Pemakaian Dot Justru Cegah Terjadinya Alergi pada Bayi?

Baru-baru keluar penelitian terbaru yang menyebut penggunaan dot dapat mencegah alergi pada bayi

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Nov 2018, 16:00 WIB
Diterbitkan 26 Nov 2018, 16:00 WIB
Di usia ini bayi boleh dikenalkan air putih (iStock)
Di usia ini bayi boleh dikenalkan air putih (iStock)

 

Liputan6.com, Jakarta Dot selama ini tidak dianjurkan untuk diberikan kepada bayi atau balita. Banyak peneliti yang menyebutkan bahwa dot bisa menyebabkan masalah pertumbuhan gigi dan kolik atau masalah pencernaan. Akan tetapi, baru-baru ini beredar kabar baik, dokter punya efek yang baik bagi kesehatan fisik si Kecil.

 

Rupanya menurut penelitian Henry Ford Health, bayi yang memakai dot memiliki risiko asma yang lebih kecil. Hal ini berkaitan dengan cara orangtua mereka membersihkannya.

Saat dot terjatuh, ada orangtua yang mengisap dulu dot si bayi, kemudian memberikannya. Mungkin terdengar menjijikan bagi sebagian orang. Menurut penelitian, bayi yang menggunakan dot dan sering dibersihkan dengan cara dihisap oleh orangtuanya, memiliki antibodi Immunoglobulin E (IgE) yang lebih sedikit.

Artinya, risiko mereka mengalami alergi seperti seperti asma juga rendah. Penelitian ini diikuti 128 ibu, cara membersihkan dot mereka terhadap anak-anaknya dianalisis. Ada yang dengan cara didihkan dengan air panas, mencuci dengan sabun, dan diisap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengujian Saat Lahir

 

Tingkat IgE kemudian diuji saat lahir, enam bulan, dan 18 bulan. “ Dari data kami menemukan bahwa anak-anak yang dotya dibersihkan oleh orangtua mereka dengan cara diisap memiliki tingkat IgE yang lebih rendah sekitar usia 10 bulan sampai usia 18 bulan,” kata Dr. Abou-Jaoude, salah satu peneliti.

Tingkat IgE yang lebih rendah berkorelasi dengan penurunan risiko asma dan alergi. Temuan ini menambah bukti yang berkembang bahwa beberapa tingkat paparan kuman pada usia dini justru menguntungkan anak-anak.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya