Face Shield Kolaborasi Tim Medis dan Warga Binaan Lapas Cibinong Lindungi Nakes dari COVID-19

Tim tenaga medis Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cibinong, Bogor bekerja sama dengan warga binaan membuat Face Shield untuk 101 fasilitas kesehatan di Kabupaten Bogor.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 14 Apr 2020, 12:00 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2020, 12:00 WIB
Donasi Tim Medis Lapas Cibinong
Donasi face shield dari Tim Medis Lapas Cibinong. Foto: Dokumen Lapas Cibinong.

Liputan6.com, Jakarta Tim medis Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cibinong, Bogor bekerja sama dengan warga binaan membuat face shield untuk didonasikan pada 101 fasilitas kesehatan di Kabupaten Bogor. Donasi dilakukan mengingat masih merebaknya COVID-19.

Dr. Febya Asmirna, salah satu dokter umum yang menginisiasi gerakan ini mengatakan, pihaknya memiliki target 1000 face shield untuk dibagikan. Gerakan yang telah dilakukan sejak sepekan lalu ini telah melebihi target dan akan terus dilakukan.

“Saat ini total produksi 1.026 pieces, stok siap angkut per hari ini 543 face shield yang akan langsung didistribusikan melalui koordinator wilayah puskesmas di Kabupaten Bogor,” ujar Febya saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (14/4/2020).

Simak Video Berikut Ini:


Belajar Autodidak

Warga Binaan Membuat Face Shield
Warga Binaan Lapas Cibinong Membuat Face Shield untuk donasi. Foto: Dokumen Lapas Cibinong.

Face shield buatan warga binaan ini menggunakan bahan mika dan busa agar nyaman digunakan. Febya menambahkan, modal untuk pembuatan face shield ini adalah hasil penggalangan dana petugas Lapas.

“Sedikit dari kami di klinik, sumbangan pegawai lapas dan kemarin dapat donasi dari teman dokter juga yang titip buat di kami.”

Hingga kini, warga binaan lapas dapat membuat 75 hingga 100 face shield dalam satu hari. Para warga binaan lapas berlatih membuat face shield sederhana secara otodidak, mereka mempelajarinya melalui tayangan Youtube.

Febya menambahkan, face shield disalurkan ke 101 fasilitas kesehatan dengan jumlah berbeda-beda. Fasilitas kesehatan tersebut diantaranya Puskesmas Pabuaran Indah Kabupaten Bogor, Puskesmas Poned Cirimekar, Puskesmas Citeureup, Puskesmas Citapen, dan RSUD Leuwiliang.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya