Barak Obama dan Michelle Obama Resmi Endorse Kamala Harris Jadi Capres Partai Demokrat

Butuh waktu beberapa hari bagi Obama dan Michelle untuk secara resmi menyatakan dukungannya terhadap Harris pasca mundurnya Biden dari pencapresan Partai Demokrat.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 26 Jul 2024, 18:48 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 18:48 WIB
Kamala Harris
Harris sendiri merasa tersanjung, usai mendapat dukungan Biden. (AP Photo/Alex Brandon)

Liputan6.com, Washington, DC - Barack Obama dan istri, Michelle Obama, mendukung Kamala Harris maju mewakili Partai Demokrat dalam Pilpres AS 2024. Hal tersebut mereka sampaikan lewat sebuah video yang dirilis hari Jumat (26/7/2024).

"Michelle dan saya sangat bangga mendukung Anda dan melakukan segala yang kami bisa untuk membantu Anda melewati pemilu ini dan menuju Ruang Oval," ujar presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) itu kepada Harris melalui panggilan telepon seperti yang ditayangkan dalam video yang dirilis.

Harris berterima kasih kepada keluarga Obama atas dukungan mereka dan persahabatan selama puluhan tahun.

"Ya ampun. Michelle, Barack, ini sangat berarti bagi saya. Saya tidak sabar untuk melakukan ini bersama kalian berdua, Doug dan saya," kata Harris.

"Tetapi yang terpenting, saya ingin memberi tahu Anda bahwa kata-kata yang telah Anda ucapkan dan persahabatan yang telah Anda berikan selama bertahun-tahun ini berarti lebih dari yang dapat saya ungkapkan, jadi terima kasih kepada Anda berdua. Itu sangat berarti."

Sementara itu, Michelle Obama pada gilirannya menuturkan bahwa dia bangga dengan Harris.

"Saya tidak dapat melakukan panggilan telepon ini tanpa mengatakan kepada sahabat saya, Kamala, saya bangga pada Anda. Ini akan menjadi bersejarah," kata Michelle.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pujian terhadap Kamala Harris

Romantisnya Obama yang Selalu Menggandeng Tangan Istri
Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44, Barack Obama menggandeng tangan sang istri, Michelle Obama, sambil menyapa awak media saat berjalan di halaman sisi selatan Gedung Putih di Washington, 28 September 2016. (AFP PHOTO / ZACH GIBSON)

Dalam pernyataan bersama yang mengumumkan dukungan tersebut, keluarga Obama memuji Harris dan menyebutkan prestasinya.

"Kamala memiliki lebih dari sekadar resume," sebut pernyataan Obama dan istri. "Dia memiliki visi, karakter, dan kekuatan yang dibutuhkan pada momen kritis ini. Tidak ada keraguan dalam pikiran kami bahwa Kamala Harris memiliki apa yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilu dan memberikan hasil bagi rakyat AS."

Pernyataan itu menambahkan, "... Dia memberi kita semua alasan untuk berharap."

Obama tidak langsung mendukung Harris setelah Joe Biden mengumumkan pada hari Minggu (21/7) bahwa dia mundur dari pencapresan.

"Saya sangat yakin bahwa para pemimpin partai kami akan mampu menciptakan proses yang akan menghasilkan calon yang luar biasa," ujar Obama saat itu.

Sebelumnya, Obama mendukung upaya pemilihan kembali Biden, di mana dia menghadiri beberapa penggalangan dana yang berhasil mengumpulkan jutaan dolar, berpartisipasi dalam percakapan dengan Biden, dan mengirim pesan yang mendorong para pendukung untuk ikut serta sebagai bagian dari upaya penggalangan dana.

Adapun pemungutan suara internal Partai Demokrat untuk menominasikan Harris secara resmi kemungkinan akan dimulai pada 1 Agustus.

Harris sejauh ini belum mengumumkan calon wakil presidennya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya