4 Asupan Baik untuk Tingkatkan Berat Badan Anak

Jika berat badan bayi di bawah standar usia dan jenis kelaminnya, dokter biasanya akan menyarankan untuk menambah asupan kaya protein dan lemak sehat.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Mei 2018, 17:30 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2018, 17:30 WIB
Cegukan pada bayi (iStock)
Bagaimana Cara Menaikkan Berat Badan Bayi? (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Berat badan dan tinggi merupakan dua indikator untuk melihat pertumbuhan serta perkembangan bayi dinyatakan sehat saat berusia di bawah satu tahun. 

Itu mengapa, setiap ibu membawa bayi vaksin, perawat akan mengukur berat badan dan tinggi si Kecil.

Perbandingan berat badan dan tinggi ini sebaiknya langsung dibandingkan dengan kurva pertumbuhan atau baby growth chart.

Jika berat badan bayi di bawah standar usia dan jenis kelaminnya, dokter biasanya akan menyarankan untuk menambah asupan kaya protein dan lemak sehat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Asupan untuk Menaikkan Berat Badan Anak

Ada beberapa asupan yang cukup efektif untuk meningkatkan berat badan bayi secara signifikanseperti dikutip Mom Junction pada Rabu, 30 Mei 2018.

- Pisang

Buah satu ini memang sangat disukai bayi. Teksturnya lembut, rasanya manis dan sangat kaya akan serat.

Kalorinya juga cukup tinggi, sekitar 100 kalori dalam satu pisang. Bisa meningkatkan berat badan bayi tapi pastikan jangan memberikannya terlalu sering. Campur dengan makanan lain seperti oatmeal atau susu.

- Mentega/ santan

Bayi usia 7 bulan ke atas sudah bisa diberi santan atau makanan yang diolah dengan mentega. Kandungan lemak pada keduanya sangat tinggi. Cobalah lebih kreatif membuat masakan untuk si kecil dengan menggunakan santan dan mentega.

- Kentang

Selain nasi, si kecil juga bisa mendapatkan asupan karbohidrat dari kentang. Karbohidrat yang tinggi pada kentang juga bisa meningkatkan berat badan bayi. Anda juga bisa mengolah kentang sebagai camilan untuk bayi. Bisa dengan dikukus lalu ditaburi keju

- Protein hewani

Ayam, ikan, daging, tempe, tahu, sertakan asupan kaya protein pada makanan bayi. Bisa juga membuat menu yang mengandung double protein. Misalnya bubur nasi dengan kuah kaldu, dengan daging cincang dan potongan tahu. Asupan tinggi protein juga sangat efektif untuk meningkatkan berat badan si kecil.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya