Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini Sebelum Memanfaatkan Daun Jambu Biji untuk Rambut

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat menggunakan daun jambu biji untuk rambut ini?

oleh Iwan Tantomi pada 17 Feb 2023, 23:18 WIB
Diperbarui 18 Feb 2023, 00:20 WIB
Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan
Credit: Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Di samping sebagai obat alami untuk meredakan diare, daun jambu biji ternyata diketahui banyak manfaatnya untuk mengatasi rambut bermasalah. Mulai bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kerusakan helai rambut, ketombe, rambut lepek, rambut rontok hingga mempercepat pertumbuhan rambut.

Namun begitu, sebelum mulai memanfaatkannya, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tujuannya agar aman digunakan, serta manfaat yang didapatkan lebih maksimal. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat menggunakan daun jambu biji untuk rambut ini?


Pastikan Pakai Air Rebusan Daun Jambu Biji yang Sudah Dingin

Pemanfaatan daun jambu biji untuk rambut ini biasanya dengan cara direbus. Namun, pastikan jangan menggunakan air rebusan daun jambu biji yang masih panas. Sebaliknya, gunakan air rebusan daun jambu biji yang sudah dingin atau sesuai suhu ruang.

Baiknya, menjadikan air rebusan daun jambu biji sebagai bilasan terakhir setelah keramas atau mencuci rambut dengan sampo. Hanya saja, jangan membilasnya dengan air panas selepas mengaplikasikannya. Sebab, hal tersebut dapat membuat rambut dan kulit kepala justru menjadi kering.


Lakukan Tes Alergi Dulu Sebelum Menggunakannya Pada Rambut

daun jambu biji
Credit: Shutterstock.com

Beberapa orang punya reaksi alergi pada bahan-bahan alami tertentu, tak terkecuali pada air rebusan daun jambu biji. Oleh karena itu, sebelum benar-benar menggunakan air rebusan daun jambu biji ini pada rambut, ada baiknya melakukan tes alergi secara mandiri menggunakan metode tes tempel atau patch test.

Caranya dengan mengoleskan air rebusan daun jambu biji yang sudah dingin tadi ke area belakang telinga atau siku bagian dalam. Tunggulah selama 48 jam. Jika mengalami ruam dan gatal, maka jangan gunakan air rebusan daun jambu biji tersebut. Sementara jika tak menunjukkan gejala apapun, maka air rebusan daun jambu biji tadi aman digunakan pada rambut.


Belum Tentu Efektif Pada Masalah Rambut yang Cukup Parah

Memang, daun jambu biji bermanfaat untuk rambut, sehingga saat diaplikasikan dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala secara keseluruhan. Akan tetapi, perlu diketahui, pada masalah rambut dan kulit kepala yang lebih parah, bisa jadi manfaatnya kurang begitu efektif.

Jika sudah begitu, jangan dilanjutkan mengaplikasikannya. Sebaiknya, datang dan periksakan langsung ke dokter, karena masalah rambut yang sudah parah memerlukan perlakukan khusus. Supaya rambut kembali sehat, dokter pun akan memberikan saran hingga meresepkan obat yang tepat.


Cara Menggunakan Daun Jambu Biji Untuk Rambut

Daun Jambu Biji
Credit: Pixabay

Setelah memahami hal-hal tersebut dan yakin tak ada permasalahan yang perlu dikhawatirkan saat mengaplikasikan daun jambu biji ini, maka bisa dilanjutkan untuk mulai mengaplikasikannya pada rambut.

Adapun cara menggunakan daun jambu biji ini bisa dimulai dengan merebus satu liter air hingga matang. Kemudian, masukkan segenggam daun jambu biji ke dalam air. Tunggu sekitar 20 menit. Saring air rebusan daun jambu biji tadi dan tunggu sampai dingin.

Selanjutnya gunakan air rebusan daun jambu biji tadi untuk rambut. Sebelum itu, pastikan untuk keramas dengan sampo, lalu bilas sampai bersih. Tak perlu menggunakan kondisioner. Biarkan rambut setengah kering. Jika rambut panjang, bagi menjadi beberapa bagian.

Oleskan pelan-pelan air rebusan daun jambu biji ke kulit kepala dan batang rambut secara merata. Pijat pelan-pelan selama 10 menit. Biarkan sekitar 2 jam, biar meresap maksimal. Bisa pula diaplikasikan saat malam hari dan ditunggu sambil tidur semalaman. Lalu, basuh rambut dengan air biasa. Aplikasikan selama dua kali seminggu.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya