6 Suplemen Terbaik yang Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh!

Ada baiknya kamu nggak menunda jam makan karena berpengaruh terhadap kekebalan tubuh dan penuhi kecukupan nutrisi tubuh dengan suplemen makanan.

oleh Arninda Oktaviani pada 05 Agu 2024, 18:17 WIB
Diperbarui 05 Agu 2024, 18:18 WIB
Ilustrasi suplemen
Ilustrasi suplemen makanan/Canva.com.

Liputan6.com, Jakarta Menangkal radikal bebas yang jadi penyebab tubuh mengalami berbagai penyakit. Kira-kira itulah manfaat utama dari sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, sistem kekebalan tubuh itu sangat penting untuk dijaga agar tubuh tetap fit, apalagi di tengah cuaca sering berubah-ubah seperti sekarang ini. 

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh alias imun, tentunya harus menerapkan pola makan yang sehat. Meski begitu, nggak bisa dipungkiri karena sulit banget untuk mengatur pola makan dengan tepat setiap hari. Banyak alasannya, salah satunya adalah jadwal yang padat. 

Namun yang harus kamu tahu, kalau melewatkan waktu makan alias telat makan, justru dapat memperlemah sistem imun loh. Nah sekarang kamu sudah tahu, kalau melewatkan jam makan berpengaruh terhadap kekebalan tubuh. Oleh karena itu jangan pernah menunda waktu makan ya! 

Selain itu, penting juga bagi kamu untuk mencukupi nutrisi tubuh dengan suplemen makanan yang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut daftar suplemen terbaik yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti dikutip dari laman Lifehack.org berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Probiotik

Ilustrasi suplemen
Ilustrasi suplemen probiotik untuk kesehatan saluran cerna/Canva.com.

Probiotik yaitu bakteri baik yang mendukung kesehatan bakteri yang sudah ada di usus kamu. Selain membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi, juga membantu mengatasi bakteri dan ragi berbahaya. Probiotik juga membantu tubuh kamu menyerap vitamin dan mineral penting. Selain itu, probiotik ini dapat membantu mempromosikan produksi bakteriosin (agen pembunuh bakteri) dan asam lemak rantai pendek, menurunkan pH usus, dan bersaing untuk situs pengikatan pada sel-sel lapisan usus. Semua langkah ini mencegah bakteri berbahaya menetap dalam tubuh kamu dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh! 


2. Vitamin C

Vitamin C itu penting banget! Selain jadi antioksidan, vitamin C juga mendukung banget sistem kekebalan tubuh kamu. Nah, vitamin C bisa menyimpan di sel-sel yang bisa makan bakteri jahat. Jadi, dia bantu banget buat bersihin patogen dan sampah sel dari tubuh. Selain itu, vitamin C juga bisa membuat mikroba jahat mati dan membuat sel B dan T jadi lebih kuat. Jadi, dengan tambahan vitamin C, sistem kekebalan tubuh kamu jadi seperti pasukan tentara yang siap tempur melawan serangan penyakit!


3. Cod Liver Oil

Ilustrasi suplemen
Ilustrasi suplemen cod liver oil atau minyak hati ikan kod dalam kapsul gel/Canva.com.

Cod liver oil kaya banget akan vitamin A, D, dan omega-3. Selain bagi-bagi nutrisi penting buat sel-sel dan tulang, cod liver oil juga mendukung sistem kekebalan tubuh kamu. Kandungan yang ada di Vitamin A dalam cod liver oil nggak hanya sekadar penunjang pertumbuhan tulang, tapi juga jadi pahlawan buat sistem kekebalan tubuh kamu. Selain itu, vitamin ini penting banget buat kesehatan mata dan pertumbuhan sel-sel tubuh. Selain itu, vitamin D yang ada dalam cod liver oil juga penting banget, lho! Vitamin D mendukung fungsi yang sehat dari sel-sel sistem kekebalan tubuh kamu. Bahkan, kandungan vitamin D yang tinggi di cod liver oil dulunya dipakai untuk mengobati penyakit seperti tuberkulosis. Nah,  yang terakhir kandungan lemak omega-3 EPA dan DHA, yang memiliki efek antiinflamasi yang kuat serta mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh kamu. Jadi, selain menjaga sistem kekebalan tubuh, cod liver oil juga membantu meredakan peradangan dalam tubuh kamu!


4. Bawang Putih

Bawang putih selain bisa turunkan risiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi, bawang putih juga bagus banget buat lawan kuman yang menyebabkan pilek dan flu. Salah satu senyawa penting di bawang putih yaitu ajoene, yang memberantas jamur dan bakteri dalam tubuh. Ketika bawang putih diiris atau dihancurkan, allicin dan alliinase di dalamnya bergabung jadi ajoene. Jadi, bawang putih ini nggak hanya bumbu dapur biasa, tapi juga punya manfaat luar biasa buat sistem kekebalan tubuh kamu.


5. Minyak Oregano

Ilustrasi suplemen
Ilustrasi suplemen minyak oregano (oregano oil) dalam kapsul gel/Canva.com.

​​Minyak oregano kaya banget dengan zat-zat penyembuh seperti carvacrol, thymol, dan terpinene. Selama berabad-abad, minyak ini sudah dipakai dalam pengobatan tradisional buat atasi masalah pernapasan, dan ternyata bisa jadi cara efektif buat mengurangi gejala pilek dan flu. Sebuah penelitian oleh University of West England menemukan bahwa bahan aktif oregano, yaitu carvacrol, lebih efektif sebagai antimikroba dibandingkan 18 obat farmasi lainnya. Bahkan, hanya sejumlah kecil carvacrol saja sudah cukup buat sterilin air yang terkontaminasi, bunuh parasit giardia, dan obati infeksi jamur.


6. Zinc

Zinc itu salah satu nutrisi paling penting buat sistem kekebalan tubuh yang sehat, lho. Zinc juga membantu tubuh kamu dalam metabolisme banyak vitamin penting, mineral, karbohidrat, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan setiap hari. Orang yang kekurangan zinc mungkin mengalami fungsi kekebalan tubuh yang buruk, terutama dalam hal limfosit T, produksi sitokin, dan bantuan limfosit B. Rendahnya kadar zinc juga bisa mengganggu perkembangan limfosit B dan produksi antibodi. 

Nah, itulah 6 suplemen terbaik yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu! Kamu bisa mencari daftar suplemen makanan tersebut di apotek/toko obat No.1 di Asia yang menyediakan layanan dan produk health, wellness, and beauty. Yuk, jaga kesehatan dengan melengkapi kebutuhan mikronutrien tubuh dengan rutin mengonsumsi suplemen makanan, biar kamu tetap Look Good, Do Good, Feel Great

 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya