Serangan Israel Picu 4 Rumah Sakit Lebanon Stop Layanan, Kekurangan Staf Hingga Fasilitas Medis Rusak

Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati mendesak masyarakat internasional untuk menekan Israel "agar mengizinkan tim penyelamat dan bantuan mencapai lokasi yang dibom dan mengizinkan mereka memindahkan" korban.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 05 Okt 2024, 15:55 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2024, 15:55 WIB
Sepuluh Hari Terakhir, 300.000 Orang Lebih Menyeberang dari Lebanon ke Suriah
Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan, sejak 16 September 2024 jumlah korban tewas akibat serangan Israel di Lebanon menjadi 1.030 orang dan 6.352 lainnya cedera. (HASSAN JARRAH/AFP)

Liputan6.com, Beirut - Setidaknya empat rumah sakit di Lebanon mengumumkan pada hari Jumat (4 Oktober 2024) penangguhan pekerjaan di tengah pengeboman Israel yang sedang berlangsung, sementara tim penyelamat yang berafiliasi dengan Hizbullah mengatakan 11 personel tewas dalam serangan Israel di Lebanon selatan.

Pada hari Jumat (4/10) juga, Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati mendesak masyarakat internasional untuk menekan Israel "agar mengizinkan tim penyelamat dan bantuan mencapai lokasi yang dibom dan mengizinkan mereka memindahkan" korban, dengan beberapa lusin personel darurat tewas dalam beberapa hari terakhir.

Sainte Therese Hospital (Rumah Sakit Sainte Therese) di pinggiran selatan Beirut melaporkan "kerusakan besar" dan mengatakan "pesawat tempur Israel yang menargetkan ... sekitar" fasilitas tersebut pada hari Kamis "menyebabkan penghentian layanan rumah sakit", dalam sebuah pernyataan yang dimuat oleh National News Agency (NNA).

Rumah sakit Mais al-Jabal di Lebanon Selatan di perbatasan dengan Israel mengumumkan "penghentian kerja semua departemen", dengan menyebutkan faktor-faktor termasuk "penargetan musuh terhadap rumah sakit" sejak Oktober lalu dan masalah pada jalur pasokan dan akses staf.

Komentar itu juga muncul dalam sebuah pernyataan di NNA.

Direktur rumah sakit pemerintah Marjayoun di Lebanon selatan, Mouenes Kalakesh, mengatakan kepada AFP bahwa "serangan udara Israel menargetkan ambulans di pintu masuk utama rumah sakit", menewaskan paramedis yang membawa korban luka ke fasilitas tersebut.

Ia mengatakan "kekurangan staf dan pemboman hari ini telah memaksa penutupan rumah sakit", yang terletak kurang dari 10 km dari perbatasan.

Islamic Health Committee emergency service (Layanan darurat Komite Kesehatan Islam), yang berafiliasi dengan Hizbullah, mengatakan tujuh personel darurat tewas dalam "agresi langsung Zionis terhadap tim darurat" di rumah sakit Marjayoun, dengan empat lainnya tewas dalam dua serangan di tempat lain di Lebanon selatan.


Israell Tuding Hizbullah Pakai Ambulans dari Islamic Health Committee untuk Tujuan Terorisme

Ilustrasi Israel. (PublicDomainPicture/Pixabay)
Ilustrasi Israel. (PublicDomainPicture/Pixabay)

Juru bicara militer Israel berbahasa Arab Avichay Adraee mengatakan pada hari Jumat (5/10) di X bahwa "dalam beberapa hari terakhir, kami telah mengamati meningkatnya penggunaan kendaraan penyelamat oleh anggota Hizbullah untuk mengangkut petugas dan peralatan untuk pertempuran".

"Hizbullah menggunakan ambulans dari Islamic Health Committee untuk tujuan teroris", kata Avichay Adraee, sambil memperingatkan bahwa "setiap kendaraan yang terbukti digunakan oleh seorang anggota bersenjata ... akan dikenakan tindakan yang sesuai".

Kemudian pada hari Jumat (4/10), National News Agency (NNA) melaporkan bahwa area rumah sakit Salah Ghandour di Bint Jbeil "menjadi sasaran penembakan artileri Israel".

Mohammed Sleiman, direktur fasilitas yang dikelola Islamic Health Committee, mengatakan kepada AFP bahwa tujuh personel medis terluka ketika rumah sakit tersebut diserang "secara langsung", seraya menambahkan bahwa fasilitas tersebut telah dievakuasi.

 


Kekurangan Staf Rumah Sakit

Serangan Udara Israel Hancurkan Permukiman dan Infrastruktur di Pinggir Selatan Beirut
Israel baru-baru ini mengintensifkan serangan udaranya ke Lebanon. (Foto oleh AFP)

Hizbullah Lebanon dan Israel telah saling tembak lintas batas hampir setiap hari selama hampir setahun, dengan kelompok yang didukung Iran tersebut mengatakan bahwa mereka bertindak untuk mendukung sekutu Palestina Hamas dalam perang Gaza.

Israel, yang mengatakan bahwa mereka menargetkan Hizbullah dalam upaya untuk membuat wilayah utara Israel aman bagi para pengungsi yang kembali, telah mengintensifkan kampanye pembomannya sejak 23 September.

Menurut penghitungan AFP mengutip pihak berwenang Lebanon, pemboman tersebut telah menewaskan lebih dari 1.110 orang, dan menyebabkan satu juta orang mengungsi.

Rumah sakit Marjayoun telah beroperasi "selama empat hari tanpa ahli anestesi dan spesialis laboratorium, karena banyak orang telah melarikan diri", kata Kalakesh.

Sebelumnya pada hari Jumat (4/10), Hizbullah mengatakan bahwa serangan Israel menewaskan seorang penyelamat di lokasi serangan udara di Beirut selatan.

Pada hari Kamis (3/10), menteri kesehatan Lebanon Firass Abiad mengatakan bahwa 97 penyelamat telah tewas sejak Hizbullah dan Israel mulai bertempur pada Oktober 2023  lalu.

Di antara jumlah tersebut terdapat lebih dari 40 paramedis dan petugas pemadam kebakaran yang tewas oleh serangan Israel hanya dalam waktu tiga hari, kata Firass Abiad.

Infografis Israel Mulai Serbu Lebanon Lewat Darat. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Israel Mulai Serbu Lebanon Lewat Darat. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya