Sambut Piala Dunia Qatar 2022, WHO Luncurkan Aplikasi Peningkat Aktivitas Fisik GenMove

Momen Piala Dunia Qatar 2022 dimanfaatkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk meluncurkan aplikasi yang dirancang guna membantu meningkatkan aktivitas fisik.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 21 Nov 2022, 14:00 WIB
Diterbitkan 21 Nov 2022, 14:00 WIB
Piala Dunia 2022
FIFA resmi meluncurkan logo Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar, Selasa (3/9/2019). (AFP).

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Piala Dunia Qatar 2022 telah dibuka. Momen ini dimanfaatkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk meluncurkan aplikasi yang dirancang guna membantu meningkatkan aktivitas fisik, kesehatan, dan kesejahteraan jutaan anak muda.

Aplikasi yang disebut GenMove merupakan hasil kerja sama antara WHO dengan Kementerian Kesehatan Masyarakat Qatar dan FIFA.

GenMove Season1 adalah aplikasi game yang menggunakan pelacakan gerakan canggih yang dikombinasikan dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan pengalaman video game yang kuat kepada anak usia 8 hingga 15 tahun. Permainan tersebut membutuhkan serangkaian gerakan berbeda yang mengembangkan keterampilan fisik berbeda dan cocok untuk anak-anak dengan semua tingkat kebugaran.

WHO merekomendasikan semua anak dan remaja melakukan rata-rata 60 menit aktivitas fisik aerobik intensitas sedang per hari. Ini termasuk aktivitas yang menguatkan otot dan tulang minimal 3 kali seminggu.

Namun, lebih dari 80 persen remaja tidak memenuhi rekomendasi ini. Diperkirakan bahwa anak-anak dan remaja dapat menghabiskan lebih dari 8 jam untuk tidak bergerak dan tidak aktif. Ini merupakan perilaku yang terkait dengan kebugaran yang buruk, penambahan berat badan, dan kurang tidur.

“Aplikasi ini diharapkan dapat memacu banyak inisiatif serupa untuk membuat anak-anak lebih aktif di seluruh dunia,” kata Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengutip keterangan pers, Senin (21/11/2022).

Aktivitas fisik secara teratur memiliki manfaat besar seumur hidup untuk kesehatan fisik dan mental, dan sangat penting untuk perkembangan kesehatan anak-anak,” tambahnya.


Alat Ampuh Jangkau Kaum Muda

Sambut Piala Dunia Qatar 2022, WHO Luncurkan Aplikasi GenMove untuk Tingkatkan Aktivitas Fisik
Sambut Piala Dunia Qatar 2022, WHO Luncurkan Aplikasi GenMove untuk Tingkatkan Aktivitas Fisik.

Tedros menambahkan, GenMove Season1 dapat menjadi alat yang ampuh untuk menjangkau kaum muda dan membuat mereka bergerak, terutama anak-anak yang tidak rutin berolahraga.

Aplikasi ini diluncurkan pada 19 November 2022 oleh Menteri Kesehatan Masyarakat Qatar Dr Hanan Mohamed Al Kuwari dalam acara Walk the Talk - Health for All Challenge.

Acara gerak jalan ini diadakan untuk pertama kalinya di Qatar. Para peserta berjalan kaki 3 hingga 5 kilometer sebagai bentuk pelibatan masyarakat dari segala usia dan kemampuan sekaligus mempromosikan manfaat aktivitas fisik.

“Qatar dengan bangga meluncurkan inovasi penting ini untuk anak-anak menjelang Piala Dunia FIFA Qatar 2022,” kata Hanan. “Kami berkomitmen untuk melakukan sebanyak mungkin untuk meningkatkan aktivitas fisik dan membangun kesehatan anak muda di Qatar dan di seluruh dunia,” tambahnya.


Dibuat Berdasarkan Olahraga Populer

Foto: Alisson Becker dan Sederet Kiper dengan Koleksi Assist Terbanyak di Liga Inggris
Alisson Becker berperan penting untuk kemenangan Liverpool atas Manchester City pada laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023 di Anfield, Minggu (16/10/2022) malam WIB. Selain berhasil menjaga gawangnya tanpa kebobolan, ia juga berhasil mencetak assist untuk Mohamed Salah yang berbuah menjadi satu-satunya gol kemenangan. Pemain asal Brasil itu sejauh ini tercatat telah membuat tiga assist di Liga Inggris. (AFP/Paul Ellis)

Ia juga menyinggung bahwa pandemi COVID-19 berdampak sangat besar pada kaum muda dengan membatasi pendidikan jasmani dan olahraga sekolah. Untuk itu, sangat penting baginya untuk berinvestasi dalam mempromosikan aktivitas fisik dan memanfaatkan teknologi digital untuk menyediakan cara baru dan menyenangkan untuk tetap aktif.

Game GenMove dibuat berdasarkan olahraga populer seperti sepak bola dan melibatkan tindakan seperti melompat, meraih, dan menendang untuk membangun kepercayaan diri dan kesenangan anak-anak dalam bergerak.

Permainan dapat dimainkan di dalam atau di luar ruangan dan hanya membutuhkan ponsel atau tablet dan ruang kecil untuk membuat anak aktif.

Dalam keterangan yang sama, WHO Goodwill Ambassador for Health Promotion sekaligus penjaga gawang nasional Brasil Alisson Becker mengatakan bahwa dirinya menyukai aplikasi ini.

 “Saya suka GenMove. Teknologi membuka dunia untuk semua orang, tetapi terkadang hal itu dapat membuat Anda terlalu lama duduk. Jadi, platform GenMove membantu Anda dalam hal itu. Pada saat yang sama, Anda dapat bersenang-senang dengan anak-anak Anda, atau diri mereka sendiri, dan melakukan sesuatu yang sehat.”


Pentingnya Aktivitas Fisik

Foto: Keseruan Penonton dari Penjuru Dunia saat Menyaksikan Pembukaan Piala Dunia 2022 di FIFA Fan Festival
Pendukung dari berbagai penjuru dunia memadati Fan Zone saat menyaksikan pembukaan Piala Dunia 2022 pada Minggu (20/11/2022). (AP/Francisco Seco)

Sementara itu, Kepala Unit Aktivitas Fisik di WHO Dr Fiona Bull mengatakan bahwa biaya untuk sistem perawatan kesehatan masyarakat akibat fisik yang tidak aktif sangat tinggi.

”Oleh karena itu, membuat anak-anak menikmati aktivitas dan membangun kebiasaan setiap hari sangat penting untuk mencegah penyakit tidak menular di masa depan, seperti penyakit jantung, kelebihan berat badan dan obesitas, hipertensi, diabetes, dan banyak kanker.”

GenMove bekerja sama dengan kampanye FIFA bertema sepak bola pelengkap – “Bring the Moves” – yang mendorong kaum muda untuk membagikan gerakan perayaan gol mereka secara online dan menghasilkan pengikut muda yang aktif sepanjang Piala Dunia.

Keluarga dapat mengunduh aplikasi GenMove Season 1 secara gratis di ponsel pintar dengan mengunjungi laman berikut https://www.getgenmove.com. Aplikasi saat ini tersedia dalam bahasa Inggris, dan juga akan tersedia dalam bahasa Arab, Cina, Prancis, Rusia, Spanyol mulai 19 November 2022.

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya