Kolaborasi Dokter RS Adam Malik dan Arab Saudi Sukses Mengoperasi 25 Anak dengan Penyakit Jantung

Program sesi kedua kerja sama RS Adam Malik dengan Arab Saudi ada 25 anak dengan penyakit jantung jalani operasi.

oleh Tim Health diperbarui 03 Jul 2024, 08:28 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2024, 08:10 WIB
Macam-macam
Ilustrasi dari operasi jantung pasien anak . (unsplash.com/@gpiron)

Liputan6.com, Medan Dua puluh lima anak dari Sumatera Utara sukses menjalani operasi jantung. Tindakan operasi dilakukan oleh dokter dari Rumah Sakit (RS) Haji Adam Malik bersama King Salman (KS) Relief, Arab Saudi.

"Tim dokter Rumah Sakit Adam Malik mendapatkan banyak pengalaman baru dari kerja sama ini," ujar Direktur Utama RS Haji Adam Malik dr Zainal Safri di Medan, Selasa, 2 Juli 2024.

Kerja sama ini merupakan program sesi kedua dalam operasi bedah jantung yang berlangsung di Pusat Jantung Terpadu RS Adam Malik dari 25 Juni sampai 30 Juni 2024.

Dengan adanya transfer ilmu dari dokter-dokter andal dari Arab Saudi, maka dokter yang ada di RS Adam Malik bisa belajar banyak. Sehingga nantinya dokter di sana bisa mandiri melakukan penanganan operasi penyakit jantung pada anak terutama kasus sulit.

Menurut Zainal, program ini bakal membantu warga Sumatera Utara. Lantaran sebelumnya sebagian besar kasus bedah jantung, khusus pada pasien anak dari Medan dikirim ke Jakarta, terutama kasus-kasus yang sulit.

"Dengan adanya program transfer knowledge dari Arab Saudi ini, ke depannya RS Adam Malik bisa menanganinya sendiri," tutur Zainal optimistis mengutip Antara.

6 Pasien Jantung Anak Bakal Dioperasi

Selanjutnya, Zainal menyatakan enam dari 31 pasien anak sudah dijadwalkan akan dilakukan operasi jantung secara mandiri, karena telah memiliki dokter bedah jantung anak.

"Harapannya, kami akan semakin mandiri dalam penanganan kasus bedah jantung pediatri. Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih kepada Raja Salman yang telah mengirim tim KSRelief dari Arab Saudi langsung ke Medan,” ucap Zainal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tenaga Medis yang Dikirim dari Arab Saudi

KSRelief mengirim sebanyak 27 tenaga medis pada program operasi jantung tahap kedua itu. Terdiri dari dokter konsultan bedah jantung, dokter konsultan jantung anak, dokter konsultan anak intensif, dokter konsultan anestesi jantung, perfusionis, terapis, perawat ahli, dan teknisi medis.

Sebelumnya, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amoudi mengatakan pihaknya sangat ingin membantu terutama penyakit jantung pada anak.

"Kami ingin lebih intens dalam berkontribusi untuk menyelamatkan anak-anak khususnya Indonesia dan bisa membantu dokter-dokter yang ada di Indonesia," tutur Faisal.

Dia mengatakan ini merupakan strategi untuk menyelamatkan anak-anak Indonesia. Dia pun berharap semoga anak-anak di sini dijaga kesehatannya dan yang masih belum sehat diberikan kesembuhan

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya