Presiden Jokowi Kirim Ucapan Duka Cita Atas Kematian Pemimpin Tertinggi Vietnam Nguyen Phu Trong, Begini Isinya

Nguyen Phu Trong meninggal dunia pada usia 80 tahun.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 21 Jul 2024, 17:15 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 17:15 WIB
Ahmad Romadoni/Liputan6.com
Jokowi terima kunjungan kenegaraan Sekretaris Jendetal Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan ucapan belasungkawa atas kematian Pemimpin Tertinggi sekaligus Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong yang meninggal pada Jumat (19/7/2024).

"Saya merasakan duka yang mendalam atas wafatnya Yang Mulia Nguyen Phu Trong, Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam," tulis Jokowi di akun resmi X-nya, seperti dikutip Liputan6.com, Minggu (21/7).

Dalam pernyataan tersebut, Jokowi mengatakan bahwa kontribusi Trong dalam membangun kemitraan strategis antara Indonesia dan Vietnam akan dikenang oleh generasi mendatang.

"Atas nama masyarakat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada masyarakat Vietnam pada masa berduka ini," lanjut pernyataan itu.

Nguyen Phu Trong meninggal dunia pada usia 80 tahun pada pukul 13.38 siang waktu Vietnam.

Dalam pengumuman yang dikeluarkan oleh Dewan Pakar untuk Perlindungan Kesehatan Pejabat Tingkat Pusat, Nguyen Phu Trong telah menjalani perawatan intensif oleh para ahli medis dan dokter terkemuka serta bersama keluarganya.

Ia meninggal dunia karena penyakit yang berkaitan dengan usia di Rumah Sakit Militer 108 di Hà Nội.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Jadi Temui Jokowi di Awal Tahun 2024 Lantaran Masalah Kesehatan

Ahmad Romadoni/Liputan6.com
Jokowi terima kunjungan kenegaraan Sekretaris Jendetal Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong

Sebelumnya, Nguyen Phu Trong melewatkan kunjungan kenegaraan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (12/1/2024), karena masalah kesehatan yang dialaminya.

Dilansir CNA, Trong yang memimpin partai tersebut sejak tahun 2011, adalah pemimpin paling berkuasa dalam sistem politik satu partai di Vietnam dan secara teratur menerima kunjungan pejabat asing dalam pertemuan pribadi.

Trong juga tidak ada dalam daftar pemimpin Vietnam yang menerima Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone pada saat itu.

Ia memang telah absen dari pandangan publik sejak 26 Desember 2023 ketika dia bertemu dengan ketua partai Komunis Jepang Kazuo Shii di Hanoi.

Kementerian Luar Negeri Vietnam tidak segera membalas permintaan komentar mengenai kondisi kesehatan Trong.


Jokowi Pernah Terima Kunjungan Nguyen Phu Trong pada Agustus 2017

Sekretaris Jenderal Vietnam Nguyen Phu Trong (tengah) tiba di tempat KTT ASEAN online di Hanoi, Vietnam Kamis, 12 November 2020. (AP Photo / Hau Dinh)
Sekretaris Jenderal Vietnam Nguyen Phu Trong (tengah) tiba di tempat KTT ASEAN online di Hanoi, Vietnam Kamis, 12 November 2020. (AP Photo / Hau Dinh)

Sementara itu, sebelumnya Jokowi pernah menerima kunjungan Trong di Istana Merdeka, Jakarta, pada Agustus 2017.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyambut baik kemajuan yang dicapai pada pembahasan kerangka Code of Conduct. Pembahasan ini menjadi dasar pengaturan lengkap terkait wilayah Laut China Selatan.

"Kita juga menyambut baik kemajuan yang dicapai dalam kerangka code of conduct yang akan menjadi dasar yang kuat pengaturan norma komprehensif di Laut China Selatan," kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama di Kredential Lounge Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019
Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya