Tenang, Rahasia Riwayat Pelayanan Kesehatan Pasien BPJS di Aplikasi i-Care JKN Aman

Rahasia riwayat pelayanan kesehatan pasien BPJS Kesehatan yang ada di dalam aplikasi i-Care JKN terjamin aman.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 09 Jul 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2023, 14:00 WIB
Konsultasi Kesehatan Online dengan Dokter Spesialis Kini Bisa Lewat Video Call, Begini Caranya
Ilustrasi rahasia riwayat pelayanan kesehatan pasien BPJS Kesehatan yang ada di dalam aplikasi i-Care JKN terjamin aman. (pexels/edwardjenner).

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi i-Care JKN yang baru-baru ini dirilis BPJS Kesehatan dapat membuat dokter melihat riwayat pelayanan kesehatan pasien BPJS. Meski begitu, peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tak perlu cemas karena keamanan dan rahasia data terjamin.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menegaskan, pihaknya sangat memerhatikan keamanan dan kerahasiaan data pribadi peserta JKN, khususnya yang ada di dalam aplikasi i-Care JKN.

"Dokter atau petugas medis tidak diperkenankan mengakses riwayat pelayanan peserta JKN tanpa persetujuan," tegas Ghufron di Kantor BPJS Kesehatan Pusat, Jakarta melalui pernyataan resmi yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Minggu (9/7/2023).

"Jadi, sebelum menampilkan riwayat pelayanan, peserta JKN akan diberikan persetujuan tindakan medis sebagai persetujuan bahwa mereka mengizinkan akses tersebut oleh petugas medis."

Beri Pelayanan Terbaik

BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus membangun ekosistem digital yang berkelanjutan dan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Program JKN.

"Melalui i-Care JKN dan inovasi lainnya, kami berharap dapat meningkatkan mutu layanan kesehatan secara menyeluruh kepada peserta JKN," imbuh Ghufron.

"Hal ini diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah proses pelayanan medis yang diberikan, serta mendukung terwujudnya pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Segala Informasi Akan Terus Dipantau

Pada kesempatan yang sama, Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan Edwin Aristiawan menambahkan bahwa segala akses informasi yang terdapat pada aplikasi i-Care JKN ini akan terus dipantau.

"Untuk menjaga kerahasiaan data, mereka yang dapat mengakses adalah yang memiliki user name dan password, yaitu pemilik data yang merupakan pasien JKN," tambahnya.

"Apabila terdapat percobaan akses yang tidak sah, maka sistem akan langsung melakukan enkripsi."

Enkripsi adalah metode pengubahan bentuk data menjadi sejumlah kode yang sulit diterjemahkan, sehingga data tidak dapat dibaca oleh sembarang pihak.


Beri Layanan yang Lebih Cepat

Pelayanan Faskes Tingkat 1 BPJS Kesehatan
Dengan adanya akses terhadap riwayat pelayanan sebelumnya, dokter dapat memberikan layanan yang lebih cepat dan tepat kepada peserta JKN. (merdeka.com/Arie Basuki)

Seperti diketahui, BPJS Kesehatan merilis i-Care JKN, sebuah aplikasi inovatif yang memberikan kemudahan akses kepada fasilitas kesehatan untuk melihat riwayat pelayanan kesehatan peserta JKN selama satu tahun terakhir.

Ali Ghufron Mukti melanjutkan, dalam upaya mendukung transformasi mutu layanan kesehatan, inovasi ini bertujuan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta JKN.

Tujuan utama dari pengembangan i-Care JKN ini adalah untuk memberikan kemudahan bagi dokter atau fasilitas kesehatan dalam mengetahui riwayat pelayanan kesehatan peserta JKN.

Dengan adanya akses terhadap riwayat pelayanan sebelumnya, dokter dapat memberikan layanan yang lebih cepat dan tepat kepada peserta JKN.

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru
Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya