Penggemar yang Coba Cium Jin BTS Dilaporkan ke Polisi dengan Tuduhan Pelecehan

Penggemar yang mencoba mencium Jin BTS saat acara “BTS FESTA” telah dilaporkan ke polisi, ini penjelasannya.

oleh Rahil Iliya Gustian diperbarui 15 Jun 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2024, 17:00 WIB
Jin BTS
Jin BTS di perayaan Festa 2024. Di salah satu sesi, personel tertua grup itu memberikan pelukan gratis pada 1.000 ARMY. (dok. Instagram @jin/https://www.instagram.com/p/C8KMK0lhJ-O/)

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar yang mencoba mencium Jin BTS saat acara “BTS FESTA” telah dilaporkan ke polisi. Acara jumpa penggemar “BTS FESTA” diselenggarakan pada tanggal 13 Juni, di mana Jin menyapa penggemar dan menawarkan pelukan (atau jabat tangan) kepada 1000 penggemar setelah menyelesaikan tugas wajib militernya.

Meskipun sebagian besar penggemar berinteraksi dengan Jin BTS dengan sopan, tapi beberapa mencoba menciumnya. Foto dan video yang mengabadikan momen tersebut menunjukkan Jin tampak bingung dan dengan cepat memalingkan wajahnya.

Dilansir dari laman Soompi pada Sabtu, 15 Juni 2024, Kantor Polisi Songpa-gu, Seoul mengonfirmasi bahwa mereka telah menerima pengaduan melalui Sistem Petisi Nasional pada tanggal 14 Juni, mengenai potensi pelanggaran Undang-Undang Hukuman Kekerasan Seksual.

"Kami menerima pengaduan melalui Sistem Petisi Nasional, namun kami belum menerima pengaduan resmi. Kami belum menetapkan tersangkanya," kata seorang pejabat polisi.

Mereka menambahkan bahwa pihak kepolisian akan meninjau apakah akan melanjutkan penyelidikan formal berdasarkan rincian pengaduan.

Pada 14 Juni, seorang penggemar BTS (disebut A) mengungkapkan di komunitas penggemar online bahwa telah melaporkan orang-orang yang mencoba mencium Jin selama acara pelukan baru-baru ini ke Kantor Polisi Songpa Seoul.

"Jin mengadakan acara di mana dia memeluk 1.000 penggemar untuk memperingati keluarnya dia dari militer, tapi saya tidak bisa menahan amarah ketika saya mendengar bahwa beberapa penggemar mencoba melakukan pelecehan seksual, sehingga menimbulkan kontroversi," tulis A.

A melaporkan pelanggaran Pasal 11 UU Kekerasan Seksual, 'pelecehan di tempat ramai', melalui Sistem Petisi Nasional.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Reaksi Netizen Korea Saat Fans Mencium Jin BTS di Acara Pelukan

Ketika video dan foto kejadian dimana penggemar mencuri kesempatan berusaha mencium Jin tersebut menjadi viral, netizen Korea bereaksi dengan rasa terkejut.

Mengutip laman Koreaboo, berikut ini reaksi netizen Korea terhadap penggemar yang mencium Jin BTS.

  • “Serius, ada apa dengan dia?”
  • "Ada apa dengan dia?"
  • “Wah, semoga biasku tidak mengalami kejadian serupa.”
  • “Dia bukan satu-satunya yang mencoba ini? Gila."
  • “Saya tahu hal seperti ini akan terjadi… Label dan penggemar yang mengatakan ini tidak akan terjadi adalah mereka yang aneh.”
  • “Sial, benci ini.”
  • “Saya bahkan tidak ingin menyebutnya sebagai penggemar. Dia melewati batas.”
  • “Inilah mengapa saya menentang acara pelukan.”
  • “Bukankah ini pelecehan seksual?”

Acara Pelukan dengan 1.000 Penggemar di

Pada tanggal 13 Juni, Jin menghadiri acara offline "BTS FESTA" yang diadakan di Jamsil Indoor Gymnasium di Songpa-gu, Seoul dan bertemu langsung dengan ARMY (sebutan penggemar BTS).

Jin, yang ingin bertemu ARMY selama berada di militer, mendapatkan ide untuk acara tersebut dan mengadakan acara di mana dia secara pribadi memeluk 1.000 penggemar.

Jin, yang tampil dengan panel 'Hug Me' di lehernya, mengenakan pakaian sipil untuk pertama kalinya setelah sekian lama dan memberikan pelukan tulus kepada setiap ARMY yang datang.

Tanpa disangka, ada beberapa fans wanita yang tiba-tiba mencium Jin saat acara pelukan sedang berlangsung. Ada staf dan penjaga di samping Jin, tetapi mereka tidak dapat mencegah perilaku tidak sopan tersebut yang terjadi begitu cepat.

Jin juga dengan cepat memalingkan wajahnya dan terlihat bingung, tapi segera mendapatkan kembali ketenangannya dan memeluk ARMY berikutnya satu demi satu.

Perilaku tidak sopan penggemar tersebut memicu kemarahan ARMY global yang menyaksikan acara tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya