5 Penyebab Kuku Anda Mudah Rusak

Berikut adalah penyebab kuku yang mudah rusak dan artinya bagi kesehatan Anda.

oleh Tassa Marita Fitradayanti diperbarui 02 Jul 2018, 15:30 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2018, 15:30 WIB
3 Cara Merawat Kutikula Kuku yang Baik
cara merawat kutikula kuku yang baik. (via: istimewa)

 

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kuku yang sempurna setiap saat bukan sebuah hal yang mustahil. Mungkin beberapa kali Anda sempat bertanya-tanya bagaimana seorang wanita dapat memiliki kuku yang tampak sempurna.

Jika mata adalah jendela ke dalam jiwa seseorang, kuku adalah jendela kesehatan seseorang. Namun bagaimana jika kuku Anda mudah sekali rusak?

Dilansir dari purewow, Senin (02/7/2018), berikut penyebab kuku yang mudah rusak dan apa artinya bagi kesehatan Anda:

1. Kering atau rapuh

Kuku yang mudah retak dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti tangan terlalu banyak terkena air, seperti saat mencuci piring, pembersih cat kuku, kekurangan vitamin A atau C, atau biotin.

2. Terdapat gelembung vertikal pada kuku

Seperti rambut yang mulai memutih dan muncul kerutan pada kulit, hal ini merupakan tanda normal dari penuaan, dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Anda bisa melakukan manikur untuk mempertahankan permukaan kuku tetap halus.

3. Terdapat gelembung horizontal pada kuku

Hal ini tidak begitu terkenal seperti gelembung vertikal di kuku, tapi jika kuku Anda mengalami seperti ini, lebih baik segera berkonsultasi ke dokter, karena hal ini bisa menjadi tanda adanya penyakit pada hati, diabetes, atau infeksi.

4. Bintik-bintik putih kecil

Berlawanan dengan kepercayaan yang populer seperti kekurangan kalsium, hal ini bisa juga menjadi tanda adanya trauma ringan pada kuku, seperti terpentok pada sesuatu yang keras, tapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

5. Kuku Kuning

Semua hal seperti usia, merokok, dan sering menggunakan cat kuku dapat berkontribusi untuk membuat kuku menjadi kuning dan tidak sedap dipandang.

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya