Ini Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Tulang Selama Pandemi

Di kondisi ini, pekerjaan sebaiknya dihentikan sejenak untuk berdiri, jalan-jalan, dan senam ringan untuk melemaskan otot, terutama jika bekerja pada posisi sama dalam waktu lama.

oleh stella maris pada 05 Okt 2020, 16:45 WIB
Diperbarui 06 Okt 2020, 11:28 WIB
olahraga di rumah
ilustrasi olahraga di rumah/copryight by TORWAISTUDIO (Shutetrstock)

Liputan6.com, Jakarta Pandemi yang masih terjadi hingga saat ini, mewajibkan kita untuk menerapkan protokol kesehatan ketika keluar rumah atau bepergian, mulai dari menggunakan masker hingga menjaga jarak. Bahkan Pemerintah menganjurkan untuk membatasi aktivitas di luar rumah selama masa pandemi, guna mencegah penyebaran Covid-19.

Nah bicara tentang upaya pencegahan penyebaran Covid-19, menerapkan protokol kesehatan selama berada di luar saja belum cukup. Kita sebagai masyarakat dan individu juga wajib mandiri untuk menjaga kesehatan, seperti mengonsumsi makanan sehat hingga meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh selama di rumah saja.

Dan satu hal lagi yang sebenarnya jangan sampai diabaikan. Adalah beraktivitas fisik alias berolahraga yang dilakukan secara rutin. Itu karena selama di rumah saja, tubuh cenderung jarang bergerak dan hal tersebut dapat menimbulkan masalah pada tulang.

"Pola bekerja dari rumah atau work from home, sedikit banyak membuat kita relatif inaktif, cenderung sedenter, dan jarang melakukan aktivitas fisik. Selain menambah berat badan, gaya hidup demikian membawa pengaruh buruk terhadap kesehatan sistem muskuloskeletal: tulang bisa menjadi lebih keropos, sendi bisa menjadi lebih kaku, dan otot menjadi atrofik," jelas Nicolaas Budhiparama MD., PhD., SpOT (K), FICS sebagai Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi sekaligus dokter dari atlet Indonesia.

Oleh karena Nicolaas mengatakan bahwa olahraga atau aktivitas fisik sebenarnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pola hidup sehat. Nah kira-kira olahraga apa saja ya yang cocok dilakukan di rumah dan membuat tubuh sehat serta menjadikan tulang tetap kuat?

Nicolaas Budhiparama dan dr. Toto Surya Efar, Sp.OT memberikan rekomendasi olahraga yang paling mudah dilakukan selama bekerja dari rumah atau work from home. Stretching atau peregangan otot apabila sudah terlalu lama duduk dan mulai pegal.

Di kondisi ini, pekerjaan sebaiknya dihentikan sejenak untuk berdiri, jalan-jalan, dan senam ringan untuk melemaskan otot, terutama jika bekerja pada posisi sama dalam waktu lama. Dengan melakukan hal sederhana tersebut beberapa penyakit seperti nyeri bahu, nyeri punggung bawah, nyeri pinggang atau panggul, dapat dihindari.

Selain itu, perlu juga meluangkan waktu khusus untuk melepas keringat meskipun sedang di rumah saja selama pandemi. Olahraga atau aktivitas fisik yang dianjurkan yang bersifat aerobik, seperti jalan atau bersepeda. Aktivitas fisik yang dilakukan pada masa pandemi ini idealnya dilakukan di rumah, di atas treadmill atau static bike.

"Akan tetapi, apabila tidak ada perkakas demikian, jalan atau bersepeda dapat juga dilakukan di sekitar rumah pada pagi atau sore hari, dengan tetap selalu mengikuti kaidah new normal seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," jelas dr. Toto.

Nah sekarang sudah tahu kan aktivitas fisik sederhana apa yang dapat kita lakukan selama beraktivitas di rumah? Yuk mulai terapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga!

Artikel ini bekerja sama dengan Nicolaas Budhiparama, MD., PhD., SpOT(K) dari Nicolaas Institute of Constructive Orthopedic Research & Education Foundation for Arthroplasty & Sports Medicine. www.dokternicolaas.com

(*)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya