Rahasia Sarah Tumiwa Pemenang INTM Rawat Bibir Tetap Sehat, Scrub hingga Gunakan Lipstik yang Mengandung Skincare

Juara 1 Indonesia’s Next Top Model Cycle 2 itu juga berbagi tips untuk memilih warna lipstik sesuai warna kulit.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 09 Agu 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2024, 14:00 WIB
Rahasia Model Sarah Tumiwa Rawat Bibir Tetap Sehat, Scrub hingga Gunakan Lipstik yang Mengandung Skincare
Rahasia Model Sarah Tumiwa Rawat Bibir Tetap Sehat, Scrub hingga Gunakan Lipstik yang Mengandung Skincare, Jakarta (7/8/2024). Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Liputan6.com, Jakarta - Model Sarah Tumiwa bagikan tips perawatan bibir yang rutin ia lakukan untuk menjaganya tetap sehat meski di cuaca terik.

“Kalau untuk merawat bibir tentunya tetap scrub bibir, pakai lip oil, lip balm untuk menghidrasi bibir. Dan tentunya pakai produk lipstik yang mengandung skincare untuk menjaga bibir dari panas terik dan lain-lainnya,” kata Sarah dalam peluncuran Revlon ColorStay Limitless MatteTM Liquid Lipstick di Jakarta, Rabu, 7 Agustus 2024.

Juara 1 Indonesia’s Next Top Model Cycle 2 itu juga berbagi tips untuk memilih warna lipstik sesuai warna kulit.

“Super tricky ya untuk milih warna, apalagi kan warna kulit Indonesia tuh macem-macem. Dan buat aku yang kulitnya dark (gelap) itu agak rancu untuk milih warna. Takutnya enggak me-represent warna kulitku.”

Meski begitu, ia memiliki cara praktis untuk menentukan warna lipstik. Menurutnya, sekarang ada produk lipstik yang sudah dilengkapi kategori warna kulit pemakai. Ini dapat memudahkan para perempuan dalam memilih warna yang cocok.

“Udah ada tulisan undertone di bawah (kemasan) lipstik, ada yang cool, warm, deep, sama netral. Kalau kulit aku cocoknya tuh deep, jadi gampang tuh tinggal pilih aja di kategori deep ada ini, ini, ini, dan ini,” ujar Sarah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pentingnya Merawat Kesehatan Bibir

Merawat kesehatan bibir menjadi hal penting lantaran jika ada masalah seperti bibir pecah-pecah, maka hal ini dapat membuat tak nyaman dan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Melansir Verywell Health, bibir pecah-pecah atau cheilitis bahkan dapat terasa menyakitkan serta terkadang menyebabkan pendarahan.

Meski cuaca panas dan kekeringan selalu menjadi alasan terjadinya bibir pecah-pecah, tapi sebetulnya ada faktor lain yang dapat memicu hal tersebut yakni:

  • sering menjilat bibir (dermatitis penjilat bibir);
  • anemia karena kekurangan vitamin B12 atau zat besi;
  • infeksi lokal akibat herpes dan kandidiasis mulut (infeksi jamur pada bibir);
  • reaksi kontak terhadap iritan atau alergen;
  • paparan sinar matahari (keilitis aktinik);
  • asupan obat, terutama retinoid.

Bagaimana Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah di Rumah?

Kabar baiknya, bibir pecah-pecah umumnya bisa diatasi di rumah. Mulai dari penggunaan pelembab, pengobatan alami, hingga menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Melembapkan Bibir

Menggunakan pelembap bibir atau lip balm merupakan salah satu cara menyembuhkan bibir pecah-pecah yang paling mudah dilakukan di rumah.

“Dan jika Anda bertanya-tanya apakah petroleum jelly (Vaseline) dapat mengatasi bibir pecah-pecah, jawabannya adalah ya, ini dapat membantu. Hal ini karena salep dapat menahan kelembapan lebih lama dibandingkan lilin atau minyak,” mengutip tulisan yang ditinjau ulang dermatolog dari SUNY Upstate Medical University, AS, Brendan Camp, MD dalam Verywell Health.


Pilih Pelembap Bibir yang Direkomendasikan Ahli

Brendan Camp menambahkan, para ahli merekomendasikan untuk menghindari pelembap bibir yang mengandung mentol dan kayu putih.

Sebagian orang menganggap sensasi kesemutan dari pelembap bibir mengandung mentol dan kayu putih adalah reaksi yang baik. Namun, sebenarnya hal tersebut tidak dibenarkan oleh para ahli.

Sebagai gantinya, carilah pelembap bibir dengan bahan-bahan berikut:

  • minyak biji jarak;
  • ceramide;
  • dimetikon;
  • minyak biji rami;
  • minyak mineral;
  • Mentega shea.

“Pilihlah produk yang bebas pewangi, bebas pewarna, dan hipoalergenik. Anda juga bisa menemukan lip balm yang mengandung bahan pelindung sinar matahari untuk membantu mencegah bibir pecah-pecah akibat paparan sinar matahari,” saran Camp.

Infografis 4 Tren Kecantikan 2024
Infografis 4 Tren Kecantikan 2024.  (Liputan.com/Abdillah).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya