Anda Cemas? Coba Atasi dengan Cara Ini!

Ada beberapa langkah yang diberikan oleh Helene Schneider, M.A., M.F.T dalam Life Minders Health, Selasa (22/10/2013) untuk mengatasi cemas

oleh Gabriel Abdi Susanto diperbarui 22 Okt 2013, 19:39 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2013, 19:39 WIB
kecemasan-wanita130125b.jpg
Ada beberapa langkah yang diberikan oleh Helene Schneider, M.A., M.F.T dalam Life Minders Health, Selasa (22/10/2013) untuk mengatasi rasa cemas, yaitu:

1.    Tuliskan apa yang membuat Anda cemas, termasuk skenario kasus terjelek yang Anda bayangkan.

2.    Pikirkan bagaimana Anda akan mengatasi skenario tersebut.

3.    Ambil tindakan terhadap apa yang bisa Anda ubah atau kontrol, yang dapat mengurangi rasa kecemasan Anda.

4.    Lihat kembali pikiran-pikiran cemas yang Anda kira tak dapat Anda selesaikan. Pertimbangkan mana yang terlalu berlebihan atau menyimpang dan sangat sepele, berdasarkan pada kenyataan.

5.    Ambil satu dari beberapa pikiran cemas tersebut, dan tuliskan pikiran alternatif lainnya yang lebih realistis.

6.    Coba untuk mengendalikan diri, saat Anda berada dalam kecemasan. Hentikan dan katakan pada diri sendiri pikiran alternatif tersebut.

7.    Lakukan rileksasi dan teknik mengurangi stres. Cara sederhana yang dapat Anda lakukan adalah menempatkan pikiran Anda dalam keheningan, lalu redakan emosi dengan bernapas secara perlahan-lahan. Tarik napas sampai hitungan keenam, kemudian keluarkan udara sampai hitungan keenam pula. Lakukan hal tersebut selama 5 menit. Kemudian naikkan perlahan-lahan sampai 20 menit atau lebih.

8.    Belajarlah untuk menerima apa yang tidak bisa Anda ubah atau kontrol dalam kehidupan ini. Bacalah buku-buku yang berhubungan dengan rasa cemas, gelisah, rasa penerimaan dan kedamaian hati. Carilah buku itu di bagian buku-buku psikologi atau spiritual.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya