Sebal Bulu Mata Rontok, Terbongkar Rahasia Mengatasinya

Ilyse Haberman, membeberkan semua pengetahuannya terkait menumbuhkan bulu mata dengan cepat dan aman

oleh Fitri Syarifah diperbarui 06 Mar 2020, 14:00 WIB
Diterbitkan 06 Mar 2020, 14:00 WIB
Bulu Mata LED, Solusi Tanpa Maskara
Seorang perancang bulu mata palsu, Tien Pham menciptakan inovasi bulu mata LED yang dapat terlihat jelas dalam ruangan gelap. (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Seberapa banyak bulu mata Anda rontok setiap harinya? Hal ini bisa membuat Anda iri terhadap orang-orang dengan bulu mata lebat dan lentik. Hingga akhirnya Anda berusaha dengan memakai maskara, ekstensi bulu mata, pengangkat bulu mata, atau bulu mata palsu.

Namun setelahnya pun Anda masih belum puas, karena Anda ingin bulu mata asli Anda yang lebat, bukan palsu. Lalu muncul serum bulu mata. Namun, amankah serum diaplikasikan ke bulu mata?

Ilyse Haberman, MD, asisten profesor oftalmologi di NYU Langone, membeberkan semua pengetahuannya terkait menumbuhkan bulu mata dengan cepat dan aman, sehingga Anda bisa berhenti membenci kekurangan Anda ini, mengutip Cosmopolitan.

"Pertumbuhan bulu mata terdiri dari 3 fase : catagen (fase dorman), telogen (fase pelepasan), dan anagen (fase pertumbuhan). Atau secara realistis, bulu mata menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menetap dan rontok, tidak benar-benar tumbuh makanya hasilnya tidak bisa langsung terlihat," katanya.

Dr. Haberman mengatakan itu membutuhkan waktu 3 bulan untuk tumbuh alami. Tapi karena Anda mungkin suka yang instan, dan hasilnya cepat terlihat, tentu ada caranya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini:


Stimulasi pertumbuhan bulu mata

Ilustrasi bulu mata
Ilustrasi bulu mata. Sumber foto: unsplash.com/Mihai Stefan.

Mungkin Anda pernah mendengar suatu produk yang namanya Latisse, satu-satunya serum pertumbuhan bulu mata yang disetujui FDA untuk dijual dipasaran.

Awalnya, Latisse dibuat untuk obat tetes mata bagi glaucoma (kerusakan saraf mata akibat tekanan pada bola mata). Namun dokter menemukan manfaat lainnya, yaitu kemampuan menumbuhkan, memperpanjang, dan menebalkan bulu mata.

Setelah proses penyempurnaan, latisse dengan bantuan bimatoprost bisa digunakan untuk menumbuhkan bulu mata dan merangsang pertumbuhan bulu mata baru dalam 4-6 minggu.

Namun, obat ini hanya bisa didapatkan atas resep dokter. Jadi Anda harus pergi ke dokter kulit untuk mendapatkannya.

Adapun serum yang beredar di artikel atau instagram dan teman Anda membuktikan keefektifannya maka artinya serum tersebut juga mengandung bimatoprost.

“Ada beberapa serum bulu mata yang tidak diresepkan yang mengandung bahan pertumbuhan yang serupa, seperti isopropyl cloprostenate, tetapi ini tidak diatur atau disetujui oleh FDA,” kata Dr. Haberman.

Jadi walaupun Anda bisa mendapatkannya dengan mudah, belum tentu bahan tersebut aman digunakan. Karena seperti halnya obat, pasti ada efek samping yang harus dipertimbangkan sebelum Anda mengaplikasikan obat tersebut.

Sedangkan Latisse yang hanya bisa didapatkan atas resep dokter, karena dokter harus memastikan itu tidak akan mengganggu obat lainnya yang sedang Anda konsumsi atau tidak akan berdampak buruk bagi mata Anda.

Menurut Dr, Haberman, jika serum masuk ke mata, mereka yang memiliki mata yang terang dapat melihat perubahan pada iris mata mereka semakin sering mata mereka terpapar. Dengan kata lain, mata biru Anda bisa berubah menjadi kecoklatan jika Anda tidak mengaplikasikannya secara hati-hati.

Alasan lain mengapa Latisse hanya diberikan atas resep dokter yaitu karena efek sampingnya bisa mengubah warna atau mengiritasi kulit dan membengkakkan kelopak mata jika cairan serum merembes ke mata.

Seperti efek samping lainnya, hal-hal tersebut hanya kemungkinan, bukan berarti pasti terjadi. beberpa orang bisa menggunakan serum tanpa masalah apapun. Tapi ini hanya untuk mengingatkan Anda agar selalu berkonsultasi dengan dokter.

Lebih efektif conditioner atau serum bulu mata?

Alternatif paling aman untuk yang bukan resep dokter yaitu conditioner bulu mata. Bahan pelembab ini umumnya mengandung emollient yang berfungsi membuat bulu mata Anda tampak sehat.

"Conditioner bulu mata membantu memperkuat bulu mata, mencegahnya rontok, atau sedikit menebalkannya sehingga terlihat lebih lebat," ujar Dr. Haberman, tapi sebenarnya tidak benar-benar membuatnya tumbuh panjang.

Jadi, jangan harap semua bahan alami termasuk minyak kelapa, minyak jarak dan minyak zaitun bisa menumbuhkan bulu mata, tetapi setidaknya Anda bisa melihatnya bercahaya dan kuat dari bahan alami ini.

Jangan lakukan hal ini saat sedang proses menumbuhkan bulu mata. Hindari penggunaan penjepit bulu mata, bulu mata palsu, dan tidak mencuci wajah.

Bulu mata palsu membuat bulu mata asli Anda rontok karena terlalu berat, terutama saat melepasnya.

Penjepit bulu mata juga bisa merusak bulu mata dan trauma jika dilakukan secara berlebihan atau dengan cara yang salah.

Sedangkan jika Anda tidak rajin mencuci muka atau membersihkan sisa make-up, beberapa mengalami inflamasi di sekitar bulumata yang disebut blepharitis, yang jika dibiarkan akan menyebabkan kerontokan bulu mata.

Jadi, jika Anda tidak menggunakan bulu mata palsu, menggunakan penjepit bulu mata dengan benar, membersihkan make-up mata setiap malam, serta memperkuat bulu mata dengan conditioner atau serum maka Anda bisa berharap penuh mendapatkan bulu mata yang panjang dan lebat dengan syarat bersabar. Karena prosesnya cukup memakan waktu berbulan-bulan. Tapi jika Anda berhenti di tengah jalan, jangan mengharapkan hal yang mustahil.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya