4 Tipe Kepribadian MBTI yang Paling Berkomitmen dalam Hubungan Jangka Panjang

Komitmen merupakan hal yang penting dalam membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dalam jangka panjang. Ada beberapa tipe kepribadian MBTI yang dikenal dengan komitmennya yang kuat ketika menjalin suatu hubungan.

oleh Rahil Iliya Gustian diperbarui 09 Mei 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 09 Mei 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi menepati janji
Ilustrasi komitmen dalam hubungan. (Photo by alise storsul on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Komitmen merupakan hal yang penting dalam membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dalam jangka panjang. Ada beberapa tipe kepribadian MBTI yang dikenal dengan komitmennya yang kuat ketika menjalin suatu hubungan.

Pada tipe kepribadian MBTI, aspek judging atau perceiving bisa memberi tahu banyak hal tentang pendekatan seseorang terhadap komitmen.

Orang dengan tipe judging memiliki karakter yang tegas dan lebih terstruktur dalam membuat keputusan. Sedangkan orang tipe perceiving memiliki karakter yang lebih terbuka, mudah beradaptasi dengan sesuatu, dan fleksibel dalam mengambil keputusan.

Dilansir dari Elite Daily pada Kamis, 9 Mei 2024, aspek itulah yang mendasari mengapa sebagian besar kepribadian yang memiliki rasa yang besar akan komitmen dalam hubungan adalah MBTI yang memiliki aspek judging.

Berikut ini ada empat tipe MBTI yang punya komitmen kuat dalam menjalani hubungan dan berpotensi besar mempertahankan hubungan jangka pajang.

1. ISFJ

ISFJ dikenalsebagai sang pembela, orang dengan tipe kepribadian ini menyukai hubungan yang serius, dan begitu mereka menemukan seseorang yang mereka rasa sangat cocok, ISFJ pasti akan sangat berkomitmen untuk membangun hubungan jangka panjang.

Sifat mereka yang rendah hati dan penuh kasih sayang membuat orang dengan tipe MBTI ISFJ memiliki rasa protektif yang besar ketika menyangkut orang yang mereka cintai. ISFJ begitu menghargai keseriusan, yang tentu saja berlaku untuk bagaimana mereka menjalani suatu hubungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. ESTJ

Dijuluki si eksekutif, ESTJ adalah orang yang tegas, jadi tidak heran jika tipe kepribadian ini begitu berkomitmen dalam hubungan. Seorang ESTJ akan menyampaikan niat mereka dengan jelas sejak awal, jadi tidak ada permainan tebak-tebakan atau sinyal beragam yang membingungkan.

Mereka tahu apa yang mereka inginkan, dan mereka tahu persis bagaimana mengejarnya dari sudut pandang praktis, di sinilah preferensi judging yang berpikir dan menilai memengaruhi kepribadiannya.

Meskipun ESTJ mungkin bukan tipe yang paling romantis, tetapi mereka memiliki caranya sendiri untuk membuat pasangannya nyaman.

Pada akhirnya, tipe yang jujur dan lugas ini akan mencari pasangan yang juga memiliki komitmen sama dan setidaknya ada beberapa tujuan jangka panjang yang sama dengan mereka. Begitu ESTJ menemukan orang tersebut, mereka tidak akan membuang waktu dalam ketidakpastian.


3. ISTJ

Tidak dapat disangkal bahwa kepribadian yang dikenal punya pemikian logis ini adalah pekerja keras. Bukan hanya dalam hal karier, tetapi juga hubungan yang mereka jalani. ISTJ mencurahkan komitmen dan usaha yang besar ke dalam hubungan mereka dengan harapan hubungan tersebut dapat bertahan lama.

Selain itu, ISTJ bisa jadi sedikit kuno dalam hal kencan, ISTJ hanya mengejar sebuah hubungan jika mereka benar-benar berpikir bahwa hubungan tersebut memiliki peluang yang kuat untuk bertahan.

Mereka lebih cenderung melihat ke masa depan dan memilih pasangan dengan hati-hati. Ketika telah menemukan pasnagan yang cocok, ISTJ akan mencurahkan semua cinta mereka ke dalam hubungan itu.

Intinya adalah, berpacaran dengan seorang ISTJ berarti harus bisa selalu percaya pada kata-kata mereka. Dan tingkat kepercayaan dan jaminan itu sangat berharga dalam hal hubungan yang berkomitmen.


4. ESFJ

Komitmen salah satu kelebihan orang dengan tipe kepribadian ESFJ yang sensitif dan peduli. Mereka juga mengharapkan tingkat komitmen yang sama sebagai balasannya. Salah satu kekuatan hubungan utama ESFJ berasal dari rasa tanggung jawab mereka yang kuat.

Begitu mereka berkomitmen untuk melakukan sesuatu, hampir tidak ada yang bisa menghentikan mereka. Dijuluki sebagai konselor, ESFJ juga dikenal sangat setia pada orang yang mereka cintai, sebagian besar karena aspek stabilitas sangat penting bagi mereka.

Tidak mengherankan jika ESFJ dapat dengan mudah menjalin hubungan yang serius, mereka tahu bagaimana membangun kepercayaan, dan membuktikan komitmennya terhadap kemitraan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya