Gitar John Lennon Terjual Rp47 Miliar dan Pecahkan Rekor Lelang The Beatles, Ini Keistimewaannya

Gitar Hootenanny 12 senar milik Lennon, yang terdengar di album dan film Help! ini, belum pernah dilihat atau dimainkan selama setengah abad.

oleh Najma Ramadhanya diperbarui 01 Jun 2024, 12:08 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2024, 12:08 WIB
john lennon
(Sumber: www.Kapanlagi.com)

Liputan6.com, Inggris - Sebuah gitar yang pernah digunakan oleh John Lennon telah terjual dengan harga $2,9 juta atau setara dengan Rp47 miliar, mencetak rekor dunia baru yang disebut oleh penyelenggara sebagai gitar dengan harga jual tertinggi dalam sejarah lelang Beatles.

Melansir dari The Guardian, Sabtu  (31/5/2024), gitar akustik Hootennany 12 senar, yang digunakan dalam rekaman album dan film Help! oleh The Beatles pada tahun 1965, tidak terlihat atau dimainkan selama lebih dari 50 tahun.

Alat musik tersebut sebelumnya dimiliki oleh gitaris Skotlandia Gordon Waller, yang dikenal sebagai salah satu anggota dari duo pop Peter and Gordon, yang kemudian memberikan item tersebut kepada manajer tur band mereka.

Bertahun-tahun kemudian, pemilik baru yang tinggal di pedesaan Inggris menemukan kembali gitar itu di tengah-tengah kepindahan mereka dan melelangnya dengan perkiraan harga antara £485,000 (Rp10 miliar) dan £647,000 (Rp13,3 miliar).

Gitar tersebut dibeli melalui penawaran telepon di Hard Rock Cafe di New York pada hari Rabu (29/5) sebagai bagian dari penjualan ikon musik dua hari yang diadakan oleh Julien's Auctions.

David Goodman, CEO dari rumah lelang tersebut, mengatakan, "Kami sangat senang dan terhormat telah mencetak rekor dunia baru dengan penjualan gitar Hootenanny milik John Lennon yang telah lama hilang ini."

"Gitar ini bukan hanya sepotong sejarah musik tetapi juga simbol dari warisan abadi John Lennon," tambahnya.

"Penjualan yang belum pernah terjadi sebelumnya hari ini adalah bukti dari daya tarik abadi dan penghormatan terhadap musik The Beatles dan John Lennon."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keistimewaan Gitar Buatan Perusahaan Bavaria Framus Milik John Lennon

Ilustrasi lagu, musik, gitar
Ilustrasi gitar. (Image by rawpixel.com on Freepik)

Gitar tersebut, yang dibuat oleh perusahaan Bavaria Framus pada awal 1960-an, terlihat dalam film Help! ketika grup tersebut membawakan lagu You've Got to Hide Your Love Away.

Gitar ini juga digunakan selama sesi rekaman untuk lagu Help!, It's Only Love, I've Just Seen a Face, dan Girl, serta pada trek ritme untuk Norwegian Wood yang dimainkan oleh George Harrison.

Salah satu pendiri dan direktur eksekutif Julien's Auctions, Darren Julien, mengatakan bahwa ia telah melakukan perjalanan ke Inggris untuk memverifikasi gitar tersebut di rumah tempat gitar itu disimpan dan menyelamatkan kotak aslinya yang telah dibuang ke tempat sampah.

Julien mengatakan bahwa ia telah mengonfirmasi asal-usul instrumen tersebut melalui sejarawan Beatles, Andy Babiuk dan Danny Bennett.

Pada tahun 2015, Julien's Auctions menjual gitar Lennon lainnya, yaitu gitar akustik J-160E Gibson yang dicuri darinya dan tanpa sengaja dibeli oleh seorang musisi pada akhir 1960-an, yang terjual seharga $2,4 juta (Rp49,6 miliar).

Perusahaan ini juga menjual satu set drum yang digunakan oleh Ringo Starr seharga $2,2 juta (Rp45,5 miliar), dan sebuah salinan album White Album yang dimiliki oleh Starr.


Gitar Akustik Lain Milik Lennon yang Terjual

Gitar John Lennon Laku Terjual Rp 32 Miliar
Lennon menggunakan gitar Gibson J-160E untuk merekam dan menggubah beberapa lagu populer, seperti 'Love Me Do'.

Sebuah gitar akustik lain yang juga pernah dipakai John Lennon juga terjual lewat lelang di California senilai US$ 2,4 juta atau sekitar Rp32 miliar pada tahun 2015, yang sekarang sudah bisa mencapai Rp49,6 miliar.

Melansir dari BBC, Lennon menggunakan gitar Gibson J-160E untuk merekam dan menggubah beberapa lagu populer, seperti Love Me Do dan I Want to Hold Your Hand.

Gitar yang digunakan Lennon merupakan satu dari dua jenis gitar tersebut yang dikirim dari Amerika Serikat ke Inggris pada 1962 untuk digunakan John Lennon dan George Harrison.

Lennon menggunakan gitar itu selama sekitar satu tahun sebelum memberikannya kepada Harrison pada tahun 1963. Setelah itu, gitar tersebut menghilang tanpa jejak.

 


Awalya Dibeli oleh John McCaw pada Akhir 1960-an

Main Gitar Saat Operasi
Pasien Ini Main Gitar Saat Operasi Tumor Otak (Ilustrasi: Pexels/Cotton Bro)

Selama lebih dari 50 tahun, keberadaan gitar tersebut tidak diketahui sampai seorang pria di California pada tahun 2014 menemukan bahwa gitar miliknya mungkin punya nilai sejarah yang tinggi.

Beberapa media menyebut pria itu adalah John McCaw dari San Diego. Pria ini membeli gitar bersejarah tersebut seharga US$ 275 pada akhir 1960-an.

Tahun 2014 McCaw menemukan sebuah majalah dengan tulisan tentang George Harrison. 

McCaw juga melihat foto yang menunjukkan gitar tersebut. Ia kemudian berkonsultasi dengan seorang ahli instrumen The Beatles, Andy Babiuk, yang memastikan gitar itu milik John Lennon setelah membandingkannya dengan beberapa foto.

Infografis Macam-Macam Alat Musik Tradisional
Infografis Macam-Macam Alat Musik Tradisional. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya