 tahun baru untuk mencoba menghentikan kepunahan 110 "spesies prioritas" dan untuk melindungi 20 "tempat prioritas" dari degradasi lebih lanjut.

Ini menetapkan tujuan untuk mencegah kepunahan baru tumbuhan dan hewan sambil melestarikan setidaknya 30 persen dari daratan Australia.

Kelompok satwa liar menyalahkan catatan buruk Australia dalam melindungi spesies uniknya sebagian besar pada perusakan habitat, dipercepat oleh pemanasan global dan cuaca ekstrem yang dihasilkan.

Kebakaran Musim Panas Hitam membakar 5,8 juta hektar di Australia timur dan membunuh atau menelantarkan sekitar 1 miliar hingga 3 miliar hewan.

“Kebakaran semak Musim Panas Hitam khususnya telah melihat hasil yang menghancurkan bagi banyak spesies. Kami bertekad untuk memberi satwa liar kesempatan yang lebih baik,” kata Menteri Lingkungan Tanya Plibersek.

 


Flora Fauna Terancam Punah

Hutan Lindung di Indonesia
Ilustrasi Hutan / Sumber: Pixabay

Upaya Australia untuk melindungi satwa liar sejauh ini tidak berhasil, tambah menteri.

"Australia adalah ibu kota kepunahan mamalia dunia," katanya.

Di antara 15 tanaman dan hewan yang terdaftar sebagai terancam adalah ular abu-abu berbisa ringan yang terancam punah di Queensland, walabi parma kecil yang rentan - terancam oleh kebakaran hutan dan predator - dan belalang korek api kecil tanpa sayap yang terancam punah, yang sensitif terhadap kekeringan dan seringnya kebakaran hutan.

Oleh karena itu pemerintah sana melakukan upaya pencegahan. Kelompok satwa liar menyambut baik tujuan pemerintah untuk mencegah kepunahan tumbuhan atau hewan baru.

Tujuannya "ambisius tetapi penting jika generasi masa depan orang Australia ingin melihat hewan seperti koala, posum kerdil gunung, glider yang lebih besar, dan kakatua geng geng," kata manajer program alam Yayasan Konservasi Australia Basha Stasak.

"Menghentikan perusakan habitat satwa liar adalah kunci untuk mencapai tujuan ini."

Stasak meminta pemerintah untuk memperkuat undang-undang lingkungan nasional, dengan mengatakan telah gagal melindungi hewan, tumbuhan, dan ekosistem.

Baca selengkapnya disini...

Infografis Pohon-Pohon Endemik Indonesia yang Terancam Punah
Daftar sejumlah pohon endemik Indonesia yang terancam punah. (dok. Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya