Satgas COVID-19: Meningkatkan Kesembuhan Lansia dan Kelompok Rentan Jadi PR Bersama

Satgas COVID-19 sampaikan upaya meningkatkan kesembuhan lansia dan kelompok rentan jadi pekerjaan rumah (PR) bersama.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 04 Feb 2021, 15:05 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2021, 15:01 WIB
113 Pasien OTG Dirawat di Rumah Lawan COVID-19 Tangerang Selatan
Pasien positif Orang Tanpa Gejala (OTG) di Rumah Lawan Covid-19 Tangerang Selatan, Jumat (1/1/2021). Sebanyak 113 Pasien OTG dirawat di rumah melawan Covid-19 di kawasan Tangsel dan enam pasien dinyatakan sembuh dan dipulangkan. (merdeka.com/ Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan upaya meningkatkan kesembuhan lansia dan kelompok rentan menjadi pekerjaan rumah (PR) bersama. Terlebih lagi kedua kelompok ini memiliki risiko kematian akibat COVID-19 yang tinggi.

"Ini masih menjadi PR kita bersama untuk meningkatkan kesembuhan pada lansia dan kelompok rentan. Bagi kelompok rentan yang menunjukkan gejala COVID-19 atau konfirmasi positif, harap segera melaporkan kepada fasilitas kesehatan setempat," ujar Wiku di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (2/2/2021).

"Ya, supaya mendapatkan perawatan dengan cepat dan tidak terlambat ditangani. Dengan begitu, angka kenaikan kesembuhan dapat kita dongkrak secara lebih signifikan," katanya.

Perkembangan kesembuhan mingguan COVID-19 secara nasional per 31 Januari 2021 naik 22,6 persen dibanding minggu sebelumnya. Data juga memperlihatkan, kesembuhan Indonesia naik selama 8 minggu berturut-turut.

"Peningkatan kasus kesembuhan harus kita dorong terus. Pada minggu ini, kesembuhan naik 22,6 persen dibanding minggu sebelumnya. Ini adalah kabar baik, yang berarti kesembuhan di Indonesia mengalami kenaikan selama 8 minggu berturut-turut," jelas Wiku.

Provinsi dengan kesembuhan COVID-19 tertinggi per 31 Januari 2021 didominasi Pulau Jawa, yaitu Jawa Barat (naik 3.618), Banten (naik 2.991), Jawa Tengah (naik 2.159), Kalimantan Utara (naik 1.942), dan Yogyakarta (naik 885).

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini:


Upaya Tingkatkan Kesembuhan COVID-19

Pasien Sembuh dari COVID 19
Pasien sembuh COVID-19 memperlihatkan surat keterangan selesai isolasi di Graha Wisata Ragunan di Jakarta, Jumat (29/1/2021). Data Satgas Covid-19 per Jumat (29/1), jumlah pasien yang sembuh bertambah 10.138 orang dengan total pasien sembuh mencapai 852.260 orang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Angka kesembuhan COVID-19, menurut Wiku, dapat dicapai dengan kedisiplinan masyarakat dalam menjalani isolasi mandiri bagi pasien positif tanpa gejala atau gejala ringan. Kemudian upaya keras dari tenaga kesehatan merawat pasien positif COVID-19 di rumah sakit untuk gejala sedang dan berat.

"Mohon agar tidak berpuas diri dengan kondisi ini (kenaikan kesembuhan) dan terus lakukan upaya yang terbaik untuk meningkatkan kesembuhan," lanjutnya.

"Kepada pasien COVID-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala yang melakukan isolasi mandiri, usahakan sedisiplin mungkin meningkatkan daya tahan tubuh dan mengkonsumsi vitamin juga obat-obatan."

Pasien COVID dapat berkonsultasi kepada puskesmas setempat bila membutuhkan bantuan.

"Mohon segera lapor ke puskesmas terdekat untuk ditangani. Jangan sampai terlambat agar nyawa dapat diselamatkan," pesan Wiku.


Infografis 10 Tips Sehat dan Sembuh dari Covid-19

Infografis 10 Tips Sehat dan Sembuh dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 10 Tips Sehat dan Sembuh dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya