Penyebab Keguguran Paling Sering, Ibu Hamil Waspada!

Mungkin masih banyak yang heran, mengapa seorang wanita bisa keguguran, bukan hanya sekali tapi bahkan berkali-kali. Mungkin ini jawabannya

oleh Fitri Syarifah diperbarui 07 Okt 2013, 15:30 WIB
Diterbitkan 07 Okt 2013, 15:30 WIB
muda-hamil-130909b.jpg
Mungkin masih banyak yang heran, mengapa seorang wanita bisa keguguran, bukan hanya sekali tapi bahkan berkali-kali. Dulu, para ahli ginekolog percaya bahwa keguguran diakibatkan oleh karena faktor genetik, anatomi dan hormonal.

Tapi sekitar tahun 2000an, seorang Profesor dari Amerika mengatakan bahwa 60 persen penyebab keguguran itu akibat pembekuan darah, setelah diteliti lebih lanjut ternyata benar bahwa penyebab keguguran itu akibat trombosis (penyumbatan darah) di plasenta.

Begitu dikatakan ahli penyakit dalam dari Departemen Hematologi dan Onkologi Medik, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Prof. Dr. dr. Karmel Lidow Tambunan Sp.PD, K-HOM.

"Keguguran itu biasanya terjadi saat kehamilan usia di bawah 12 minggu. Ketika wanita hamil, pasti akan ada plasenta sebagai tempat deposit makanan untuk bayi. Kalau di plasenta kurang nutrisi dan aliran darah kurang baik, ditambah lagi ibu kurang gerak, merokok dan stres tentu makanan yang ditransportasikan juga akan kurang. Ini akan menyebabkan kekentalan darah sehingga wanita bisa keguguran atau anak bisa lahir prematur," kata prof. Karmel, ditulis Senin (7/10/2013).

Meski demikian, Prof. Karmel menyebutkan bahwa darah wanita hamil lebih kental dari wanita normal, tapi risiko trombosis pada wanita hamil jauh lebih tinggi tinggi. Untuk itu, menurutnya lebih baik wanita hamil mengecekkan dirinya ke dokter dan minum antikoagulan," tambahnya.

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya