Mengenal Lupus, Tokoh Fiksi dalam Serial Novel Karya Hilman Hariwijaya

Penulis Hilman Hariwijaya yang dikenal dari karya fiksi berjudul Lupus dikabarkan meninggal dunia hari ini, Rabu 9 Maret 2022.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 09 Mar 2022, 12:20 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2022, 12:20 WIB
Buku Serial Lupus
Buku Serial Lupus (dok.Instagram@jualmajalahjadul/https://www.instagram.com/p/BobeF1Bj17K//Devita Nur Azizah

Liputan6.com, Jakarta Penulis Hilman Hariwijaya yang dikenal dengan seri novel Lupus dikabarkan meninggal dunia hari ini, Rabu 9 Maret 2022.

Kabar duka ini disampaikan mantan istri Hilman, Nessa Sadin melalui Instagram pribadinya.

"Innalillahi wainnaiaihi rojiun. Telah berpulang Hilman Hariwijaya, Rabu, 9 Maret 2022 pukul 08.02 WIB. Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya untuk almarhum."

Mengenang karya Hilman, Lupus adalah tokoh fiksi dalam serial novel berjudul sama. Novel Lupus pertama diterbitkan pada Desember 1986 berjudul Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak. Seminggu usai diterbitkan, buku tersebut laku 5 ribu eksemplar seperti mengutip laman Gramedia Pustaka Utama.

Peran Lupus didukung oleh tokoh lainnya yakni Boim, Gusur, Anto, Aji, Fifi Alone, Adi Darwis, Gito, Iko-iko, Happy, Uwi dan banyak lagi.

Lupus diceritakan mempunyai seorang saudara kandung yang lebih muda bernama Lulu dan mereka berdua tinggal bersama sang ibu bernama Anita. Sedangkan ayahnya yang bernama Mulyadi, telah meninggal saat Lupus kelas 1 SMA.

Beberapa kisah dari novel Lupus juga telah diangkat dalam bentuk film dan sinetron. Terbit pula berbagai variasi dari kisah Lupus seperti Lupus Kecil, Lupus Milenia dan lain-lain.

Simak Video Berikut Ini


Penggambaran Tokoh Lupus

Lupus, Karakter Paling Ikonis Karya Hilman Hariwijaya yang Meninggal Dunia
Lupus karya Hilman Hariwijaya. (dok. Instagram @thehilmanhariwijaya/https://www.instagram.com/p/CRkVgL9NaXQ/Dinny Mutiah)

Tokoh Lupus identik dengan permen karet yang tak pernah lepas darinya. Model rambut berjambul yang sering dihina Lulu dengan sebutan sarang Burung. Juga sifatnya yang konyol, sampai membuatnya disukai oleh semua teman-temannya. Ia sempat juga meluluhkan hati sederetan gadis seperti Poppy, Rina, Happy, dan Nessa.

Mengutip berbagai sumber, cerita Lupus beberapa kali diangkat ke layar kaca dengan beberapa pemeran berbeda seperti Ryan Hidayat, Oka Sugawa, Rico Karindra, Irgy Ahmad Fahrezy , dan Attar Syah.

Tokoh ini digambarkan sebagai pelajar kelas 2 SMA Merah Putih berparas tampan, memiliki pikiran luas dan jahil. Selain pelajar, dia juga seorang wartawan muda di majalah Hai.


Diangkat ke Layar Kaca

Beberapa cerita lupus yang diangkat ke layar lebar yakni:

-Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak (1987)

-Lupus II: Makhluk Manis Dalam Bis (1987)

-Lupus III: Topi-Topi Centil (1989)

-Lupus IV: Anak Mami Sudah Besar (1990)

-Lupus V: Iih,,Syereem! (1991)

-Bangun Lagi Dong Lupus (2013)


Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah COVID-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya