Kondisi Kesehatan Mulut Gambarkan Kondisi Tubuh Anda

Ternyata bau mulut mengindikasikan kondisi tubuh. Tak hanya itu, beragam kondisi bau mulut ini menggambarkan penyakit yang dialami.

oleh Mulyono Sri Hutomo diperbarui 18 Agu 2016, 08:00 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2016, 08:00 WIB
Jangan Biarkan Mulut Bau 'Bangkai', Atasi dengan Resep Alami Ini
Mulut bau bangkai merupakan aib yang tak bisa dimaafkan. Segera atasi dengan resep-resep alami ini. Apa saja resepnya?

Liputan6.com, Jakarta Bau mulut bisa diakibatkan makanan yang habis disantap. Bau bawang putih atau rempah bisa saja timbul dari makanan yang mengandung banyak bumbu. Namun, menurut dokter gigi, bau mulut menjadi salah satu indikasi kondisi kesehatan tubuh.

Dilansir Fox News, Rabu (17/8/2016), tak hanya bau mulut yang memberikan gambaran kondisi tubuh. Menurut Betty Haberkamp, DDS, dokter gigi dari Klinik Cleveland Clinic, terdapat empat kondisi mulut yang dapat mengindikasikan kesehatan dan penyakit yang sedang dialami.

Tiba-tiba Banyak Gigi Berlubang

Bisa jadi indikasi diabetes. Katakanlah Anda memiliki kondisi bagus dan tak berlubang, namun saat melakukan pemeriksaan ke dokter gigi, terdapat lebih dari lima lubang di gigi yang sebelumnya sehat.

Dengan asumsi Anda tidak kecanduan soda atau mengonsumsi obat yang menyebabkan gigi rusak, kerusakan gigi bisa menjadi tanda bahwa tubuh mengalami kesulitan mengolah glukosa.

"Ketika itu terjadi, kandungan gula berlebihan dalam air liur. Hal ini memacu pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang di mulut," kata Haberkamp.

Tak hanya itu, Anda juga mungkin merasa gigi sakit, terutama setelah makan sesuatu yang manis, panas, atau dingin," lanjutnya.

"Sebagai catatan, gigi berlubang bukan satu-satunya efek samping diabetes pada mulut," imbuhnya.

Tak hanya tiba-tiba banyak gigi berlubang, simak juga beragam kondisi mulut yang menggambarkan kondisi tubuh dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer : 6 Fakta Unik Tentang Orgasme Wanita. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya