Pasangan Lansia Ditangkap, Ditemukan Bangkai 11 Hamster di Koper Hingga 20 Anjing Ditelantarkan

Pasangan yang berusia 70-an itu dituduh menumpuk 51 bangkai hamster dan kelinci, dan menelantarkan 30 anjing hingga sekarat.

oleh Najma Ramadhanya diperbarui 12 Apr 2024, 08:15 WIB
Diterbitkan 12 Apr 2024, 08:15 WIB
Animal Abuse Suspects
Animal Abuse Suspects (Dok: Henderson Police Department)

Liputan6.com, Las Vegas - Pasangan berusia 70-an di Las Vegas ditangkap pada Jumat 29 Maret lalu atas dugaan menyimpan dan menelantarkan ratusan hewan peliharaan.

Seperti dikutip dari The Daily Beast, Jumat (12/4/2024), polisi mengungkapkan bahwa mereka menemukan 30 anjing, 10 di antaranya sudah mati, yang ternyata ditelantarkan di dalam sebuah kamar hotel yang mereka sewa. 

Penangkapan Carolyn Luke, 72 tahun, dan Timothy Miller, 79 tahun, menjadi ramai pada hari Selasa setelah beberapa lembaga membagikan detail mengerikan tentang penemuan mereka di beberapa area di lembah Las Vegas.

Polisi di Boulder City, Nevada, mengatakan mereka menahan pasangan itu setelah melakukan pemeriksaan lalu lintas terhadap mobil mereka. Pasangan tersebut berhenti dan membuka jendela, petugas yang memberhentikan mengatakan mencium bau busuk dari hewan yang sudah mati dari luar kendaraan, menurut polisi dalam sebuah rilis berita.

"Sejak awal, petugas kami tahu bahwa ada sesuatu yang salah," kata Letnan Thomas Healing dalam sebuah pernyataan. Pasangan tersebut akhirnya ditahan dan otoritas pengendalian hewan dipanggil.

Ternyata, di dalam kendaraan mereka terdapat 51 guinea pigs (hamster) dan kelinci, berdasarkan informasi dari polisi hewan-hewan tersebut dimasukkan ke dalam wadah plastik dan juga koper. 

11 hamster sudah mati, dan empat lainnya mati pada hari Selasa (2/4), lapor polisi.

Setelah penemuan tersebut, penyelidikan di properti mereka akhirnya dilakukan. 15 anjing di Spring Valley, dan di dalam kamar hotel di Summerlin, di mana puluhan anjing ditemukan dalam kondisi kurang gizi atau sudah mati, kata polisi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bermula dari Kelompok Penyelamatan Hewan

Nenek wariskan harta ke anjing dan kucing
Ilustrasi hewan peliharaan (Sumber: Ilustrasi: Pexels/Cotton Bro)

Orang-orang yang mengenal pasangan tersebut telah mengecam mereka atas tuduhan penelantaran hewan, termasuk Megan Callahan, yang menyatakan bahwa ia berkenalan dengan Luke melalui sebuah kelompok penyelamatan hewan.

"Ia membutuhkan bantuan," kata Callahan kepada KTNV. "Ada sesuatu yang salah dengan dirinya. Saya hanya berharap semua orang bisa melihat siapa orang ini dan tidak ada yang pernah menjual hewan-hewannya lagi."

Yurisdiksi yang berbeda tempat hewan-hewan tersebut ditemukan telah mempersulit penyelamatan dan penuntutan pasangan tersebut. 

Namun, dokumen dakwaan yang diperoleh oleh WFXR mengungkap bahwa polisi Boulder City telah menuduh mereka masing-masing dengan menempatkan "hewan dalam kondisi buruk" dengan "sukarela". 

Polisi Boulder City menulis dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menuduh pasangan tersebut dengan 11 tuduhan masing-masing dari "penyiksaan, melukai, menelantarkan, tidak memberi makan hewan" yang semuanya merupakan pelanggaran ringan karena ini adalah pelanggaran pertama mereka.


Biaya yang Mahal

Dokter hewan punya Kecerdasan Naturalis yang tinggi
Ilustrasi hewan. (Foto: Pexels.com/ International Fund for Animal Welfare)

Sumber-sumber lain mengatakan kepada WFKXR bahwa pasangan tersebut mungkin menjadi subjek penyelidikan kasus kekerasan hewan lain yang sedang diselidiki oleh Departemen Polisi Metro Las Vegas.

Seorang ahli yang berbicara dengan polisi Boulder City mengatakan bahwa biaya dokter hewan untuk merawat semua hewan yang terkena dampak akan mencapai ribuan dolar.

Polisi kemudian juga menambahkan bahwa jumlah tepat hewan yang disita tidak diketahui untuk sementara waktu, karena beberapa hewan peliharaan yang selamat sedang hamil.


Kasus Lain di Las Vegas

Hewan peliharaan
Ilustrasi Hewan Peliharaan. (Arun SANKAR/AFP)

Kasus kekerasan pada hewan peliharaan yang berakibat fatal di Las Vegas juga pernah terjadi pada 9 September 2023.

Seperti dilansir dari news2lv.com, Jumat (5/4/2024), seorang wanita dihadapkan pada tuduhan kekerasan hewan setelah polisi mengatakan bahwa seorang petugas menyelamatkan anjing yang terbakar matahari dan mengalami dehidrasi yang ditemukan sendirian di balkon apartemen.

Seorang tetangga menelepon polisi tepat sebelum pukul 17.50 waktu setempat, mengatakan bahwa anjing itu terlihat terbakar dan bertindak seolah-olah mencoba melompat dari balkon, Las Vegas Metropolitan Police menulis dalam laporan penagkapan.

Anjing tersebut tidak memiliki air dan dibiarkan di bawah sinar matahari langsung, melaporkan tetangga itu, dan tidak ada jawaban di pintu depan apartemen.

Dua petugas merespons dan mencatat bahwa suhu di luar pada saat panggilan itu adalah 101 derajat. Polisi melihat bahwa anjing pitbull besar itu berwarna merah dari kepala hingga ujung ekornya, banyak mengeluarkan air liur, matanya memerah, dan bergoyang-goyang dari sisi ke sisi, menurut laporan tersebut.

Tammy Shumate ditangkap atas dugaan penyiksaan anjing dengan sengaja. Catatan pengadilan menunjukkan bahwa pengadilan berikutnya dijadwalkan pada 18 September 2023.

Ada Cara Seru Kenalkan Beragam Hewan Kepada Anak-Anak, Seperti Apa Itu?
Infografis Kinderjoy
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya