Minati Atmanegara Tetap Bugar dan Awet Muda di Usia 65 Tahun, Apa Rahasianya?

Minati Atmanegara mengatakan agar bugar dan awet muda di usia 60-an kuncinya hanya dengan konsisten melakukan gaya hidup sehat.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 09 Agu 2024, 19:21 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2024, 19:12 WIB
Minati Atmanegara mengatakan agar bugar dan awet muda kuncinya hanya dengan konsisten melakukan gaya hidup sehat. (Dok RS Medistra)
Minati Atmanegara mengatakan agar bugar dan awet muda kuncinya hanya dengan konsisten melakukan gaya hidup sehat. (Dok RS Medistra)

Liputan6.com, Jakarta Aktris Minati Atmanegara pada tahun ini sudah menginjak 65 tahun. Namun, sosok keturunan Sunda dan Jerman ini tetap terlihat bugar, langsing dan juga awet muda.

Ternyata, Minati tak punya rahasia untuk bisa agar tetap bugar dan awet muda. Kuncinya hanya dengan konsisten menjalani gaya hidup sehat.

"Saya sendiri mencoba memotivasi untuk menjalankan gaya hidup sehat," kata Minati saat ditemui di RS Medistra Jakarta pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Gaya hidup sehat yang dimaksud Minati mulai dari tidur cukup hingga mengelola stres. Berikut hal yang ia lakukan sehari-hari agar tetap sehat dan bugar.

1. Tidur 7-8 Jam

Bagi Minati, tidur atau istirahat cukup ada kunci atau aspek paling penting. Ia mengusahakan bisa tidur 7-8 jam setiap hari.

"Tidur 7-8 jam sehingga bisa beraktivitas dengan maksimal. Bila kurang tidur kan bisa jadi blank, lemah, lesu dan cari makan yang enggak karu-karuan. Maka paling penting istirahat cukup," kata Minati.

2. Mengonsumsi Air Putih

Ia menghindari minuman mengandung gula dan memperbanyak minum air putih.

3. Mengatur Pola Makan

"Untuk makanan yang jadi concern saya adalah asupan protein dan kalsium ya untuk menjaga massa otot," katanya.

Lalu, ia juga mengonsumsi buah dan sayur. Tak ketinggalan asupan karbohidrat bisa ia dapatkan dari nasi.

"Sebenarnya saya makan apa saja. Engak pernah pantang makan. Saya makan nasi yang katanya nasi itu bikin gemuk. Menurut saya sih enggak. Tergantung jumlah yang dikonsumsi kan," kata wanita yang kerap berakting dengan peran antagonis itu.

Ia juga sadar diri bahwa ada jenis makanan yang tidak dikonsumsi seperti makanan bersantan, jeroan dan makanan berlemak.

Namun, kalau ada gorengan Minati masih mengambil untuk dimakan satu buah.

"Sebenarnya saya tidak terlalu keras terhadap diri saya, supaya saya tetap konsisten menjalankan gaya hidup sehat," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Olahraga 5-6 Kali Seminggu

Wanita yang masih aktif menjadi instruktur senam itu pun mengatakan bahwa dalam seminggu bisa berolahraga 5-6 kali.

Lalu, seiring bertambahnya usia kini ia jauh lebih mementingkan olahraga latihan beban untuk kekuatan otot dan tulang.

5. Positif Thinking

"Selalu berusaha tidak stres ya walau tidak mudah. Tapi namanya manusia enggak pernah lepas dari problema tapi saya selalu mensyukuri nikmat yang Tuhan berikan," kata Minati.

"Itu aja sih sebetulnya," kata Minati.

 


Konsisten Sejak Muda

Untuk bisa mendapatkan tubuh sehat dan bugar plus awet muda, Minati mengatakan gaya hidup sehat itu sudah dijalankan sejak dulu.

"Yang penting konsisten dan ini sudah sejak saya muda," tutur kakak dari Chintami Atmanegara itu.

Meski begitu, ia memotivasi orang dari segala usia untuk tetap menjalankan gaya hidup sehat. Tidak ada kata terlambat untuk memulainya.

"Tidak ada kata terlambat. Ayo jaga berat badan, mulai berolahraga sesuai kemampuan," kata Minati menyemangati.

Infografis jenis-jenis olahraga kekinian
Infografis jenis-jenis olahraga kekinian. (Dok: Tim Grafis Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya