Dirut RS Inggris Tegur Dokter yang Tulisannya Buruk

Direktur Medis di RS Inggris, Profesor Robert Pearson prihatin terhadap cara penulisan dokter yang dinilai buruk dan menyusahkan staf.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 17 Mei 2014, 13:00 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2014, 13:00 WIB
Dirut RS Inggris Tegur Dokter yang Tulisannya Buruk
Direktur Medis di RS Inggris, Profesor Robert Pearson prihatin terhadap cara penulisan dokter yang dinilai buruk dan menyusahkan staf.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Medis di Central Manchester University Hospitals NHS Foundation Trust, Profesor Robert Pearson prihatin terhadap cara penulisan dokter yang dinilai buruk dan menyusahkan staf. Hal ini menyebabkan sejumlah teguran bagi dokter dan pemikiran untuk membuat catatan elektronik.

Robert mengaku, ia khawatir karena penulisan dokter akan memengaruhi kualitas atau uraian catatan medis sehingga pasien dapat menerima pengobatan yang salah.

"Kami menemukan banyak masukan dari staf karena tulisan dokter yang tidak terbaca. Salah satu perawat bahkan mengatakan, seperti mimpi buruk saat membaca catatan dokter," kata Robert, seperti dikutip dari laman Mirror, Jumat (16/5/2014).

Robert mengungkapkan, staf di Manchester Royal Infirmary dan Rumah Sakit Royal Manchester Children juga sering berjuang untuk menguraikan catatan medis agar tidak salah terbaca.

"Hal ini sudah dibahas di tingkat dewan. Dan masalahnya masih banyak dokter yang menulis secara manual menggunakan kertas. Untuk itu kami akan mengembangkan catatan elektronik untuk memenuhi kebutuhan perawatan pasien terutama bagi dokter spesialis," ungkapnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya