Mobil Land Rover Tabrak SD di Inggris, 2 Bocah 8 Tahun Tewas

Polisi Inggris mengatakan, tabrakan di SD yang terletak di Wimbledon terjadi saat anak-anak mengadakan pesta akhir tahun di luar ruangan di lingkungan sekolah, tidak terkait dengan teror.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 10 Jul 2023, 14:55 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2023, 14:14 WIB
Ilustrasi Garis Polisi (AFP)
Ilustrasi Garis Polisi (AFP)

Liputan6.com, Wimbledon - Sebuah SUV menabrak sekolah dasar (SD) di area Wimbledon London, Inggris pada Kamis 6 Juli 2023 lalu. Dua orang dilaporkan meninggal dunia dalam insiden tersebut.

"Anak perempuan kedua berusia 8 tahun tewas setelah sebuah SUV menabrak sebuah sekolah dasar di area Wimbledon London," kata polisi Inggris Minggu 9 Juli 2023 mengutip Associated Press.

Kepolisian Metropolitan mengatakan murid SD bernama Nuria Sajjad meninggal di rumah sakit London pada hari Minggu, tiga hari setelah kecelakaan itu.

Keluarga Sajjad mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “Nuria adalah cahaya hidup kami. Dia mewujudkan kegembiraan, kebaikan, dan kemurahan hati dan dia dicintai oleh semua orang di sekitarnya.”

Seorang anak berusia 8 tahun lainnya, Selena Lau, meninggal pada hari Kamis setelah Land Rover menabrak pagar dan menabrak sebuah gedung di Study Preparatory School, sebuah sekolah swasta untuk anak perempuan di pinggiran kota yang tenang.

Kecelakaan itu terjadi sekitar satu mil (1,6 kilometer) dari All England Lawn Tennis dan Croquet Club, yang menjadi tuan rumah turnamen tenis Wimbledon yang terkenal di dunia.

Polisi mengatakan, tabrakan yang terjadi saat anak-anak mengadakan pesta akhir tahun di luar ruangan di lingkungan sekolah, tidak terkait dengan teror.

Pengemudi berusia 46 tahun itu ditangkap karena dicurigai menyebabkan kematian dengan cara mengemudi yang berbahaya. Ia kemudian dibebaskan dengan jaminan sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut.

Beberapa orang lainnya dibawa ke rumah sakit setelah kecelakaan itu, termasuk seorang wanita berusia 40-an yang masih dalam kondisi serius.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mobil Dikendarai Wanita

Ilustrasi Garis Polisi (Freepik/Kjpargeter)
Ilustrasi Garis Polisi (Freepik/Kjpargeter)

Polisi Metropolitan mengatakStudy Preparatory School, sebuah sekolah swasta untuk anak perempuan di pinggiran kota yang tenang.

Brigade Pemadam Kebakaran London datang ke tempat kejadian, bersama dengan 15 ambulans dan ambulans udara.

Mengutip The Independent, Land Rover itu diketahui dikemudikan oleh seorang wanita, menabrak pagar dan menabrak sekelompok anak yang diketahui sedang duduk di rumput menikmati pesta di taman.

Polisi mengatakan pengemudi kendaraan berhenti di tempat kejadian tetapi tidak mengkonfirmasi lebih lanjut tentang kemungkinan penyebab kecelakaan itu.

 


Bukan Teror

Ilustrasi Garis Polisi atau Police Line. (Merdeka.com/Rahmat Baihaqi)
Ilustrasi Garis Polisi atau Police Line. (Merdeka.com/Rahmat Baihaqi)

Polisi tidak memperlakukan insiden itu sebagai terkait teror.

Kepala detektif inspektur Clair Kelland, komandan polisi setempat untuk London barat daya, mengatakan: "Ini adalah berita tragis dan perhatian kami tertuju pada keluarga dan teman gadis itu, dan semua orang yang terpengaruh hari ini.

"Kami tetap di tempat kejadian dan melanjutkan penyelidikan kami ke dalam keadaan penuh dari insiden tersebut."

Dalam pembaruan pada 7 Juli, Kelland mengatakan sulit membayangkan rasa sakit dan kesal yang dialami keluarga dari mereka yang terlibat, tetapi petugas mendukung mereka saat penyelidikan berlanjut.

Dia berkata: "Saya tahu dampak dari insiden tragis ini juga dirasakan di masyarakat luas dan kami bekerja dengan mitra kami untuk memastikan dukungan yang tepat tersedia. Saya mengerti banyak orang akan menginginkan jawaban tentang bagaimana ini terjadi dan ada tim detektif yang bekerja untuk memastikan keadaannya."

Penjagaan polisi yang besar ditempatkan di tempat yang membentang ke Wimbledon Common, di mana petugas memindahkan pejalan kaki anjing dan orang yang lewat dari tempat kejadian. Ambulans udara berada di tepi Common sementara sejumlah ambulans diparkir di dekatnya beberapa jam setelah kecelakaan itu.


Kata Politikus Inggris Tentang Kecelakaan Tersebut

Ilustrasi Garis Polisi (Freepik/Kjpargeter)
Ilustrasi Garis Polisi menggambar kecelakaan di sekolah dasar Inggris. (Freepik/Kjpargeter)

Juru bicara resmi perdana menteri Inggris mengatakan Rishi Sunak berterima kasih kepada layanan darurat atas tanggapan cepat mereka.

Juru bicara itu mengatakan: "Belasungkawa terdalam perdana menteri bersama keluarga gadis yang secara tragis kehilangan nyawanya. Pikirannya bersama semua yang terluka dan terlibat dalam tabrakan mengerikan di Wimbledon...."

"Ini akan menjadi pengalaman yang menakutkan bagi semua anak, staf, dan orang tua."

Anggota parlemen Wimbledon Stephen Hammond mengatakan dia "sangat prihatin" mendengar tentang "insiden besar" itu, menambahkan: "Pikiran dan doa saya untuk semua orang di The Study."

Wali Kota London Sadiq Khan menggambarkan insiden itu sebagai "menghancurkan" dan berkata: "Hati saya tertuju pada semua orang yang terkena dampak."

Pejabat home secretary Suella Braverman mengatakan dia "sedih mendengar tentang insiden tragis di sekolah di Wimbledon pagi ini", menambahkan dalam twit: "Pikiran saya untuk semua orang yang terpengaruh. Saya ingin berterima kasih kepada petugas tanggap darurat di tempat kejadian. Penting bagi mereka sekarang untuk dapat melakukan penyelidikan.”

Sementara itu, pejabat shadow home secretary Yvette Cooper mengatakan di Twitter: "Memikirkan semua keluarga, murid dan staf yang terkena dampak insiden mengerikan di sebuah sekolah dasar di Wimbledon pagi ini. Terima kasih kepada layanan darurat di lokasi atas tanggapan cepat mereka."

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya