Sunwoo The Boyz Sakit Neuralgia dan Neuritis di Tengah Comeback, Kondisi Apa Itu?

Agensi mengumumkan bahwa salah satu anggota THE BOYZ yakni Sunwoo mengalami masalah kesehatan neuralgia dan neuritis di area leher.

dr Ainni Putri Sakih
Direview oleh: dr Ainni Putri Sakih

dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

oleh Benedikta DesideriaMarisa Atalia Insara diperbarui 13 Jan 2024, 20:40 WIB
Diterbitkan 26 Nov 2023, 19:00 WIB
Sunwoo THE BOYZ Didiagnosa Neuralgia Neuritis (Tangkapan Layar/Soompi)
Sunwoo THE BOYZ Didiagnosa Neuralgia Neuritis (Tangkapan Layar/Soompi)

Liputan6.com, Jakarta - Grup K-Pop THE BOYZ membagikan kabar terbaru tentang kesehatan salah satu member yakni Sunwoo. Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan ternyata pria 23 tahun tersebut mengalami masalah kesehatan neuralgia dan neuritis di area leher. Hal ini memengaruhi keaktifan Sunwoo dalam mempromosikan album terbaru mereka.

Awalnya, Sunwoo kerap mengeluh sakit leher dan bahu. Lantaran keluhan tersebut terus terjadi agensi tempat THE BOYZ bernaung, IST Entertainment pun menyarangkan untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit. 

Setelah menjalani beberapa pemeriksaan, dokter menyebut bahwa Sunwoo alami neuralgia dan neuritis area leher. 

"Sunwoo didiagnosis menderita neuralgia dan neuritis pada area leher dan bahu, dan ia menerima perawatan," kata pernyataan resmi agensi THE BOYZ, IST Entertainment.

Kondisi tersebut membuat Sunwoo tak bisa melakukan gerakan fisik seperti biasa. Dokter menyarankan Sunwoo membatasi gerakan fisik untuk sementara.

"Berdasarkan pendapat dokter bahwa ia perlu meminimalkan gerakan berlebihan untuk saat ini, kami membahas partisipasi Sunwoo di masa depan dalam penampilannya untuk comeback kali ini," lanjut agensi mengutip Soompi pada Minggu, (26/11/2023).

"Karena Sunwoo menyatakan tekad yang kuat untuk mengambil bagian dalam promosi album, kami memilih untuk menghormati pendapat artis, dan diputuskan bahwa ia akan melanjutkan kegiatan sejauh yang dia bisa tanpa terlalu memaksakan diri."

Sunwoo Tetap Ikut Fan Sign 

Semangat Sunwoo yang begitu besar untuk ikut terlibat dalam promosi album terbaru THE BOYZ maka agensi membolehkannya ikut serta dalam acara fan-sign.

"Ia akan bergabung dengan kegiatan terjadwal THE BOYZ yang akan datang dan tetap mengambil bagian dalam acara fan-sign yang telah dijadwalkan," kata agensi.

IST Entertainment juga mengungkapkan bakal terus memastikan Sunwoo melakukan perawatan berkelanjutan agar kondisinya makin baik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


THE BOYZ Baru Melakukan Comeback

The Boyz. (IST Entertainment via Soompi)
The Boyz. (IST Entertainment via Soompi)

THE BOYZ baru saja melakukan comeback pada tanggal 20 November 2023. THE BOYZ merilis album Sixth Sense yang merupakan bagian kedua dari album PHANTASY dengan track berjudul "Watch It". 

Baru satu hari rilis, music video "Watch It" telah ditonton sebanyak lebih dari 15 juta kali di YouTube, dan menjadi 10 video teratas yang kini trending di YouTube.

Hal ini merupakan rekor baru dari THE BOYZ, pasalnya "Watch It" adalah video musik pertama mereka yang berhasil mencapai 15 juta tayangan hanya dalam waktu satu hari.

Dengan adanya comeback ini, Sunwoo berkeinginan kuat untuk mengikuti proses promosi hingga selesai, namun tetap dengan saran dari dokter. 

 


Apa Itu Neuralgia dan Neuritis?

Neuralgia adalah nyeri di jalur saraf. Umumnya, neuralgia bukanlah penyakit tersendiri, tetapi gejala cedera atau gangguan tertentu.

Dalam banyak kasus, penyebab rasa sakitnya tidak diketahui seperti dikutip dari Better Health pada Minggu, (26/11/2023).

Neuralgia ringan bisa terjadi di beberapa titik, tetapi serangan ini biasanya bersifat sementara dan cenderung mereda dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, ada beberapa jenis neuralgia lebih tahan lama, melemahkan dan sangat menyiksa sehingga kualitas hidup seseorang sangat berkurang.

Sementara itu neuritis adalah istilah yang umum digunakan untuk kondisi saraf perifer yang meradang seperti mengutip laman Rumah Sakit EMC.

Neuritis dapat menyebabkan nyeri dan kaku serta menyebabkan kelemahan dan peletihan otot. Bahkan, penyakit neuritis yang parah dapat memicu kelumpuhan. Saraf-saraf yang bisa meradang adalah saraf yang membawa sinyal dari sumsum tulang ke tangan, lengan, bahu, mata dan telinga.

Gejala utama bagi penderita neuritis biasanya tergantung pada lokasi saraf. Namun, sebagian besar penderita akan merasakan sensasi terbakar dan sensasi abnormal di area saraf yang meradang. Selain itu, ada juga gejala lainnya, yaitu rasa nyeri seperti sedang ditusuk-tusuk dan otot yang melemah.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya