Tidak Makan Berlebihan, Kunci Rahasia Panjang Umur

Makan berlebihan dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

oleh Bella Jufita Putri diperbarui 01 Agu 2017, 14:30 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2017, 14:30 WIB
Ilustrasi panjang umur
Ilustrasi panjang umur (www.earthtimes.org)

Liputan6.com, Jakarta Bukan cuma olahraga rutin dan menjaga diet saja rahasia untuk mendapatkan umur yang panjang dan sehat. Berpikiran positif dan menjalankan kebiasaan baik seperti berikut ini juga memberi efek panjang umur. Apa saja, ya?

Menurut The Journal of the American Medical Association, 40 persen orang yang berumur panjang menilai usia sebagai proses belajar menjadi lebih bijaksana dan puas dengan kehidupan mereka. Mengutip laman Real Simple, Selasa (1/8/2017), berikut kebiasaan baik yang dilakukan orang-orang yang hidup lanjut usia.

1. Tidak makan berlebihan

Makan berlebihan dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Namun, mereka yang diberikan usia panjang tidak pernah melakukan kebiasaan makan berlebih. Menurut National Institutes of Health (NIH), mereka yang makan 2,5 cangkir sayuran dan dua cangkir buah setiap hari memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan yang tidak.

2. Bersosialisasi

Studi yang dilakukan PLoS Medicine, membuktikan jika bersosialisasi dari usia muda hingga tua dapat meningkatkan 50 persen kesempatan seseorang untuk hidup lebih lama.

3. Tidur yang cukup

National Sleep Foundation mengatakan orang yang menunda tidur atau terbiasa begadang akan berisiko tinggi terhadap obesitas, penyakit jantung dan diabetes, yang bisa memperpendek umur seseorang. Untuk itu, disarankan untuk menjaga pola tidur cukup waktu agar terhindar dari insomnia yang bisa memperburuk proses penuaan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya